Tower of London, Kastil Kuno di tengah Kota Metropolitan

0
Kastil Tower of London Inggris

Tower of London adalah kastil kuno bersejarah yang terletak di tengah kota metropolitan London, tepatnya di sisi utara sungai Thames, dekat ujung utara Tower Bridge. Kastil ini merupakan salah satu kastil yang masih utuh dari sekian banyak kastil di Inggris, dan merupakan bangunan bersejarah di Inggris yang wajib dikunjungi kalau Anda mengunjungi negeri sepak bola ini. Selain bangunannya sendiri, Tower of London terkenal dengan koleksi perhiasan mahkotanya yang telah menarik pengunjung dari berbagai belahan dunia. Terletak tepat di pinggir sungai Thames, Tower of London terlihat mendominasi area sekitarnya dan terlihat menonjol dilihat dari sungai Thames.

Sejarah Singkat
Tower of London dibangun pada akhir tahun 1066 oleh William the Conqueror sebagai bagian dari penaklukan Inggris oleh bangsa Norman. Kastil ini kemudian diperluas selama abad ke-13 hingga tercipta bangunan kompleks Tower of London yang sekarang. Tower of London telah menjadi saksi banyak peristiwa penting dan memiliki peran penting dalam sejarah Inggris. Kastil ini beberapa kali diduduki oleh musuh karena menguasai Tower of London akan memudahkan untuk menguasai negara Inggris secara keseluruhan.

Tower of London pada awalnya berfungsi sebagai istana kerajaan, namun kemudian lebih dominan sebagai penjara, setidaknya sejak tahun 1100. Puncaknya adalah pada abad 16 dan 17, saat banyak tokoh dipenjarakan di dalam Tower of London, termasuk Elizabeth I sebelum ia menjadi ratu. Hal inilah yang kemudian melahirkan istilah populer “sent to tower” sebagai perintah untuk memasukkan sesorang ke dalam penjara. Tower of London pun pernah memiliki berbagai fungsi seperti sebagai gudang senjata, tempat menyimpan barang berharga, kandang binatang buas, kantor Royal Mint, kantor pencatatan publik, dan tempat menyimpan perhiasan mahkota milik kerajaan Inggris.

Area kastil Tower of London memiliki luas 7,3 hektar, termasuk lahan seluas 2,4 hektar yang mengelilingi kastil. Kastil ini terdiri dari menara pusat (White Tower) dan sejumlah bangunan yang berada dalam area 2 benteng kastil.

White Tower
White Tower adalah menara pusat kastil Tower of London dan merupakan bangunan tertua dari kompleks kastil ini. Dinamakan Menara Putih karena bagian luar menara ini berwarna putih akibat proses pelaburan/pengecatan dengan larutan kapur pada masa pemerintahan Raja Henry III. Menara berbentuk segi empat ini awalnya terdiri dari 3 lantai, yang setiap lantainya terbagi menjadi 3 ruangan: 1 ruangan paling luas di sisi barat, ruangan kecil di sisi timur laut, dan gereja kapel menempati sisi tenggara di lantai 1 dan 2.  Lantai paling atas kemudian ditambahkan pada abad 15, berikut lantai atap menara seperti yang terlihat sekarang. Selain kapel, di White Tower terdapat ruangan-ruangan untuk tempat tinggal raja atau perwakilannya, dan juga sebuah aula besar.

Tidak seperti bangunan biasa yang pintu masuknya berada di lantai dasar atau sejajar dengan tanah, pintu masuk menara ini (seperti halnya semua menara pusat kastil yang dibangun oleh bangsa Norman) berada di lantai 2, sehingga diperlukan tangga untuk mengaksesnya. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan sebagai bentuk pertahanan untuk mempersulit akses musuh ke dalam menara pusat kastil ini. Tangga yang digunakan pun adalah tangga kayu yang bisa dipindahkan jika terjadi serangan. White Tower juga memiliki bentuk empat menara kecil berkubah di setiap sudutnya. Tiga menara berbentuk persegi dan satu menara lainnya berbentuk melingkar karena mengikuti bentuk tangga spiral di dalamnya. Menara dengan bentuk melingkar ini pada zaman dulu lama dipakai sebagai menara pengintaian.

