Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Kastil Windsor: Rumah Weekend Ratu Inggris

0
Kastil Windsor Inggris

Windsor Castle atau Kastil Windsor adalah salah satu dari banyak kastil terkenal di Inggris. Kastil Windsor merupakan kastil terbesar dan tertua di dunia yang masih dihuni, dan telah menjadi rumah bagi 39 raja/ratu Inggris. Kastil yang terletak di Windsor, Beckshire, Inggris ini adalah rumah weekend favorit ratu Inggris dan tempat menerima kunjungan negara selain Istana Buckingham. Lebih dari 500 orang tinggal dan bekerja di Kastil Windsor pada tahun 2006.

Windsor Castle dibangun pada abad ke-11 oleh William the Conqueror dan telah menjadi saksi berbagai peristiwa bersejarah di Inggris sejak saat itu. Istana ini memiliki model bangunan abad pertengahan dengan gaya arsitektur Georgian dan Victorian, dan beberapa sentuhan neo gothic. Sejak pertama dibangun, Windsor Castle telah banyak mengalami perubahan dan renovasi, tergantung preferensi dan selera raja yang sedang berkuasa saat itu.

Windsor Castle terdiri dari beberapa bagian kastil dan taman, yang keseluruhan mempunyai luas hingga 5 hektar. Bangunan Windsor Catle terdiri dari tiga bagian, yaitu middle ward, upper ward, dan lower ward.

Middle Ward
Middle Ward berada di tengah kastil. Bangunan ini dibangun menyerupai tembok yang mengelilingi bukit kapur buatan setinggi 15 m. Di bagian puncak bukit buatan berdiri Round Tower, menara pusat dari Windsor Castle yang dibangun pada abad ke-12 dan dipertinggi pada abad ke-19. Bagian interior RoundTower diperluas pada tahun 1991 – 1993 untuk menyediakan ruang bagi arsip kerajaan.

Upper Ward
Upper Ward terdiri dari sejumlah bangunan utama kastil yang dikelilingi oleh bangunan yang berupa tembok keliling berbentuk segi empat. Upper Ward berbatasan dengan teras bagian utara yang menghadap ke sungai Thames dan teras bagian selatan yang menghadap ke arah kebun kastil. Kedua teras ini dibangun oleh Hugh May pada abad ke-17.

Salah satu ruangan yang mendominasi Upper Wardadalah State Appartment yang menempati sisi tembok sebelah utara. Oleh perancangnya Jeffry Wyattville, setiap ruangan di State Appartment dirancang untuk memiliki gaya arsitektur yang berbeda-beda, dengan furniture dan dekorasi yang menyesuaikan tema tiap ruang.

kastil windsor
Grand Reception Room
Beberapa ruangan mengusung gaya klasik, Gothic, dan Rococo style dengan beberapa kombinasi elemen Jacobean di dalamnya. Beberapa ruangan yang menjadi bagian dari State Appartment adalah Grand Reception Room; White, Green, dan Crimson Drawing Room; Queen's Presence Chamber; Queen's Audience Chamber; King's Dining Room; State Dining Room; Lantern Lobby; Private Chappel; dan Great Kitchen.

Lower Ward
Lower Ward terletak di bagian bawah dan berada di sebelah barat Round Tower. Area ini aslinya dibangun dengan gaya abad pertengahan, namun sebagian besar bangunanya kemudian direnovasi dan dibangun ulang dengan gaya gothic oleh arsitek Anthony Salvin dan Edward Blore. Salah satu bangunan yang berada di Lower Ward adalah St George’s Chapel. Chapel ini dibangun pada akhir abad ke-15 dengan gaya arsitektur perpendicular gothic (seperti gaya arsitektur Wetsminster Palace). Di sebelah timur St George’s Chapel, berdiri Lady Chapel, Chapel yang dibangun untuk mengenang mendiang suami Ratu Victoria, Prince Albert.

Di ujung barat Lower Ward terdapat Horseshoe Cloister, bangunan yang dibangun pada tahun 1480 sebagai rumah bagi pendeta chapel. Di belakang Horseshoe Cloister terdapata Curfew Tower, salah satu bangunan tertua kastil yang dibangun pada abad ke-13.

