Pages

Panduan ke Menara N Seoul Tower di Seoul, Korea Selatan

6
N Seoul Tower Korea

About
N seoul Tower atau Namsan Seoul Tower adalah menara komunikasi dan observasi yang terletak di gunung Namsan, Seoul, Korea Selatan. Menara setinggi 236,7 m ini merupakan titik tertinggi dan juga landmark kota Seoul. Oleh karena itu, jika Anda berwisata ke Korea Selatan, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi menara ikonik yang satu ini.

What to See & Do
- Dek Observasi
Dari atas 3 dek observasinya di puncak menara, kita bisa melihat panorama kota Seoul dari ketinggian.
- Restauran Berputar
Dan bagi yang ingin menikmati pemandangan indah dari atas menara sambil menikmati santapan lezat, menara ini juga memiliki restauran berputar di salah satu dek observasinya yang berputar dengan kecepatan 1 kali putaran per 48 menit. Dengan begitu, pengunjung tetap bisa menikmati pemandangan 360o sambil makan dengan nyaman. 

N Seoul Tower Korea

- Gembok Cinta
Nah, bagi para lovers yang hobi memasang ‘gembok cinta’ setiap ada kesempatan :D, jangan sampai melewatkan untuk mengabadikan simbol cinta Anda di menara gembok cinta ini. Karena salah satu daya tarik terbesar dan kegiatan favorit pengunjung di Namsan Tower adalah memasang gembok cinta di pagarnya lalu membuangnya kuncinya ke bawah dengan harapan cinta mereka akan abadi.

Dan tradisi gembok cinta di menara ini tidak kalah populer dengan tempat gembok cinta lain di dunia, terbukti pagar-pagar pohon-pohon dan pagar di bagian bawah menara ini penuh dengan gembok aneka bentuk dan warna dengan berbagai macam tulisan dan juga inisial.

N Seoul Tower Korea

N Seoul Tower Korea

N Seoul Tower Korea

N Seoul Tower Korea

- Restauran, Toko Suvenir, Museum Teddy Bear
Selain dek observasi, Namsan Tower juga memiliki 2 restauran lain di lantai dasar, toko suvenir, dan sebuah museum Teddy Bear. Boneka-boneka beruang di Museum Teddy Bear N Seoul Tower ini menggambarkan kebudayaan Korea di masa lalu, sekarang, dan masa depan, serta Teddy Bear di tempat-tempat terkenal di kota Seoul seperti Cheonggyecheon Stream, Myeongdong, Insadong, and Dongdaemun.

Ada juga yang mengatakan museum ini menjadi lokasi syuting drama Princess Hours, mungkin agak rancu dengan museum teddy bear yang ada di Pulau Jeju. Karena di sana memang menjadi lokasi syuting beberapa adegan dalam dama Princess Hours dan juga terdapat versi Teddy Bear-nya, serta teddy bear dari drama-drama Korea terkenal lain seperti The Great Quen Seon Deok, Winter sonata, dan Boys before flowers.

2020 Update: Teddy Bear Museum di Namsan Seoul Tower sudah ditutup. Sebagai gantinya sekarang ada Hello Kitty Island.

Detail Fasilitas
- N Seoul Tower:
5F – N Sweet Bar, A Twosome Place, Hello Kitty Island
T1 – Ticket booth, N Burger, N Terrace, A Twosome Place, Olive Young, Cheil Jemyunso
T2 – The PLACE Dining
T3 – Hancook
T4 – Observatory, A Twosome Place
T5 – Observatory, Weeny Beeny
T7 – n.GRILL

- Seoul Tower Plaza:
L – Hanbok Culture Experience Center
1F – Starbucks, Sweet Monster, Gong Cha, GS25, souvenir shop
2F – 153 Points Budaejjigae, Bueongi Dongaseu (pork cutlet)
3F – Broadcasting facilities, security area
4F – Ryan Cheeseball Adventure, Game Plaza, Hosigi Double Chicken, Korea VR Tour Promotion Hall

How to Get There
Untuk menuju N Seoul Tower, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satu yang menjadi favorit pengunjung adalah dengan naik kereta gantung atau cable car, kemudian berjalan kaki menuju menara. Dengan naik cable car, Anda juga bisa melihat pemandangan sekitar yang menakjubkan dari perspektif yang berbeda, yaitu dari ketinggian di udara. Naik cable car ini juga sering muncul dalam adegan-adegan drama Korea, dua di antaranya adalah Boys Before Flowers dan Rooftop Prince.

Jika Anda tipe orang yang ingin mendapatkan pengalaman semaksimal mungkin, banyak pengalaman sekaligus, Anda juga bisa mengkombinasikan 2 cara ke N seoul Tower untuk berangkat dan pulang. Misalnya memilih naik cable car saat menuju N Seoul Tower, menghemat tenaga karena menanjak, dan saat turun pulangnya memilih cara lain seperti jalan kaki, agar Anda bisa mendapatkan pengalaman mendaki (lebih tepatnya 'menurun') dan bisa menikmati pemandangan sekitar secara langsung, dan langsung kontak dengan alam sekitar.

