Pages

Kincir Angin De Gooyer Windmill di Amsterdam, Belanda

1
De gooyer windmill Brouwerij 't IJ amsterdam
Photo by Aloxe

Molen De Gooyer atau De Gooyer Windmill adalah satu dari 8 kincir angin kuno yang masih tersisa di pusat kota Amsterdam. Kincir ini terletak di antara Funenkade dan Zeeburgerstraat, karena itu dikenal juga dengan nama Funenmolen.

De Gooyer Windmill menjadi yang paling terkenal di antara 7 kincir angin di Amsterdam lainnya karena lokasinya yang paling dekat dengan kawasan bersejarah kota Amsterdam dan juga paling mudah dicapai oleh wisatawan karena tak jauh dari Maritime Museum, yang juga merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Amsterdam. Selain itu De Gooyer Windmill juga merupakan kincir angin kayu paling tinggi di Belanda. 

De Gooyer Windmill sebenarnya dibangun pada tahun 1725, dan baru dipindahkan ke lokasinya yang sekarang pada tahun 1814. Dulu kincir angin ini berfungsi sebagai tempat penggilingan tepung dan jagung, dan terakhir beroperasi pada awal abad 20.

Saat ini De Gooyer Windmill telah ditetapkan sebagai salah satu monumen nasional Belanda, dan merupakan milik pemerintah kota Amsterdam. Sayangnya, bangunan kincir ini tidak bisa diakses oleh pengunjung, karena itu kita hanya bisa menikmati kincir ini dari luar. 

De gooyer windmill Brouwerij 't IJ amsterdam
Bagian dalam testing bar
Meskipun demikian, kincir angin De Gooyer tetap menjadi salah satu tujuan wisata popular di Amsterdam. Apalagi kincir ini juga berdiri berdampingan dengan tempat pembuatan bir (brewery) yang cukup terkenal yaitu Brouwerij 't IJ. Brewery ini menempati bekas bangunan pemandian umum buatan tahun 1911, dan di sini anda bisa menikmati bir segar langsung dari tempat pembuatannya (seperti wine testing yang populer di Perancis atau Italia). 

Anda juga bisa mengikuti tur melihat proses pembuatan bir-nya sendiri. Selain bir, testing bar Brouwerij 't IJ juga menawarkan aneka makanan kecil sebagai teman minum. Bagi yang tidak minum bir, tersedia juga wine, dan jus buah-buahan seperti aple dan pir. Tersedia tempat duduk di luar saat cuaca sedang bagus, khususnya pada musim panas.

De gooyer windmill Brouwerij 't IJ amsterdam
Brouwerij 't IJ ramai pengunjung hingga ke depan De Gooyer Windmill
Selain dekat Brouwerij 't IJ, De Gooyer Windmill juga memiliki letak yang strategis yaitu di tepi kanal Nieuwe Vaart sehingga terlihat jelas oleh pengunjung yang sedang menyusuri kanal Nieuwe Vaart di atas perahu.

Alamat De Gooyer Windmill: Funenkade 5, 1018 AL Amsterdam
Alamat Brouwerij 't IJ: Funenkade 7, Amsterdam
Transportasi ke De Gooyer Windmill dan Brouwerij 't IJ:
Dari Centraal Station: Naik bus line/jalur/nomor 22 (Indische buurt), turun di Oostenburgergracht stop.
Dari city center: Naik tram line 10 (turun di Hoogte Kadijk stop) atau tram line 14 (turun di Pontanusstraat stop)
Naik sepeda atau perahu.
Jam buka Brouwerij 't IJ: Setiap hari termasuk hari libur, pkl 14.00-20.00. 
Tur ada setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, pkl 15.30 (tur dalam bahasa Inggris) dan pkl 16.00 (bahasa Belanda). Tur berlangsung selama 30 menit. Harga tiket: € 4,50 (sudah termasuk segelas bir)

Artikel Terkait:

1 comment: Leave Your Comments

  1. Hello.. Aku mau tanya dong. Aku ada rencana mau ke belanda. Kebetulan disana ada teman om ku yang bilang kesini (belanda) bulan november saja. Kira2 kalau beli tiket di travel fair gitu udah termurah blm ya? Atau ada link yang biasa memberikan harga tiket murah ke ams.. Kalau sy lihat di web nusatrip.com sudah cukup murah 11,6jt atau mungkin teman2 ada yg punya link lain harga termurah? Mohon bantuan nya ya.. Terima kasih banyak :)

    ReplyDelete