Explorer Guidebook

Panduan ke Tempat Sauna Khas Korea (Jjimjilbang)

9
Jjimjilbang Sauna Korea

Ke Korea belum lengkap rasanya kalau belum mencoba sauna khasnya yang disebut jjimjilbang. Tempat sauna ini banyak tersebar di berbagai sudut kota besar di Korea Selatan, seperti di Seoul dan Busan. Yuk simak panduan dan info lengkapnya!

Jjimjilbang adalah tempat sauna khas Korea sekaligus tempat pemandian umum (mogyoktang) yang dilengkapi dengan kolam air panas, tempat sauna kering dan basah, serta berbagai fasilitas lain seperti rest area, ruang tidur, kafetaria, massage (pijat), facial, ruang TV, komputer/internet, dan bahkan ada yang menyediakan ruang karaoke, fitness, dan free hotspot/wifi. Tempat ini kadang disebut juga sebagai Korean spa. Tempat ini sangat terkenal di Korea dan merupakan salah satu tradisi yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari warganya.

Di Korea, orang biasanya pergi ke jjimjilbang pada akhir pekan untuk refreshing sekaligus menghabiskan waktu bersama saat weekend, entah dengan rekan kerja, teman, atau keluarga. Jjimjilbang juga sepertinya menjadi tempat kencan favorit bagi para pasangan kekasih di Korea seperti yang terlihat hampir di setiap drama Korea :D

Nah tidak seperti tempat sauna biasa, sauna Korea ini sangat lengkap fasilitasnya dan tempatnya pun terdiri dari banyak lantai dan ruangan dengan ‘spesialisasi’ masing-masing. Saking banyaknya, Anda bisa  dengan mudah menghabiskan waktu seharian hanya untuk mencoba dan bermalas-malasan di setiap ruangan ini :D

Belum lagi terdapat ruangan lainnya seperti rest area di mana Anda bisa tidur-tiduran, tidur beneran, menonton TV, sekedar baca buku atau ngobrol sambil ngemil! Pokoknya lengkap, tak hanya bisa relaksasi dan refreshing tetapi juga bisa bersosialisasi, mencoba makanan khas Korea, sekaligus memperoleh pengalaman kultural. Sauna ini juga bermanfaat untuk kesehatan lho, sama halnya seperti banyak tradisi makan orang Korea yang menyehatkan. Jjimjilbang juga bisa menjadi alternatif penginapan yang murah karena kebanyakan tempat ini buka 24 jam. Karena merupakan salah satu tradisi khas Korea, jjimjilbang juga banyak diminati oleh wisatawan. Anda mungkin akan banyak menjumpai bule di tempat ini. Nah, Anda  juga tertarik ke Jjimjilbang? Kalau begitu simak info berikut.

Masuk ke Jjimjilbang
jjimjilbang sauna Korea
Tanda buka 24 jam
Jika Anda berniat menghabiskan malam di sini, carilah jjimjilbang yang buka selama 24 jam. Saat masuk, kita akan melihat meja resepsionis di mana kita akan membayar biaya masuk. Dengan membayar biaya masuk ini, Anda sudah bisa menikmati semua fasilitas standar yang ada. Apabila ingin layanan lain seperti massage misalnya, tanyakan bayar sekaligus di sini atau nanti cukup ‘bayar’ dengan kunci loker Anda nanti.

Setelah membayar, kita akan diberi kunci loker untuk menyimpan barang-barang kita. Jika kita membawa tas ransel besar atau koper, titipkan di bagian resepsionis karena loker yang disediakan cukup kecil. Anda akan diberi nomor tanda penitipan sesuai nomor tas Anda, dan tidak akan dikenakan biaya tambahan. Di resepsionis ini juga, kita akan sekaligus dipinjamkan pakaian seragam (beda warnanya antara laki-laki dan perempuan), jubah mandi (kadang-kadang), dan handuk kecil.

Jjimjilbang Korean Sauna
Ruang Loker
Oh ya, kunci loker yang diberikan biasanya diberi gantungan seperti gelang karet yang bisa Anda pakai di tangan atau kaki sehingga lebih praktis dibawa ke mana-mana. Kunci loker Anda biasanya juga sekaligus berfungsi sebagai identitas atau ‘kartu kredit’ multifungsi, yaitu bisa untuk membeli makanan di kafetaria atau fasilitas ekstra lainnya. Jadi Anda tidak perlu membayar dengan cash tetapi tinggal memberikan kunci loker Anda, dan tagihan akan dimasukkan ke nomer loker Anda. Anda tinggal membayar total tagiahan saat keluar jjimjilbang. 

