Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Kew Palace, Istana Terkecil Kerajaan Inggris

0
Kew Palace and Queen's Gardens
Kew Palace tampak belakang dan Queen's Gardens
Kew Palace merupakan istana kerajaan Inggris yang terletak di Kew Gardens, Kew, Inggris. Meskipun disebut istana, Kew Palace berukuran cukup kecil sehingga lebih mirip seperti manor house. Istana ini merupakan istana terkecil dari semua istana milik kerajaan Inggris.

Cikal bakal Kew Palace adalah Dutch House yang dibangun oleh Samuel Fortrey pada tahun 1631. Rumah ini memiliki arsitektur klasik dengan dinding batu bata merah. Seiring waktu, Dutch House sering berganti kepemilikan dan pernah dikontrak dalam jangka panjang oleh Frederick Prince of Wales (putra King George II), dan kemudian oleh King George III.

Pada masa Frederick, dia meminta Sir William Chambers (salah satu master ornamental gardening terbaik di Inggris) untuk merancang taman seluas 490 m2 di sekitar Kew Palace (sekarang Kew Gardens). Salah satu bangunan yang dibuatnya adalah sebuah pagoda yang masih ada hingga sekarang. Taman tersebut kemudian diperluas oleh istri Frederick, Augusta the Princess of Wales, setelah kematiannya.

Queen Charlote's Cottage Kew Palace Gardens
Queen Charlotte's Cottage
King George III juga pernah menyewa Dutch House dan akhirnya membelinya pada tahun 1781. George III juga membangun sebuah cottage didekat Dutch House untuk istrinya, Queen Charlotte, sebagai hadiah pernikahan. Sejak dibeli oleh King George III, Kew Gardens dan Kew Palace adalah area pribadi milik keluarga kerajaan Inggris. Sampai akhirnya, Ratu Victoria memberikan sebagian besar area Kew Gardens kepada negara saat ia naik tahta pada tahun 1837. Ratu Victoria hanya menyisakan Queen Charlotte’s Cottage untuk ia gunakan sendiri. Karena jarang dikunjungi, bangunan itu pun akhirnya ia hadiahkan kepada negara saat peringatan 60 tahun kekuasaannya (diamond jubilee year) pada tahun 1898.

Kew Palace Front
Bagian depan Kew Palace
Pada tahun 2006 Kew Palace dibuka kembali untuk pengunjung setelah tutup selama 10 tahun untuk perbaikan. Kini Kew Palace menjadi salah satu daya tarik di Kew Gardens, meskipun keduanya dikelola oleh dua institusi yang berbeda. Kew Palace di kelola oleh Historical Royal Palace, lembaga charity independen yang tidak menerima dana baik dari pemerintah maupun kerajaan yang juga mengelola  istana kerajaan lain seperti Kensington Palace, Hampton Court Palace, Tower of London, dan Banqueting House. Sedangkan Kew gardens dikelola dibawah naungan “Kew”, institusi yang juga mengelola Wakehurst Gardens di Sussex dan punya join venture hutan botani dengan Castle Howard, bernama Kew at Castle Howard.

Kew Palace gardens

Pengunjung bisa masuk ke Kew Palace dan tamannya, Queen’s Garden, dan juga Queen Charlotte’s Cottage dengan membeli tiket masuk ke Kew Gardens. Di Kew Palace pengunjung bisa melihat banyak ruangan, diantaranya adalah kamar tidur para putri yang terletak di lantai satu dan dua, kamar tidur Queen Charlotte di mana terdapat kursi yang ia pakai saat meninggal, patung sedada King George III buatan Madame Tussauds, People’s Library dan Royal Kitchen.

Kew Palace

Di belakang istana kita bisa melihat Queen’s Garden yang memiliki koleksi tanaman obat dan juga formal garden yang rapi dan indah. Kita juga bisa masuk ke Queen Charlotte’s Cottage, yang merupakan bekas rumah peristirahatan keluarga kerajaan yang bergaya pedesaan, lengkap dengan sebuah kandang binatang di belakangnya.

Setelah jalan-jalan, kita bisa istirahat sambil menikmati aneka makanan dan minuman, termasuk ‘afternoon tea’ di Orangery restaurant. Orangery dan Kew Palace adalah 2 dari 4 bangunan di KewGardens yang masuk dalam Listed Building* grade I pemerintah UK. Selain Orangery, kita juga punya pilihan tempat makan lain di Kew Gardens, seperti Victoria Gate CafĂ©, Pavilion restaurant, dan White Peak restaurant, yang kesemuanya dikelola oleh Royal Botanic Gardens Kew. Ibarat menyelam sambil minum air, ke Kew Gardens sekalian ke Kew Palace. Mau? ;)

*Listed Building adalah daftar bangunan yang dilindungi oleh pemerintah UK karena dianggap memiliki nilai sejarah dan arsitektur yang penting.

Alamat: Kew Road, Kew Gardens, Kew, Inggris
Jam Buka:
Kew Palace:
28 Maret – 29 September: Setiap hari pkl 09.30 – 17.30
Queen Charlotte’s Cottage:
Maret – September: Sabtu – Minggu pkl 10.00 – 16.00
Harga Tiket Masuk: Gratis (setelah membeli tiket masuk ke Kew Gardens)

Bagaimana Cara ke Sini?
Bus: Naik jalur 65, 237, 267 (hanya ada setiap hari Minggu selama musim panas) atau jalur 391.
Kereta Bawah Tanah (underground/tube). Naik kereta jurusan Richmond (District line), turun di Kew Gardens station. 5 menit jalan kaki.
Kereta (Train):
-         Silverlink Train Service. Stasiun terdekat: Kew Gardens station (5 menit jalan kaki)
-         South West Train. Stasiun terdekat: Kew Bridge station (10 menit jalan kaki)
Sepeda. Terdapat rak sepeda di dalam Victoria Gate dan di luar Main Gate Kew Gardens (dekat kotak telepon).

Baca Juga:
Royal Park Milik Kerajaan Inggris

0 comments:

Post a Comment