N Seoul Tower Korea

N Seoul Tower Korea trail

N Seoul Tower Korea trail

Hmm benar-benar pengalaman ala Korea yang wajib dicoba, mulai dari kereta gantung, panorama kota Seoul, gembok cinta, hingga Hello Kitty Island. Setuju? :)


Alamat N Seoul Tower: 105 Namsangongwon-gil, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan

Harga Tiket Masuk N Seoul Tower:
- Observatory: dewasa 11.000 won, anak-anak (3-12 tahun) 8000 won.
- Hello kitty Island: dewasa 8000 won, anak-anak 7000 won.
- Package (Observatory + Hello Kitty Island): dewasa 13.500 won, anak-anak 11.500 won
 - Ke teras gembok cinta: GRATIS

Transportasi / How To Get There:
Bagaimana cara ke N Seoul Tower?
1. Jalan kaki
- Dari Tangga Sam-soon. Jalan kaki dari tangga Sam-soon ke Palgakjung Pavilion. Tangga ini terkenal karena drama My Lovely Sam-soon, dan terletak dekat Seoul Education Research and Information Institute. Waktu tempuh: 40 menit.
- Dari Namsan Public Library. Jalan kaki dari jalan masuk Southern Circuit yang dimulai dari depan perpustakaan. Waktu tempuh: 30 menit.
- Dari National Theater of Korea. Jalan mulai dari loket tiket dan ambil Southern Circuit. Waktu tempuh: 40 menit.
- Dari National Theater of Korea. Jalan dari tangga dekat theater, ambil jalur Southern Circuit dari loket tiket, lalu belok kanan untuk naik tangga. Waktu tempuh: 30 menit.

2. Naik Kereta Gantung Namsan Cable Car
Naik cable car dari Stasiun Myeongdong: keluar dari Stasiun Myeongdong Exit 5 ke arah Persimpangan Hoehyeon, lalu belok kiri. Naik Namsan Outdoor Escalator (Namsan Orumi) (gratis)  yang terletak di depan monumen di pintu masuk Namsan Tunnel 3. Namsan Orumi menghubungkan Namsan Tunnel 3 ke stasiun cable car. Setelah sampai lalu naik cable car ke Namsan Seoul Tower.

Alamat baru Namsan Cable Car: 83, Sopa-ro, Jung-gu, Seoul, Korea Selatan

Harga Tiket Namsan Cable Car:
Pulang pergi: dewasa 9500 won, anak-anak 6500 won.
Sekali jalan: dewasa 7000 won, anak-anak 4000 won.

Waktu Operasi Namsan Cable Car: setiap hari sepanjang tahun, Pkl 10.00-22.00 waktu setempat (mungkin diperpanjang saat hari ramai seperti Jumat, Sabtu, dan hari libur).
Waktu operasi Namsan Outdoor Escalator: 09.00-22.00.

3. Naik Namsan Shuttle Bus
Ada dua rute, yaitu rute 02 dan 04.
a). Rute 02
Naik shuttle bus dari:
- Stasiun Chungmuro Exit 2. Naik subway jalur/line 3 atau 4, turun di Stasiun Chungmuro. Keluar melalui pintu Exit 2, lalu naik Namsan Shuttle Bus yang ada di depan Daehan cinema. Waktu: 15 menit.
- Stasiun Dongguk University Exit 6. Naik subway line 3, turun di Stasiun Dongguk University, keluar dari exit 6 dan menuju ke arah yang berlawanan dari Anda keluar, yaitu menuju ke Janchung Gymnasium. Di persimpangan jalan, belok kanan dari Janchung Park lalu berjalan lurus. Waktu: 10 menit.
- Anda juga bisa naik Namsan Shuttle Bus dari Namsan Public Library dan National Theather of Korea.

Rute 02: Namsan Seoul Tower → Namsan Public Library → Seoul Education Research & Information Institute → Seoul Animation Center, Soongeui Women’s College → Teogyero 3-ga, Hanok Village, Korea House → Chunngmuro Exit 2, Daehan Cinema → Teogyero 5-ga, Cheil General Hospital → Ambassador Hotel → Jangchung Gymnasium → Dongguk University Station → National Theater of Korea → Namsan Northern Circuit Entry → Namsan Seoul Tower.

Jam operasi: Pkl 06.30-22.45, interval 7~12 minutes.

Harga tiket: 600 won (tunai atau dengan kartu transportasi).

b). Rute 04 (jarak tempuhnya lebih jauh)
Halte bus dekat stasiun:
City Hall Station, Jonggak Station(Jongno 1(il),2(i)-ga), Jongno3(sam)-ga Station, Dongdaemun Station, Dongdaemun History & Culture Park Station, Dongguk University Station.

Rute 04: Namsan Seoul Tower → City Hall → Jongno 1(il)-ga → Jongno 2(i)-ga → Jongno 3(sam)-ga → Dongdaemun → DDP → Dongguk University Station → Namsan Seoul Tower

Jam operasi: Pkl 06.30-22.45, interval 11~13 minutes.

Harga tiket: 600 won (tunai atau dengan kartu transportasi).

4. Naik Seoul City Tour Bus, ada setiap 30 menit. Lihat detail seengkapnya.

6 comments: Leave Your Comments

  1. kok gak bisa di copas sih... ijin copas ya buat tugas uprak^^

    ReplyDelete
  2. iya, kok gabisa dicopas -_-"

    ReplyDelete
  3. koq gk bisa di copas sih?

    ReplyDelete
  4. koq gk bisa di copas sih?

    ReplyDelete
  5. ihhh, gabisa di copas.. bagi bagi ilmu dong!

    ReplyDelete