Di tempat-tempat sauna Korea yang besar dan hi-tech (teknologinya canggih), ini bisa dilakukan secara otomatis dengan kunci Anda. Tetapi di tempat yang low-tech :p biasanya dilakukan dengan manual. Jadi setiap kali Anda jajan, penjaga kafetaria akan menelepon resepsionis untuk memberi tahu nomor loker Anda serta harga makanan yang Anda beli untuk kemudian ditambahkan ke dalam tagihan.

Ruang Loker dan Ganti baju
Jjimjilbang Korean Sauna

Dari meja resepsionis, kita lalu menuju ke area khusus yang terpisah berdasarkan gender/jenis kelamin. Begitu masuk, langsung lepas sepatu/sandal sebelum menginjak lantai yang berbeda dan cari loker pakaian Anda sesuai nomor kuncinya. Sepatu bisa ditaruh di rak/loker sepatu jika tersedia atau dimasukkan ke loker bersama pakaian. Setelah itu, lepas SEMUA* pakaian Anda (ya, semua termasuk underwear) dan hanya bawa handuk kecil yang diberi tadi dan peralatan mandi.

Perlengkapan mandi seperti sabun, shampoo, pasta gigi, hingga sikat gigi umumnya disediakan/bisa dibeli di jjimjilbang. Tapi Anda bisa membawa sendiri kalau ingin memakai sabun dan shampoo favorit Anda karena yang disediakan di sini biasanya standar dan dari merk-merk diskon. Dan bagusnya kalau Anda sedang traveling adalah, Anda sudah otomatis bawa perlengkapan mandi di tas/koper. Dan bawa saja sekalian ransel/kopernya ke jjimjilbang, untuk sekalian menginap di sini :).

*WARNING: Diharuskan naked!
Nah ini dia yang bisa bikin shock dari jjimjilbang dan tempat pemandian umum di Korea :D. Yaitu Anda diharuskan naked alias tel*njang bu*at saat mandi ramai-ramai atau berendam di kolam! FYI, di jjimjilbang, mandinya bukan di kamar mandi atau di bilik-bilik tertutup, tetapi di ruangan luas dengan banyak shower dan semua mandi bersama di sini. Dan bukan juga kolam di mana Anda bisa sedikit menyembunyikan diri :p.

Bagi yang tak terbiasa khususnya yang terbiasa semuanya modest dan sopan, ini bisa jadi culture shock. Betapa tidak, dari tempat loker ke tempat pemandian, Anda akan melihat kakak-kakak dan tante-tante yang melenggang biasa meski tanpa sehelai benangpun! Duh! Dan Anda pun diharuskan demikian. Glek. Menutupi dengan handuk pun tak akan banyak membantu karena handuknya kecil seperti handuk wajah. Dan memang bukan itu tujuannya Anda diberi handuk :))

"OMG! Lalu apa yang harus saya lakukan?". Jika Anda kira-kira tidak sanggup menghadapi semua ini (:p), Anda bisa pilih option untuk tidak mandi. Yang artinya, Anda juga tidak bisa menikmati fasilitas berendam di kolam air panas dan kolam-kolam lainnya, tetapi hanya sauna kering dan fasilitas lain yang bisa digunakan saat memakai kaos seragam. Namun kalau Anda berani dan berpikir ini kesempatan (loh?!), kesempatan untuk merasakan pengalaman sauna Korea to the fullest maksudnya, tak masalah. Lanjut dan patuhi motto ini: “Put off all your clothes in locker and leave any shyness or modesty at home” :p

Yah memang beginilah adanya. Inilah sesuatu yang tidak pernah diperlihatkan di drama-drama Korea yang sering Anda tonton (yaiyalah).... sisi gelap dari jjimjilbang!! *Derreengg!* Hehe bercanda, ini bukan sisi gelap seperti yang Anda bayangkan kok, karena di Korea sana, hal ini normal dan tidak melanggar norma/hukum. Dan peraturan ini dibuat bukannya tanpa alasan. Bahkan demi kebaikan para bathers dan sauners sekalian :)). Karena katanya, panas yang ekstrim di kolam dan ruang sauna/steam bisa menyebabkan bahan kimia dari pakaian keluar dan meracuni tubuh. Ada kepercayaan juga kalau kita menutupi diri dengan pakaian renang dsb, berarti kita sedang mencoba menyembunyikan penyakit. Nah lho. Kalau disembunyikan berarti juga tidak bisa di sembuhkan atau di detoks. Begitu.