Selain White Tower, terdapat sejumlah menara yang menyusun kastil Tower of London, yang berada di sepanjang kedua tembok benteng. Total terdapat 13 menara di tembok benteng bagian dalam, yaitu Bell, Beauchamp, Devereux, Flint, Bowyer, Brick, Martin, Constable, Broad Arrow, Salt, Lanthorn, Wakefield, dan Bloody Tower. Sedangkan di tembok benteng luar terdapat 6 menara, termasuk St. Thomas Tower (Traitor’s Gate) dan Cradle Tower yang merupakan pintu gerbang kastil yang membuka ke sungai Thames. Sementara pintu masuk utama kastil berada di Byward Tower, di mana sekarang kita bisa menjumpai penjaga kastil Tower of London, Yeoman Warder.

Masa Sekarang
Saat ini, Tower of London menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Inggris dan juga salah satu situs warisan dunia yang dilindungi. Kastil ini dikelola oleh lembaga charity Historic Royal Palaces Inggris, yang juga mengelola istana bersejarah kerajaan Inggris lain seperti Hampton Court Palace, Kensington Palace, Kew Palace, dan Banqueting House.

Dengan membeli tiket masuk, pengunjung bisa menjelajah kompleks kastil Tower of London, termasuk tur ke White Tower, melihat display koleksi perhiasan mahkota, melihat pameran dan berperan sebagai raja atau tahanan, menyaksikan pertunjukkan peristiwa bersejarah, dan masih banyak lagi. Di Tower of London kita juga dapat melihat gudang-gudang persenjataan milik kerajaan Inggris, termasuk gudang senjata milik Raja Henry VIII, salah satu yang terbesar di dunia. Mengunjungi Tower of London bersama anak-anak juga akan sangat menyenangkan karena di kastil ini tersedia petualangan mencari jejak yang pastinya akan disukai anak-anak :)

Kita juga bisa mendapatkan panduan tur cuma-cuma dari Yeoman Warder, penjaga berseragam hitam-merah yang bertugas menjaga Tower of London sekaligus mendampingi tur kelililing kastil. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk bertanya karena mereka akan dengan senang hati menjelaskannya untuk Anda :). Bicara tentang Yeoman Warder yang jumlahnya 40 ini, ada satu Yeoman Warder yang dikenal sebagai Ravenmaster. Ravenmaster bertanggung jawab untuk menjaga seekor burung gagak (dalam bahasa Inggris: raven) yang telah tinggal di Tower of London selama berabad-abad. Cerita legenda Yeoman Warder percaya bahwa menara dan kerajaan Inggris akan runtuh jika burung gagak legenda ini pergi meninggalkan Tower of London.

Hmm... menarik ya? Jadi tertarik untuk masuk dan melihat secara dekat kastil kuno yang usianya lebih dari 900 tahun ini? Tak perlu khawatir masalah transportasi. Meskipun sebuah kastil, Tower of London tidak terletak di antah barantah atau tempat terpencil. Melainkan berada di tengah jantung kota London yang sangat mudah diakses dengan alat transportasi umum. Kebanyakan layanan bus tur di London juga menjadikan Tower of London sebagai salah satu tempat pemberhentian :). Dari Tower of London, kita bisa langsung lanjut jalan-jalan ke Tower Bridge, jembatan angkat ikon kota London yang sudah termasyhur ini. Tower of London terletak persis di samping ujung utara Tower Bridge. So, what’re you waiting?

Alamat Tower of London: Tower Bridge Road, London, England
56 London Attractions - 1 Ticket: The London Pass

Jam Buka:
Selasa – Sabtu : 09.00 – 17.30
Minggu – Senin : 10.00 – 17.30

Naik apa ke Tower of London?
Bus: Naik jalur 15, 42, 78, 100, atau RV1. Semua bus tur juga melayani jalan-jalan ke Tower of London.
Kereta Bawah Tanah (underground, aka ‘tube’). Stasiun terdekat: Tower Hill Underground Station (District line, Circle Line). 5 menit jalan kaki. Dari stasiun, ikuti tanda ke arah Tower.
Kereta biasa (train, aka ‘rail’). Stasiun terdekat:
- Fenchurch Street Station: Dari Fenchurch Street, keluar ke Mark Lane. Belok Kiri ke Byward Street, lalu lurus menuju ke Tower Hill dan kemudian ke Tower of London.
- London Bridge Station: Dari London Bridge, menyeberang jembatan melintasi sungai Thames, belok kanan ke Lower Thames Street. Jalan terus sekitar 15 menit, sampai di Tower of London.
Sepeda. Biasanya terdapat 3 rak sepeda di area Tower of London, dekat dengan toko, dan ada rute sepeda di area sekitar. Sepeda bisa disewa di Transport For London dan bisa digunakan ke seluruh area di London.

Related Post:

0 comments:

Post a Comment