Explorer Guidebook

Menakjubkannya Kompleks Menara Pisa di Italia

0
Piazza dei Miracoli Pisa Tower

Kompleks Menara Pisa di Italia, yang dikenal dengan nama Piazza dei Miracoli, adalah sebuah alun-alun katedral yang terletak di kota Pisa, Tuscany, Itali. Alun-alun ini menyerupai taman yang sebagian tanahnya disemen dan sebagian lagi berumput, dengan 4 bangunan indah berwarna putih mendominasi area ini. Piazza ini juga dikelilingi oleh pagar dan bangunan-bangunan menarik lainnya. Terdapat 4 bangunan utama yang mendominasi piazza ini, yaitu Duomo (katedral), Menara Condong Pisa, Baptistery, dan Camposanto. Yang paling terkenal tentu saja adalah Menara Condong Pisa yang seolah sudah menjadi ikon kota Pisa dan menjadikan Piazza dei Miracoli sebagai salah satu tempat wisata popular di Itali. Selain dianggap sebagai salah atu pusat seni abad pertengahan utama di dunia, Piazza dei Miracoli juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Piazza dei Miracoli bukanlah alun-alun kota melainkan sebuah alun-alun yang berada di sekitar katedral (dalam bahasa Itali duomo) kota Pisa. Seperti alun-alun katedral lain di Itali, Piazza dei Miracoli juga biasa disebut sebagai "Piazza del Duomo", sebutan umum untuk alun-alun katedral atau Cathedral Square dalam bahasa Italia. Karena itulah, banyak yang sering rancu antara Piazza del Duomo yang satu dengan yang lain, yang tentu saja tidak hanya ada satu di Itali. Sebut saja Piazza del Duomo di Milan dan Piazza del Duomo di Florence. Untuk itu, agar menghindari kerancuan dan jelas Piazza del Domo mana yang dimaksud saat membicarakan Itali secara global, jangan lupa sertakan nama kota di belakangnya :)

Berkunjung ke Piazza del Duomo Pisa, kita bisa melihat beberapa bangunan menarik yang berada di alun-alun ini. Satu di antaranya adalah 4 bangunan berwarna putih dengan desain yang selaras satu sama lain. Berikut bangunan-bangunan utama yang ada di Piazza dei Miracoli atau Piazza del Duomo Pisa:

Piazza dei Miracoli dan Menara Pisa
Kiri ke kanan: Baptistery, Duomo, Menara Pisa

BaptisteryTerletak di sisi paling barat adalah Baptistery, yaitu bangunan tempat pembaptisan yang didedikasikan untuk St. John sang pembaptis. Baptistery Piazza del Duomo Pisa mulai di bangun pada pertengahan abad 12 dan baru selesai 2 abad kemudian. Bangunan ini berbentuk melingkar dengan atap berbentuk kubah, dan memiiki warna dan gaya arsitektur yang selaras dengan katedralnya, yaitu berwarna putih dan bergaya arsitektur Romanesque style. Meskipun demikian, bagian loggia-nya (teras dengan tiang-tiang), tingkat paling atas, dan kubahnya, dibuat dengan gaya gothic style. Pintu masuk Baptistery berada di sisi timur, yaitu di depan sisi barat Duomo.

Baptistery Piazza del Duomo Pisa adalah baptistery terluas di Itali, dengan keliling mencapai 107,25 m. Meskipun bagian dalamnya luas, baptistery ini cenderung polos dan tidak memiliki banyak dekorasi. Beberpa benda yang bisa kita jumpai di dalam Baptistery di antaranya adalah bak tempat air untuk pembaptisan yang berbentuk oktagonal dengan patung perunggu di bagian tengahnya, dan mimbar berukir yang menjadi salah satu pelopor penting dari seni ukir Renaissance Itali.

Duomo (Pisa Cathedral)
Menjadi jantung Piazza del Duomo Pisa adalah Duomo (katedral) kota Pisa. Katedral ini mulai dibangun pada tahun 1064 dengan desain unik yang menjadi model gaya arstektur Romanesque style ala Pisa. Seperti gereja pada umumnya, Duomo Pisa juga berbentuk salib yang membujur menghadap timur, dengan bagian muka katedral berada di sisi barat. Di sisi barat inilah terdapat 3 pintu masuk utama ke katedral, meskipun para jemaah gereja biasanya masuk melalui pintu lain yang berada di depan Menara Pisa.

Bagian eksterior Katedral Pisa memiliki warna putih dan abu-abu; kombinasi antara batu dan marmer, sementara dinding bagian dalamnya dilapisi marmer berwarna hitam dan putih. Langit-langit bagian dalamnya berhiaskan motif keemasan bersepuh emas, dengan langit-langit di bagian kubah dihiasi dengan lukisan dinding (fresco) warna-warni. Di bagian gereja yang menonjol di ujung timur (apse) juga dihiasi dengan gambar mozaik colourful yang menggambarkan Kristus yang diapit oleh Blessed Virgin Mary dan St. John the Evangelist. Katedral ini memiliki 5 ruang tengah gereja (nave) dengan 3 nave berada di bagian tangan salib. Dipercaya, Galileo dulu merumuskan teorinya tentang pergerakan pendulum sambil memperhatikan ayunan lampu dupa yang menggantung di langit-langit Katedral Pisa ini. Lampu tersebut, yang lebih simple dan lebih kecil dari yang dipasang saat ini, sekarang di simpan di Aulla Chapel di Camposanto.