Meskipun demikian, saya masih bertanya-tanya tentang ‘keamanannya’. Bagaimana ya kalau sampai ada yang iseng atau bahkan memang niat membawa kamera dan memotret secara sembunyi-sembunyi. Hari gini gitu kan yaa *parno* *ignoreMe*

Menikmati Kolam dan Sauna
Oke deh move on. Setelah Anda mandi dan badan sudah bersih, Anda bisa melanjutkan berendam di kolam, masuk ke sauna basah, atau langsung 'berkelana' bak musafir ke sauna kering. Tidak ada batasan waktu berapa lama Anda harus stay di masing-masing tempat. Semua terserah Anda.

Kolam
Jjimjilbang Korean Sauna

Ada banyak jenis kolam di jjimjilbang, yang bervariasi tergantung tempatnya. Tapi umumnya ada kolam air panas, kolam air hangat, kolam air dingin, dan jacuzzi (kolam dengan air beriak). Jika saya bilang panas atau dingin, berarti suhunya memang seperti itu, panas bukan hangat, dan dingin seperti air es. Ada juga yang menawarkan kolam air ginseng dan green tea.

Jjimjilbang Korean Sauna

Jika ingin berendam di kolam, peraturannya sama seperti mandi: tidak boleh memakai pakaian apapun, jadi Anda jangan mengenakan kaos seragam dulu. Area kolam juga sama seperti area mandi, yaitu terpisah berdasarkan gender. Prinsipnya sebelum masuk kolam, Anda harus bebas dari kotoran termasuk keringat. Karena hal tersebut dapat mengotori air kolam dan juga orang lain. Jadi jika Anda sudah ke sauna dulu sebelum ke sini, Anda harus membilas tubuh lagi meskipun tadi Anda sudah mandi. Mengenai kebersihan air kolam sendiri Anda tak perlu khawatir, karena airnya diganti dan dibersihkan secara berkala.

Sauna Basah (Steam Room)
Jika Anda diberi jubah mandi saat masuk tadi, berarti ada sauna basah. Di sauna basah atau ruang steam/uap ini, Anda bisa mengenakan jubah mandi dan areanya juga hanya untuk satu gender, laki-laki atau perempuan. Jika tidak ada jubah mandi, berarti semua ruang saunanya campur antara laki-laki dan perempuan dan Anda harus memakai pakaian seragam. Handuk wajib dibawa ke manapun Anda pergi, baik ke ruang sauna maupun tempat istirahat.

Sauna Kering
Jjimjilbang Korean Sauna

Sebelum ke tempat sauna kering, Anda harus memakai pakaian seragam yang diberi tadi karena ruangan-ruangan ini juga campur antara laki-laku dan perempuan. Nah setelah berpakaian, sekarang Anda baru bebas berpetualang dari ruangan sauna yang satu ke ruangan sauna yang lainnya. Ada banyak sekali ruangan sauna di jjimjilbang dan biasanya meliputi beberapa lantai dan tersedia lift. 

Jjimjilbang Korean Sauna

Setiap ruangan sauna memiliki efek detoksifikasi (penghilangan racun) yang berbeda sesuai dengan bahan pelapis dinding atau material yang digunakan. Ada yang memakai arang, kayu, batu, kerikil, garam, aneka mineral, logam, lumpur, es, hingga kristal. Temperaturnya pun bebeda dan berkisar antara 60-100oC untuk ruangan sauna yang panas. Anda bisa mengetahui suhu dan jenis ruangannya sebelum masuk dengan membaca keterangan yang tertera di pintu masuk setiap ruangan. 

