Explorer Guidebook

Roman Forum, Kumpulan Puing Bangunan Kuno Roma, Italia

0
Roman Forum
Roman Forum, atau bahasa Italianya Fora Romano, adalah sebuah alun-alun (dalam bahasa Itali forum, jamak fora) yang dikelilingi oleh beberapa reruntuhan bangunan pemerintahan kuno. Alun-alun ini terletak di tengah kota Roma, Italia, di antara Palatine Hill dan Capitoline Hill.

Sejarah Roman Forum dimulai pada masa kekaisaran Romawi Kuno pada abad ke-7. Cikal bakal Roman Forum berawal dari kisah dua rival, Romulus, yang menguasai Palatine Hill, dan Titus Tatius yang menguasai Capitoline Hill. Setelah permusuhan antar keduanya dihentikan, Romulus dan Titus memutuskan untuk membentuk aliansi atau persekutuan. Karena lembah di mana Roman Forum berada terletak di antara kedua bukit kekuasaan masing-masing (Palatine Hill dan Capitolin Hill), maka tempat tersebut diputuskan sebagai tempat bertemu dan gencatan senjata antara Romulus dan Titus.

Roman Forum, Roma
Seiring berjalannya waktu, kegiatan seperti pidato politik, sidang, dan juga urusan-urusan negara lain semakin mengambil alih ruang di Roman Forum, menjadikannya tidak hanya sebagai pasar terbuka seperti awal mulanya. Karena kebutuhan ruang pasar semakin meningkat seiring bertambahnya populasi, forum-forum lain pun bermunculan dengan spesialisasi masing-masing; ada yang menjual khusus sayuran, ada yang khusus babi, sapi, dan barang kebutuhan lain.

Sebagai alun-alun yang notabenenya jantung kota, dulunya Roman Forum juga dikelilingi oleh bangunan-bangunan penting milik pemerintah seperti gedung senat, istana, gereja, dan kuil. Salah satu kuil yang masih ada hingga saat ini adalah Temple of Saturn, yang dibangun pada tahun 497 BC pada masa republik Romawi. Kuil lain seperti Temple of Castor and Pollux, sudah tidak utuh dan tinggal berupa struktur bangunannya saja.


Baca juga:
Colosseum, Ikon Kota Roma
Trevi Fountain dan Mitos Melempar Koin
Tempat Wisata Terpopuler di Italia

0 comments:

Post a Comment