Berdiri di belakang (sebelah timur) Duomo adalah Menara Condong Pisa yang sudah terkenal di seluruh penjuru dunia karena kemiringannya :D. Menara Pisa pada dasarnya adalah menara lonceng dari Katedral Pisa yang berdiri terpisah. Menara miring ini mulai dibangun pada tahun 1173 dan dibangun dalam tiga tahap pada kurun waktu selama 177 tahun. Lima tahun sejak pembangunannya dimulai, yaitu saat baru mencapai tingkat 3 (lantai 2), Menara Pisa mulai ambles dan miring ke sisi selatan akibat pondasi yang buruk dan dibangun di atas tanah lapisan bawah yang lunak dan tidak stabil. Pembangunan pun kemudian dihentikan selama hampir 10 tahun karena Republik Pisa hampir secara terus menerus terlibat perang dengan Genoa, Lucca, dan Florence. Penghentian pembangunan selama kurun waktu yang cukup lama ini memungkinkan lapisan tanah bawah menjadi stabil sehingga mampu mencegah robohnya menara.

Menara Pisa Italia


Pada tahun 1272, pembangunan Menara Pisa dilanjutkan kembali, kali ini dengan menerapkan siasat agar menara yang sudah terlanjur miring ini tidak semakin bertambah miring. Cara yang dilakukan adalah dengan membuat dinding lantai-lantai selanjutnya sedikit lebih tinggi di sisi yang miring yaitu di sisi selatan, dan semakin rendah di sisi utara. Hal ini membuat Menara Pisa berbentuk sedikit melengkung, jika diamati secara cermat dari kejauhan. Pada tahun 1284, pembangunan Menara Pisa lagi-lagi dihentikan saat Pisa kalah perang dengan Genoa. Tahun 1319, lantai ke-7 menara ini sudah selesai dibangun dengan ruang lonceng baru ditambahkan kemudian pada tahun 1372.

Saat selesai dibangun, Menara Pisa memiliki kemiringan sebesar 1o atau 80 cm dari posisi lurus vertikal, dan kemiringannya terus bertambah dari waktu ke waktu. Terakhir pada tahun 2010, kemiringan Menara Pisa mencapai 3,99oyang artinya bagian puncaknya melenceng sejauh 3,9 m secara horizontal dari posisi yang seharusnya jika menara ini tegak sempurna. Hoho... Menara Pisa terdiri dari 8 tingkat (lantai dasar dan lantai 1-7) dengan tinggi 56,70 m di bagian yang tinggi (utara) dan 55,86 m di bagian yang rendah (selatan). Karena tingginya berbeda, jumlah tangga yang harus didaki untuk menuju puncaknya pun berbeda, yaitu 296 anak tangga di sisi utara dan 294 anak tangga di sisi selatan dengan perbedaan jumlah anak tangga berada di lantai 7. Untuk loncengnya, total terdapat 7 lonceng di atas Menara Pisa yang beratnya bervariasi, paling ringan 300 kg dan paling berat 3,6 ton!

Camposanto
Camposanto Pisa

Di tepi utara Piazza dei Miracoli Pisa terdapat Camposanto yaitu bangunan area pemakaman yang tertutup. Namanya berasal dari kata "Campo Santo" yang artinya Holy Field atau tanah suci, karena konon area pemakaman ini dulu dibuat disekitar tanah sakral yang diangkut kembali ke Pisa dari Perang Salib ke-4 pada abad 12. Camposanto Piazza del Duomo Pisa menyerupai serambi gereja berbentuk keliling persegi panjang dengan bagian tengah membentuk halaman terbuka. Bangunan bergaya arsitektur gothic style ini mulai dibangun oleh arsitek Giovanni di Simone pada tahun 1278 dan selesai tahun 1464.

Camposanto Pisa interior
Interior Camposanto Monumentale
Camposanto Piazza del Duomo Pisa, yang juga dikenal sebagai Camposanto Monumentale, memiliki 2 pintu masuk dengan 46 lengkungan yang menyerupai jendela. Pada dinding luar, lengkungan ini tertutup membentuk tembok sementara pada dinding dalam yang menghadap halaman tengah, lengkungan ini membentuk deretan jendela. Sebagian besar makam di Camposanto Piazza del Duomo Pisa berada di dalam bangunan, meskipun beberapa ada yang berada di halaman tengah. Di Camposanto dulu juga terdapat sejumlah besar koleksi patung-patung dan peti batu Romawi tetapi sekarang hanya tinggal 84 buah.

Ospedale Nuovo di Santo Spirito
Ospedale Nuovo di Santo Spirito Pisa

Memagari Piazza del Duomo Pisa di tepi selatan adalah Ospedale Nuovo di Santo Spirito atau New Hospital of Holy Spirit. Bangunan ini merupakan bekas rumah sakit yang dulu digunakan untuk membantu para peziarah, fakir miskin, dan anak-anak yang dibuang dengan memberikan tempat berteduh dan makanan. Bangunan ini memiliki dinding batu bata merah dengan dinding bagian dalam dicat dengan warna hitam dan putih agar menyerupai warna batu marmer dari bangunan lain di piazza ini. Saat ini, Ospedale Nuovo di Santo Spirito tidak lagi berfungsi sebagai rumah sakit dan bagian tengah bangunan ini sekarang menjadi Museum of Sinopias di mana gambar asli dari lukisan dinding di Camposanto disimpan.


All articles ©explorerguidebook.blogspot.com

Baca juga:
Colosseum, Ikon Kota Roma, Italia
Trevi Fountain di Roma dan Mitos Melempar Koin
Roman Forum, Kumpulan Ping Bangunan Kuno di Roma, Italia
10 Tempat Wisata Terkenal di Italia (Part 1)
10 Tempat Wisata Terkenal di Italia (Part 2)
Daftar Tempat Wisata di Italia

0 comments:

Post a Comment