Jjimjilbang Korean Sauna

Jjimjilbang Korean Sauna

Tak hanya jenisnya, bentuk ruangan sauna pun berbeda-beda. Ada yang seperti ruangan biasa dan ada juga yang berbentuk seperti tungku pembarakaran (ya. Andalah yang akan ‘dibakar’ di dalam sana :D). Cara menikmati masing-masing ruangan ini juga berbeda. Ada yang cukup duduk, tiduran di lantai kayu, ada juga yang tiduran langsung di atas garam atau bahan lainnya :).

Jjimjilbang Korean Sauna

Mandi lagi dan Menggosok Badan
Setelah berendam di kolam dan bersauna (atau sebaliknya), orang Korea biasanya pergi ke bagian pemandian lagi untuk mandi dan menggosok badan. Karena setelah berendam dalam air panas dan berkeringat, sel-sel kulit mati di tubuh menjadi lebih lunak sehingga pembersihan badan akan lebih maksimal. Dan di tahap menggosok badan inilah ada tradisi orang Korea yang unik. 

Jadi mereka punya kebiasaan saling bergantian menggosok punggung satu sama lain saat mandi bersama di tempat pemandian umum sebagai tanda persahabatan antar teman, atau antara ayah/ibu dan anak. Kebiasaan ini juga biasa dilakukan sebagai tanda kerukunan antara mertua dan menantu, atau tanda 'persetujuan' oleh calon mertua seperti yang ada di drama-drama Korea :D. Kalau Anda datang sendirian dan ingin ada yang menggosokkan badan Anda, Anda bisa meminta pekerja khusus di jjimjilbang untuk melakukannya dengan biaya tambahan. Namun jangan kaget jika mereka menggosok badan Anda secara menyeluruh, tanpa terkecuali. Yes, there, too. (Oh, culture shock again? Lol)

Oh ya, untuk alat penggosoknya sendiri (itaeri tawol), bisa Anda beli dengan murah di jjimjilbang di pintu masuk ke area pemandian atau sauna. Selesai mandi, Anda pakai seragam lagi dan bebas menikmati rest area. 

Rest Area: Sleeping Hall dan TV Room
Jjimjilbang Korean Sauna
Sleeping Hall
Jjimjilbang Korean Sauna
TV Room
Setelah badan segar dan bersih sehabis sauna dan mandi, pakai seragam Anda lagi dan bawa handuk. Saatnya bersantai di rest area. Di area ini ada sleeping hall (aula tempat tidur-tiduran) dan ruang TV/movie room di mana Anda bisa tiduran dan bersantai sambil menonton TV/film. Nah karena di jjimjilbang, lantai kayu di area ini juga dipanaskan di bagian bawahnya sehingga akan terasa hangat dan nyaman meskipun Anda tiduran di lantai tanpa alas. Di ruang TV juga biasanya disediakan matras untuk alas Anda duduk atau tiduran.

Towel Sheep-Head
jjimjilbang towel sheep head

Di tempat sauna Korea atau jjimjilbang, ada kebiasaan membuat tutup kepala seperti foto di atas, seperti yang terlihat juga di drama-drama Korea. Tutup kepala ini dibuat dari handuk kecil yang Anda bawa ke mana-mana itu, dan ini disebut sheep head karena mirip seperti kepala domba. Imut ya :D

Cafetaria
tempat sauna korea Jjimjilbang
Cafetaria
Nah, sebelum ‘mengakar’ di sleeping hall atau TV room, Anda bisa membeli camilan dan minuman di kafetaria/restauran/snack bar untuk dinikmati di tempat atau dibawa ke tempat istirahat. Ada banyak aneka makanan dan minuman tradisional Korea yang bisa Anda coba, seperti telur rebus/panggang, miyeok guk (sup rumput laut), nangmyeon (sup mi dingin), ramyun, iced sikhye, patbingsu (es campur), es kopi, dll. Yang wajib Anda coba adalah telur rebus/panggang, iced sikhye, dan patbingsu seperti yang ada di drama-drama Korea :D. 

tempat sauna korea Jjimjilbang
Telur Rebus
tempat sauna korea Jjimjilbang
Shikhye kalengan
tempat sauna korea Jjimjilbang
Kopi dingin alias Es kopi
Iced shikhye adalah minuman dingin yang terbuat dari beras yang difermentasi. Rasanya manis dan segar, cocok untuk penghilang dahaga setelah banyak berkeringat karena sauna. Soal telur, kalau Anda melihat bercak-bercak kehitaman di bagian cangkangnya, jangan khawatir. Itu bukan kotoran melainkan (katanya) kolesterol dalam telur yang keluar selama pemasakan sehingga telur menjadi bebas kolesterol (tentang ini, saya masih penasaran tentang ‘mekanismenya’ :p). Untuk memakan telur ini, anda bisa menambahkan sedikit garam biar lebih lezat. Sebelum itu, tentu saja dikupas dulu ya cangkangnya :D. Kalau orang Korea sih mereka punya kebiasaan yang unik yaitu memecahkan cangkang telur dengan 'mengetok'kannya ke kepala teman /pasangan mereka, hihi. 

