Explorer Guidebook

8 Taman Royal Park di London, Inggris

0
Bicara tentang Inggris tidak bisa lepas dari keluarga kerajaan Inggris yang sejak dulu selalu menyita perhatian publik dari seluruh belahan dunia. Dan bicara tentang kerajaan Inggris tidak akan jauh dari ratunya (sekarang Queen Elizabeth II), para pangerannya, royal wedding, istana, kastil, dan taman Royal Park. Nah yang terakhir ini yang sekarang akan kita bahas. Berikut info lengkap dan rangkuman tentang 8 taman kota royal park di London, yaitu Richmond Park, Bushy Park, Regent's Park, Hyde Park, Kensington Gardens, Greenwich Park, St James' Park, dan Green Park (Anda bisa juga ikut tur sepeda keliling royal park di sini)

Royal Parks adalah taman kota dan area terbuka milik kerajaan Inggris di London yang sekarang dibuka untuk umum. Jumlah totalnya ada 8 royal park; 3 di antaranya (Bushy, Greenwich, dan Richmond Park) terletak di pinggiran kota London sedangkan lainnya berada di London pusat. Kedelapan taman ini semuanya dikelola oleh The Royal Parks, perwakilan eksekutif dari Department for Culture, Media and Sport Inggris, yang juga mengelola Victoria Tower Gardens dekat gedung parlemen gothic Houses of Parliament. Ok, yuk kita kupas satu per satu 8 taman Royal Park kerajaan Inggris, diurutkan dari yang paling luas :)

1. Richmond Park
Richmond Park
Richmond Park
Richmond Park adalah taman yang terletak di Richmond, London, dan merupakan Royal Park terluas. Taman ini memiliki area seluas 955 hektar dan sekaligus menjadi cagar alam nasional dan taman konservasi. Richmond Park memiliki landscape yang bervariasi, seperti bukit, area hutan, taman, area berumput, serta kaya akan flora dan fauna. Di taman ini akan dijumpai aneka pepohonan dan banyak binatang liar seperti rusa, angsa, burung air, dan binatang lain. Ricmond Park juga memiliki sebuah danau dan sejumlah bangunan menarik, yang banyak diantaranya masuk dalam daftar English Heritage.

2. Bushy Park
Bushy Park
Bushy Park
Dengan luas 445 hektar, Bushy Park merupakan royal park terluas kedua. Taman ini terletak di Teddington dan Hampton, London, berdekatan dengan Istana Hampton Court dan Hampton Court Park. Bushy Park memiliki kolam pemancingan dan model kolam untuk berperahu, aneka pohon dan tumbuhan, serta kawanan rusa liar. Di taman ini juga terdapat jalan taman yang diapit deretan pepohonan di kedua sisinya, yang indah saat musim gugur atau musim dingin. Bushy Park juga menjadi tempat beberapa lodge dan cottage, dan juga beberapa club rugby, hockey, dan cricket.

3. Regent’s Park
Regent's Park
Regent's Park
Regent’s Park merupakan taman seluas 166 hektar yang terletak di London bagian utara, membentang antara Westminster dan Camden. Taman ini merupakan salah satu dari taman paling indah di London dan memiliki tempat bermain outdoor terluas di kota ini. Taman ini memiliki sejumlah taman bunga indah warna-warni, cocok untuk sekedar foto biasa atau foto prewedding. Regent’s Park juga memiliki danau dengan banyak burung bangau, dan populer untuk berperahu. Selain itu, Regent’s Park terkenal pula dengan bioskop di area terbuka-nya dan juga London Zoo.

Hyde Park
Hyde Park
Hyde Park adalah salah satu taman terluas dan satu dari delapan royal park di London. Taman ini terletak berbatasan dengan Kensington Gardens dan memiliki luas area 142 hektar. Jutaan warga London dan turis mengunjungi Hyde Park setiap tahunnya. Taman ini memiliki banyak fasilitas dan populer sebagai tempat piknik dan olahraga seperti jogging, menunggang kuda, berenang dan berjemur, mendayung, tenis, dan olahraga lain. Hyde Park juga sering menjadi tempat konser, festival, pasar malam, dan syuting film. Baca selengkapnya...

