Explorer Guidebook

Cari di blog ini

5 Makanan Khas Meksiko yang Wajib Anda Coba

0
Tacos, Burritos, Nachos? :)
Berikut makanan populer khas Meksiko yang mana tidak jauh dari jagung atau tortilla sebagai bahan utamanya. Check it out!

1. Tacos
Tacos
Taco
Tacos (plural) atau Taco adalah makanan khas Meksiko yang terbuat dari bahan isian yang disajikan dalam roti tortila yang dilipat, agak mirip seperti kebab turki. Tortilanya bisa terbuat dari tepung jagung atau tepung terigu, sementara isiannya bisa bervariasi. Biasanya meliputi daging (bisa daging sapi, babi, atau ayam), sayuran seperti tomat dan selada, dan keju. Cara makannya langsung dengan tangan. Taco sering diberi garnish seperti salsa (saus), alpukat atau guacamole (saus alpukat), daun seledri (cilantro), tomat, daging cincang, bawang bombay, dan selada.

2. Burritos
Burrito mexican food
Burrito
Kalau Turki punya doner kebab, Meksiko punya burrito. Mirip dengan taco, burrito atau burritos juga sama-sama makanan khas Meksiko yang terbuat dari tortila isi. Bedanya, jika pada tacos tortilanya hanya dilipat setengah lingkaran, pada burrito kulit tortilanya digulung membungkus isiannya sehingga berbentuk silinder, persis seperti kebab Turki. Di Meksiko, isian burrito seringkali hanya daging dan pasta sejenis kacang. Sementara burrito ala Amerika di US, mempunyai isian yang lebih banyak seperti nasi, pasta kacang, selada, salsa, daging, guacamole, keju, and krim masam. Dan karena itu burrito ala Amerika juga berukuran lebih besar dibanding burrito original Meksiko.

3. Enchilada
Enchilada mexican food
Enchilada
Hampir sama dengan burrito, makanan khas Meksiko ini juga terbuat dari tortilla yang digulung menutup isian. Bedanya, pada penyajiannya, enchilada disiram dengan saus. Pada enchilada tradisional, saus yang digunakan adalah saus cabai sementara untuk variasi lain banyak digunakan saus yang terbuat dari keju, sour cream, kacang, salsa, dan saus kombinasi. Karena dilumuri dengan saus, enchilada terlihat lebih menggoda dan menggugah selera dibanding burrito. Enchilada biasa diisi dengan daging, kacang, keju, kentang, sayuran, seafood, dan juga kombinasi bahan lain.

4. Nachos
Nachos
Nachos
Satu lagi makanan khas Meksiko yang memiliki nama dengan akhiran sama, yaitu nachos. Masih tidak jauh dari tortila jagung, nachos adalah makanan khas Meksiko yang pada dasarnya terbuat dari keripik tortila yang disiram saus keju (nacho cheese) dan atau salsa. Untuk variasi, selain tortila bisa ditambahkan bahan lain seperti aneka daging, kacang, dan sayuran, disiram saus keju, lalu ditaburi bumbu lain seperti bubuk cabe atau lada.

Untuk saus kejunya, sebenarnya dibuat dengan cara menaburkan irisan keju di atas keripik tortila dan bahan lainnya, baru kemudian dipanaskan sebentar sehingga keju meleleh. Namun saat ini banyak yang menggunakan saus keju yang sudah dibuat sebelumnya dengan tambahan beberapa bumbu, sehingga lebih praktis dan lebih cepat disajikan. Nacho bisa dimakan sebagai camilan atau makanan pembuka (appetizer), dan juga bisa dimakan sebagai makanan utama tergantung porsi dan banyaknya bahan yang ditambahkan. Resep nachos bisa sangat bervariasi tergantung aneka bahan yang ditambahkan.

5. Tamales
Tamales
Tamales
Tamal, tamale, atau tamales adalah makanan tradisional Amerika Tengah (yang juga populer di Meksiko) yang terbuat dari adonan tepung jagung yang dibungkus daun lalu dimasak dengan cara dikukus atau direbus. Tamale bisa diberi berbagai isian atau campuran sesuai selera seperti daging, keju, buah, cabe, dan sayuran. Keduanya, adonan dan isian, dibumbui agar memiliki rasa yang lezat. Daun pembungkusnya bisa kulit jagung, daun pisang, atau daun lainnya. Dan untuk memakan tamale, daun pembungkusnya harus dibuka terlebih dahulu. Di Meksiko, tamale sering dimakan pada hari-hari besar dan perayaan seperti Natal dan Hari Kemerdekaan Meksiko, dan juga dimakan sehari-hari sebagai camilan.


Demikian 4 makanan khas meksiko paling populer yang wajib Anda coba. Jangan lewatkan juga makanan-makanan khas lainnya seperti 10 makanan khas Turki dan 10 makanan khas Korea.

Baca juga:
Christ the Redeemer: Patung Raksasa Ikon Rio de Janeiro, Brazil

0 comments:

Post a Comment