Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Paris Pass vs Paris City Passport vs Museum Pass vs Visit Card. Apa Bedanya?

0
Paris Pass vs Museum Pass Paris City Passport difference

Apa bedanya Paris Pass, Paris City Passport, Paris Museum Pass, dan Paris Visit Card/Metro Pass? Zzzz... baru denger judulnya saja sudah bikin rambut keriting. Hehe... Mungkin inilah efek pertama yang dirasakan oleh para wisatawan begitu mendengar nama ini... membingungkan dan bikin pusing. Eh niatnya mau jalan-jalan hemat malah jadi pusing :p. Nah, daripada pusing-pusing sendiri, mending kita cari tahu yuk perbedaan dari 4 kartu ini, dan kartu mana yang sebaiknya kita pilih.

Di kota-kota besar di Eropa yang notabenenya memang tujuan wisata utama dunia, pariwisatanya memang dikelola dengan sangat baik dan industri pariwisatanya berkembang pesat. Tak hanya dari segi tempat wisatanya saja, tetapi juga berbagai fasilitas dan layanan untuk wisatawan.

Nah salah satu fasilitas dan layanan yang dikembangkan untuk pengunjung dan wisatawan, baik oleh pemerintah, perusahaan, maupun perorangan adalah adanya aneka ‘Pass’ atau bisa disebut ‘kartu bebas masuk’ ini. Tujuannya adalah untuk memudahkan para wisatawan untuk berkeliling kota yang bersangkutan. Dengan demikian mereka bisa mendapat pengalaman wisata semaksimal mungkin, di tempat asing, dan dalam waktu singkat (umumnya, singkat) yang mereka miliki. Intinya, save time, money,... and stress.

Nah sama bingungnya dengan tak ada pilihan, banyaknya pilihan juga terkadang malah lebih dilema :p *deh susah*. Hal ini juga berlaku dengan aneka Pass yang tersedia di Paris ini. Sekilas memang serupa dan bikin bingung mau pilih yang mana, tapi nanti begitu didekati dan dilihat lebih seksama, ketahuan kok mana yang pas di hati ;) *blushed* (loh?!). So, langsung saja... mari kita dekati satu per satu, dimulai yang paling nampak sederhana :)

Paris Visite travel card atau Paris Visit Card adalah kartu pass untuk bebas naik transportasi umum di Paris dan sekitarnya selama masa aktif kartu. Dengan menggunakan Paris Visit Card, anda bebas bolak-balik naik transportasi umum di Paris sepuasnya, selama kartu masih aktif. Moda transportasi ini meliputi Metro, RER (RATP dan SNCF), Transilien SNCF, Ile-de-France bus lines (RATP and OPTILE), Orlyval line (yang menghubungkan Orly Airport ke RER B), dan Montmartre funicular, tergantung zonanya. Karena meliputi metro dan bus, kartu pass ini juga sering disebut sebagai Paris Metro Pass, Bus Pass, atau Transport Pass.

Paris Visite Card sudah termasuk dalam paket Paris Pass dan Paris City Passport. Paris Visite Card juga memberikan diskon di sejumlah tempat wisata.

Jenis: Transport/Travel Pass
Harga: 
Zona 1 - 3 (Paris Center/Centro)
Dewasa, 1 hari: 10.85 € 
Dewasa, 2 hari: 17.65 € 
Dewasa, 3 hari: 24.10 € 
Dewasa, 5 hari: 34.70 € 

Zona 1 -5 (Paris Banlieu/Suburb - termasuk Charles de Gaulle (CDG) dan Orly Airport, Istana Versailles, Disney Land Paris)
Dewasa, 1 hari: 22.85 € 
Dewasa, 2 hari: 34.70 € 
Dewasa, 3 hari: 48.65 € 
Dewasa, 5 hari: 59.50 € 
Masih kurang jelas? Silahkan baca selengkapnya tentang Paris Visite Card di sini. Kalau sudah jelas, bisa langsung capcus order dari website RATP (www.ratp.fr/en/) atau langsung booking online di website Paris Convention and Visitors Bureau (en.parisinfo.com). 

