Explorer Guidebook

Dam Square, Amsterdam

1
Dam Square Royal Palace of Amsterdam

De Dam atau Dam Square adalah alun-alun kota yang berada di pusat kota Amsterdam, Belanda. Alun-alun ini merupakan jantung kota Amsterdam dan menjadi pusat keramaian di kota ini. 

Dam Square menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal dan paling ramai di Amsterdam karena selain letaknya yang strategis, alun-alun ini juga dikelilingi oleh beberapa bangunan terkenal dan sering menjadi tempat berbagai event. Empat bangunan terkenal yang ada di Dam Square adalah Koninklijk Paleis Amsterdam (Royal Palace of Amsterdam), Nieuwe Kerk (New Church), museum lilin Madame Tussaud, dan pilar putih National Monument

Dam Square Royal Palace of Amsterdam

Saat ini Royal Palace of Amsterdam atau Koninklijk Paleis sudah tidak lagi ditinggali oleh keluarga kerajaan Belanda, tetapi masih sering menjadi tempat acara-acara resmi seperti penerimaan kunjungan negara. Istana yang dibangun pada tahun 1665 ini dibuka untuk umum jika sedang tak ada acara. 

Nieuwe Kerk Amsterdam

Sementara Nieuwe Kerk yang ada disamping depan Royal Palace, merupakan gereja tertua kedua di Amsterdam setelah Oude Kerk (Old Church). Saat ini gereja kuno ini biasa dijadikan tempat pameran, serta menjadi tempat berlangsungnya upacara pelantikan raja/ratu Belanda serta tempat royal wedding seperti Westminster Abbey di London. Pengunjung bisa masuk ke gereja ini dan mengagumi keindahan interiornya serta pameran di dalamnya.

National Monument
National Monument adalah monumen berbentuk pilar berwarna putih yang ada di tengah Dam Square Amsterdam. Monumen ini diresmikan pada tanggal 4 Mey 1956 dan didirikan sebagai monumen peringatan untuk mengenang mereka yang gugur selama Perang Dunia II. Setiap tahunnya setiap tanggal 4 Mei, digelar upacara peringatan di depan monumen ini yang dihadiri oleh banyak pejabat terkemuka, termasuk perwakilan dari keluarga kerajaan Belanda.

Selain bangunan-bangunan terkenal tersebut, Dam Square dan area sekelilingnya juga menjadi salah satu pusat perdagangan dan kawasan belanja di Amsterdam dengan adanya jajaran cafe, toko, serta restauran, dan juga sejumlah tempat terkenal seperti tempat atau pabrik pengasahan berlian (Amsterdam Diamond Center), department store mewah Maison de Bonneterie dan De BijenkorfMagna Plaza shopping center, dan toko sigaret eksklusif Hajenius.

dam square Magna Plaza shopping center Amsterdam
Magna Plaza
museum madame tussaud amsterdam dam square
Museum Madame Tussaud, Amsterdam
Selain itu, sejak dulu hingga sekarang, Dam Square juga merupakan salah satu pusat ngumpul-numpul dan nongkrongnya warga lokal Amsterdam dan juga pengunjung. Selain sering menjadi tempat event, pertunjukan dari para seniman dan penampil jalanan juga menjadi pemandangan umum di Dam Square. Seperti banyak alun-alun di Eropa, di Dam Square juga ada banyak burung merpati yang semakin turut meramaikan alun-alun populer ini. So, mampir ke sini ya, kalau ke Amsterdam!

de Dam Square royal palace amsterdam
Dam Square: tampak Royal Palace dan Nieuwe Kerk
Tram: Line 1, 2, 4, 5, 9, 14, 16, 24 atau 25 (Dam stop)
Jalan kaki: 5 menit dari Centraal Station

Royal Palace of Amsterdam
Jam buka Royal Palace of Amsterdam:
Senin, Selasa – Sabtu, pkl 11.00-17.00
Harga tiket Royal Palace of Amsterdam: 
Dewasa: €10
Remaja dan anak-anak (0-17 tahun): Gratis
Official website: www.paleisamsterdam.nl

Nieuwe Kerk
Jam buka Nieuwe Kerk: Senin-Sabtu, pkl 10-18.00 (Kamis tutup pkl 22.00)
Harga tiket Nieuwe Kerk: 
Dewasa: €10
6-15 tahun: €7.50
0-5 tahun: Gratis
Official website: www.nieuwekerk.nl

1 comment: Leave Your Comments

  1. kak kalo dapat undangan dr temen buat dateng ke belanda apa aja yg di urus?
    makasih

    ReplyDelete