Windsor Castle dikelilingi oleh beberapa area taman yang ditambahkan kemudian. Salah satu area taman yang dibuat pada abad ke-19 adalah Home Park, yang meliputi taman, dua lahan pertanian, dan sejumlah cottage. Berbatasan dengan Home Park di tepi utara terdapat area taman lain, Windsor Great Park, seluas 1900 hektar. Selain taman, Kastil Windsor juga memiliki jalan yang disebut sebagai The Long Walk. The Long Walk yang berada di bagian selatan kastil merupakan jalan sepanjang 5 km dengan deretan pohon dikedua sisinya.

kastil windsor
The Long Walk
Seperti halnya Istana Buckingham, Kastil Windsor juga menjadi istana kerajaan yang menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Inggris. Selama tahun 2007 saja, sebanyak 993.000 orang mengunjungi kastil ini. Pengunjung bisa melihat State Appartments, Drawing Gallery, Queen Marry Doll’s House, St George’s Chapel, dan upacara pergantian penjaga istana. Pengunjung juga bisa masuk ke Semi-State rooms yang hanya buka saat musim dingin atau ikut Great Kitchen Tour dengan membeli tiket kombinasi.

kastil windsor
Pengunjung menonton upacara pergantian penjaga Kastil Windsor
Di Kastil Windsor juga ada 3 toko suvenir dimana kita bisa membeli beraneka ragam oleh-oleh khas, mulai dari perlengkapan rumah tangga, keramik, pakaian, perhiasan, mainan, buku, hingga kartu pos. Untuk makanan dan minuman, Windsor Castle hanya menyediakan air mineral yang bisa kita beli di toko saat masuk. Kita bisa membawa bekal makan sendiri atau pergi ke kota untuk makan kemudian kembali lagi ke kastil, dengan meminta kartu re-entry permit di toko atau tempat pengembalian audio tur.

Selain dengan audio tour, pengunjung juga bisa mengikuti panduan gratis (Precinct Tour) dari Warden yang berangkat setiap interval setengah jam dari Courtyard kastil. Tur ini berlangsung selama 30 menit dan selanjutnya kita bisa melanjutkan jalan-jalan sendiri. Bagaimana, ingin menjadi bagian dari ribuan orang yang mengunjungi Windsor Castle setiap tahunnya?

P.S Sebelum kamu kecewa karena baru tau di sana, lebih baik tahu dari sekarang meski pahit :p : Tidak diijinkan mengambil gambar (memotret atau merekam) di dalam State Appartments, Semi-State Rooms, dan St George’s Chapel. Pengambilan gambar hanya boleh dilakukan di luar halaman kastil.

kastil windsor


kastil windsor peta


Alamat Kastil Windsor: Windsor, Bekshire, England

Jam Buka: Setiap hari sepanjang tahun
Januari – Februari : 09:45-16:15 (terakhir masuk pkl 15:00)
Maret – Oktober : 09:45-17:15 (terakhir masuk pkl 16:00)
November – Desember* : 09:45-16:15 (terakhir masuk pkl 15:00)

Tutup:
- 25-26 Desember kastil tutup.
- St George’s Chapel tutup setiap minggu
- Dan terkadang ada penutupan yang bersifat random, lihat pengumuman tanggal pastinya di sini.

Harga Tiket Masuk Kastil Windsor:
Standar:
Dewasa : £17.75
Orang tua 60+ : £16.15
Mahasiswa (show ID card) : £16.15
Anak-anak (- 17 tahun) : £10.60
Anak-anak (- 5 tahun) : Gratis
Keluarga (2 dewasa, 3 anak-anak - 17 tahun): £46.500

Note :
- Harga sudah termasuk fasilitas audio tour (dalam bahasa Inggris). Ambil audio tour di pintu masuk sebelum masuk.
- Tiket bisa dibeli langsung di tiket office di Windsor Castle, atau booking online melalui Website resmi Kastil Windsor.
- Ada harga tiket terpisah, yaitu saat State Appartments tutup. Tapi karena salah satu daya tarik utama Windsor Castle adalah State Appartments, sayang kalau ke sana tanpa melihatnya. Jadi pastikan State Appartments tidak tutup saat kamu datang. Lihat pengumumannya di  website resmi di atas.

Transportasi: Bagaimana Cara ke Kastil Windor?
Kereta (Rail): Dari London Waterloo atau London Paddington Station ke Windsor.
Coach (Bus jarak jauh): dilayani oleh Green Line, berangkat dari Victoria Coach Station, London, setiap hari.

Baca juga:
Stonehenge, Inggris

0 comments:

Post a Comment