Paris Museum Pass
Paris Museum Pass adalah satu paket kartu bebas akses untuk masuk gratis ke lebih dari 60 museum, monumen, dan bangunan bersejarah di Paris dan sekitarnya, tanpa perlu antri (fast track entry).

Paris Museum Pass sudah termasuk dalam paket Paris Pass dan Paris City Passport.

Jenis: Museum Pass 
Harga: 
Dewasa, 2 hari: 42 € 
Dewasa, 4 hari: 56 € 
Dewasa, 6 hari: 69 € 
Masa Aktif: 2, 4, dan 6 hari termasuk hari pertama aktivasi/validasi/pemakaian 
Masa Berlaku: Saat ini sampai akhir 2014

Masih kurang jelas? Silahkan baca selengkapnya tentang Paris Museum Pass di sini. Kalau sudah jelas, bisa langsung capcus ke website Paris Museum Pass (en.parismuseumpass.com) untuk order, atau langsung booking online di website Paris Convention and Visitors Bureau (en.parisinfo.com). 

Meskipun anda sudah punya passport, anda bisa pertimbangkan untuk punya ‘passport’ yang ini juga. Seperti Paris Pass, Paris City Passport juga merupakan kartu andalan untuk bebas jalan-jalan di Paris. Gratis masuk ke lebih dari 60 museum, monumen, dan bangunan bersejarah di Paris, tanpa perlu antri (fast track entry), gratis naik transportasi umum di Paris, dan gratis naik 2 tur wajib di Paris, yaitu Hop-on Hop-off Bus Tour dan Sightseeing River Cruise.

Jenis: Sightseeing Pass/City Pass
Meliputi: Paris Museum Pass, Paris Visite Card (zona 1-3), Hop-on Hop-off Bus Tour (kecuali yang 2 hari), Wisata Pesiar/Sightseeing River Cruise (Bateaux Mouches)
Harga:
Dewasa, 2 hari: 72 € - Hop-on Hop-off bus tidak termasuk
Dewasa, 3 hari: 105 € - Museum Pass-nya hanya bisa dipakai 2 hari, Hop-on Hop-off 1 hari
Dewasa, 5 hari: 130 € - Museum Pass-nya hanya bisa dipakai 4 hari, Hop-on Hop-off 1 hari
Masa Aktif: Secara garis besar 2, 3, dan 5 hari termasuk hari pertama aktivasi/validasi/pemakaian
Masa Berlaku: Ada deadlinenya, saat ini sampai akhir 2014

Masih kurang jelas? Silahkan baca selengkapnya tentang Paris City Passport di sini. Kalau sudah jelas, bisa langsung capcus ke website Paris Convention and Visitors Bureau (en.parisinfo.com) untuk booking online Paris City Passport anda.

Dari semua kartu pass, Paris Pass-lah yang paling terkenal dan yang cakupannya paling luas. Pass ini sudah meliputi Museum Pass, Attraction Pass, Paris Visite Card, Paris Hop-on Hop-off Bus Tour, dan Wisata Pesiar (Sightseeing River Cruise). Dengan membeli kartu ini kita bisa masuk gratis dan bebas antri ke lebih dari 60 tempat wisata terkenal di Paris dan sekitarnya, yang termasuk monumen, bangunan berejarah, museum, dan galeri seni; serta Tour, perahu pesiar sungai Seine, Paris hop-on hop-off bus tour, dan Montmartre mini train (lihat daftar lengkapnya di sini). Plus dapat buku panduan wisata Paris gratis juga.

Dan karena sudah termasuk Paris Visite Card, kita juga gratis bolak-balik naik moda transportasi umum di Paris seperti Paris metro, kereta RER, SNCF, dan kereta kabel Montmartre, selama masa berlaku kartu ini. Kartu Paris Pass juga memungkinkan kita dapat gratisan atau diskon di restauran atau tempat belanja partner Paris Pass, seperti Hard Rock Cafe, Printemps Haussman, dan Galeries Lafayette.