Kensington Gardens
Kensington Gardens
Kensington gardens merupakan satu dari delapan royal park di London, Inggris. Taman seluas 111 hektar ini terletak di sebelah timur Kensington Palace dan berbatasan langsung dengan tepi barat Hyde ParkKensington Gardens memiliki banyak daya tarik seperti taman bermain, aneka patung, air mancur, dan bangunan dekoratif lain. Kensington Gardens juga memiliki sebuah kolam luas dengan banyak angsa, itik, dan unggas air lain yang menjadi pemadangan tersendiri. Taman ini cocok sebagai taman tempat jalan-jalan, bersantai, berjemur dan piknik saat cuaca cerah. Jalan tamannya biasa digunakan untuk jogging, lari, dan juga bersepeda. Baca selengkapnya...

6. Greenwich Park
Greenwich Park
Greenwich Park
Greenwich Park adalah royal park seluas 74 hektar yang terletak di Greenwich, London. Taman ini memiliki banyak bangunan bersejarah, salah satunya adalah Greenwich Royal Observatory. Greenwich Park juga menjadi bagian dari Greenwich yang menjadi situs warisan dunia UNESCO. Seperti kebanyakan taman, Greenwich Park juga memiliki sejumlah taman bermain, tempat makan, jalan taman, dan kaya akan flora dan fauna, diantaranya adalah rusa, bebek, dan tupai. Di taman ini juga terdapat sebuah taman bunga yang indah dengan beberapa kolam. explorerguidebook.blogspot.com. Dari atas bukit di Greenwich Park, kita juga bisa melihat panorama indah kota London.

7. St James’ Park
St James Park
St. James' Park
St James’ Park adalah royal park tertua seluas 23 hektar yang terletak di City of Westminster, London pusat. St James’ Park memilik pemandangan yang indah dengan banyak pohon, bunga, dan jalan taman yang dipagari deretan pohon. Taman ini juga memiliki sebuah danau yang membentang sepanjang taman, di mana kita bisa melihat angsa dan juga burung pelikan di sana. Dari jembatannya akan terlihat beberapa bangunan terkenal di dekat St James Park seperti Istana Buckingham dan London Eye. Setiap pkl 11 siang, kita juga bisa melihat iring-iringan pasukan Household Cavalry, yang akan mengikuti upacara pergantian penjaga istana di Istana Buckingham, melewati St James’ Park melalui jalan The Mall. explorerguidebook.blogspot.com. Pada musim panas juga terdapat banyak pertunjukan dan konser outdoor gratis yang diadakan di taman St James Park.

8. Green Park
Green Park
Green Park
Green Park adalah royal park seluas 19 hektar yang terletak di City of Westminster, dekat  Buckingham Palace dan St James’ Park, London pusat. Tidak seperti royal park lain yang memiliki kolam, banyak monumen, dan bangunan di dalamnya, Green Park hanya  memeiliki sedikit monumen. Dan seperti namanya, taman ini didominasi oleh area berumput, pepohonan, dan gugusabunga daffodils yang menyajikan pemandangan indah khas taman. explorerguidebook.blogspot.com. Berada di lingkungan istana, dari Green Park akan terlihat beberapa istana kerajaan Inggris seperti Buckingham Palace, St. James’ Palace, dan Clarence House.

Cantik-cantik ya tamannya? Karena ada banyak taman dan cukup luas, anda bisa menghewat waktu keliling taman-taman ini dengan ikut London Royal Parks Bike Tour. Dengan ikut tur ini, Anda akan diajak bersepeda ke 4 taman royal Park di pusat kota London yaitu Kensington Gardens, Hyde Park, Green Park, dan St. James's Park, dan juga melihat tempat-tempat wisata terkenal di London seperti Houses of Parliament, Menara Jam Big Ben, katedral Westminster Abbey, dan juga alun-alun Trafalgar Square.

0 comments:

Post a Comment