PC Room/Karaoke
tempat sauna korea Jjimjilbang

Nah setelah mengisi perut dan menghilangkan dahaga, jika tak mengantuk Anda bisa bersantai sambil membaca buku yang Anda bawa sendiri atau buku dan majalah yang disediakan di rak baca/book corner di sini. Atau Anda juga bisa pergi ke PC Room (PC bang) di mana Anda bisa menggunakan komputer dan internet, atau ke ruang karaoke (noraebang) jika ada. Fasilitas ini berbayar, jadi anda akan dikenakan biaya tambahan. Di rest area juga terkadang ada hotspot atau wi-fi gratis. Tanyakan ke resepsionis untuk memastikannya. 

Sleeping Room
Nah jika Anda sudah mengantuk atau ingin menginap, ada sleeping room di mana Anda bisa tidur dengan tenang. Area ini memang diperuntukkan khusus untuk tidur dan terpisah antara laki-laki dan perempuan. Di ruangan ini disediakan banyak tempat tidur bertingkat dengan pembatas rendah dan jarak antar masing-masing tempat tidur. Tidur di jjimjilbang tak hanya memberi pengalaman yang menarik tetapi juga menyehatkan karena di ruangan tidurnya juga diberi treatment-treatment khusus. Pokoknya jika Anda menginap di sini, Anda bisa dapat harga murah, tetapi fasilitas banyak bak hotel mewah :D

Maka tak heran kalau tempat sauna Korea juga sering menjadi tempat menginap para pekerja yang rumahnya di luar kota. Menjelang weekend, mereka pergi ke jjimjilbang untuk refreshing dan menginap sehingga keesokan harinya badan lebih segar dan siap melakukan perjalanan menuju rumah dan keluarga tercinta :). Anda juga bisa meniru strategi mereka sebelum meninggalkan Korea dan pulang menuju tanah air ;)

9 comments: Leave Your Comments

  1. Jjimjilbang to namanya :D
    nice inpo gan

    ReplyDelete
  2. @Umi Nur Ida, iya gan :D. Silahkan dishare kalo gitu, kali aja banyak yang belum tahu :). Makasih ya gan ya sudah mampir....

    ReplyDelete
  3. Anonymous01 July, 2014

    sauna selengkap ini entry fee nya berapa? biar tahu standar murahnya hehehe... apa sudah termasuk dengan biaya menginap? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Anonymous, thanks ya sudah mampir :). Biaya masuk ke jjimjilbang Korea utk dewasa berkisar antara 10-11 ribu won. Jika masuk di atas jam 8 malam, biayanya lebih mahal 2000-3000 won. Menginap atau nggak, biayanya segitu, jadi menginap sudah termasuk atau tidak dikenakan biaya tambahan. Sementara untuk pakai ruang komputer, karaoke, dan fasilitas ekstra lainnya ada biayanya sendiri, terpisah. Semoga membantu ya... jangan ragu mampir lagi kalau masih ada yg kurang jelas :)

      Delete
  4. aku mau tanya, jijilbang tempatnya dimana aja yang murah?? misalnya nginep 4 hari gtu. gimana donk....

    ReplyDelete
  5. lucuk ala ya cara memakai handuk ala sauna di jepang..
    dan untuk kaos kaki wanita dewasa alak korea seperti ya.. mohon bagi infonya ya

    ReplyDelete
  6. 4 bulan yang lalu gw merasakan jjimjilbang pertama kali nya, awal nya sih grogi banget datang ke ruang mandi nya dalam keadaan naked, tapi lama2 jadi biasa hahaha... pokok nya hrus di coba dah, biar berasa budaya korea nya :)

    ReplyDelete
  7. jjimjilbang apa yang paling terkenal di seoul ?

    ReplyDelete