Jenis: Sightseeing Pass/City Pass
Meliputi: Paris Museum Pass, Paris Attraction Pass, Paris Visite Card (zona 1 - 3), Hop-on Hop-off Bus Tour, Wisata Pesiar/Sightseeing Cruise (Bateaux Parisiens)
Harga (sering ada diskon lho):
Dewasa, 2 hari: 117 €
Dewasa, 4 hari: 173 € 
Dewasa, 6 hari: 210 €
Masa Aktif: 2, 4, dan 6 hari termasuk hari pertama aktivasi/validasi/pemakaian
Masa Berlaku: 1 tahun sejak pembelian

Masih kurang jelas? Silahkan baca selengkapnya tentang Paris Pass di sini. Kalau sudah jelas, bisa langsung capcus ke website Paris Pass untuk order kartu pass Anda.

Kesimpulan:
Jadi, dari ke-4 Pass ini, hanya 2 yang bisa disejajarkan untuk dibandingkan karena sama jenisnya, yaittu: Paris Pass dan Paris City Passport.

Paris Pass Vs Paris City Passport
1. Dua-duanya termasuk Paris Museum PassParis Visite CardHop-on Hop-off Bus Tour, dan Sighseeing Cruise. Tapi Paris Pass masih ada tambahan Attractions Pass, sehingga cakupan wisatanya lebih banyak daripada Paris City PassportParis Pass juga menawarkan diskon di sejumlah restauran, toko, dan tempat belanja, dan memberikan buku panduan gratis.

Yang termasuk dalam Paris Pass tetapi tidak termasuk dalam Paris City Passport:
Montparnasse Tower
- Musee Grevin (Grevin Wax Museum)
- Paris Opera House (Opera/Palais Garnier)
- Dali Museum - Montmartre
- Montmartre Mini Train
- Paris Story Interactive Museum (Paris Story, Miniature Paris, Paris Experience)
- Ô Château Wine Tasting Experience
- Spesial offer di sejumlah restauran, toko, dan pusat perbelanjaan

2. Perbedaan juga terletak pada penyedia layanan perahu pesiar Sightseeing Cruise yang digunakan. Paris Pass menggunakan perahu pesiar Bateaux Parisiens, sementara Paris City Passport menggunakan Bateaux Mouches. Untuk Hop-on Hop-off Busnya, sama yaitu pakai Paris Big Bus Tour (Les Cars Rouges).
3. Paris Pass lebih fleksibel daripada Paris City Passport, dalam hal pemakaian Pass sesuai jumlah harinya. Jadi andapun lebih mudah untuk memanfaatkan Paris Pass daripada Paris City Passport.
4. Harganya juga sudah pasti berbeda. Paris City Passport lebih murah dari Paris Pass, dengan cakupan lebih sedikit atraksi wisata dan fleksibilitas kurang dari Paris Pass.

Jadi, mana yang sebaiknya anda pilih? Mana yang terbaik? Jawabannya: tergantung (sorry kalau jawabannya klise, tapi memang begitu). Tergantung pada kebutuhan anda dan gaya jalan-jalan anda di Paris. Umumnya Pass lebih menghemat pengeluaran anda, dibanding jika anda membeli tiket tempat wisata satu-satu, khususnya kalau yang mau anda kunjungi banyak. 

Semakin banyak yang anda kunjungi, berarti semakin efektiflah Pass yang anda beli. Yang berarti anda semakin menghemat. Namun demikian, janganlah seperti orang dikejar-kejar waktu. Tetaplah nikmati jalan-jalan anda, stay present, and take time to stop and smell the roses :D. Kebanyakan wisatawan memilih Paris Pass karena lebih banyak yang ditawarkan, sehingga pengalaman jalan-jalan mereka lengkap dan maksimal. Kalau anda? Hanya anda yang bisa menentukan. Silahkan baca link masing-masing Pass untuk info lebih detail. Semoga infonya membantu, and.... Good luck!

Oh by the way, semua Pass di Paris baik Paris Museum Pass, Paris City Passport, maupun Paris Pass, tidak termasuk tiket naik ke Menara Eiffel. Jadi anda harus tetap menganggarkan budget untuk itu kalau mau naik ke atas sana :)

Artikel Terkait:
Lihat Daftar Tour dan City Pass Lainnya

0 comments:

Post a Comment