Rijksmuseum: Museum Paling Terkenal di Amsterdam

0

Rijksmuseum adalah museum nasional Belanda yang terletak di bagian timur laut Museum Square di Amsterdam, Belanda. Museum ini didedikasikan untuk seni dan sejarah, dan memiliki koleksi hingga 1 juta obyek, di mana hanya sebagain (8000 obyek) yang dipajang saat ini. Rijksmuseum sendiri menempati sebuah bangunan indah yang dirancang oleh Pierre Cuypers (yang juga merancang Amsterdam Centraal Station, pantas mirip bangunannya), dan pertama kali dibuka pada tahun 1885.

Rijksmuseum merupakan museum paling terkenal dan paling banyak dikunjungi di Belanda, dengan kunjungan diperkirakan mencapai 2,2 juta orang pada tahun 2013. Selain melihat koleksinya sendiri, museum ini juga memiliki taman yang menyenangkan dan bangunan indah untuk dikagumi dan diabadikan. Tak ketinggalan, museum ini juga memiliki toko suvenir dan cafe serta fasilitas lain untuk membuat anda lebih betah berlama-lama di sana. Tertarik ke Rijksmuseum? 

Alamat Rijksmuseum: Museumstraat 1, 1071 XX Amsterdam, Netherlands

Dari Central Station: Naik tram line 2 atau 5 (Rijksmuseum tram stop)
Dari Zuid Station: Naik tram 5 (Rijksmuseum tram stop)
Dari Sloterdijk Station: Naik tram 12 (Museumplein tram stop)
Dari Amstel Station: tram 12 (Museumplein tram stop), atau metro ke Weesperplein, kemudian tram 7 atau 10 (Spiegelgracht tram stop)
Dari Marnixstraat regional bus station: tram 7 atau 10 (Spiegelgracht tram stop), atau bus 145, 170, 172, 174 dan 197 (Rijksmuseum bus stop)
Dari Schiphol Amsterdam Airport: bus 197 (Rijksmuseum bus stop)

Setap hari, sepanjang tahun: Pkl 09.00 – 17.00 (loket tiket tutup pkl 16.30).
Antrian bisa panjang pada jam-jam sibuk, yaitu antara pkl 11.00-15.00 setiap hari Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur. 

Rijkmuseum I amsterdam letters
Tulisan I amsterdam di depan Rijksmuseum

Dewasa (19 tahun dan +): € 15
Anak-anak dan remaja (-18 tahun): Gratis
Anda juga bisa masuk gratis jika sudah memiliki Museumkaart (Museum Card), dan tak perlu lagi antri lama-lama untuk membeli tiket.
Di mana beli tiket Rijksmuseum? Tiket bisa dibeli di counter tiket di Rijksmuseum atau beli online di websitenya. Atau beli saja Museumkaart atau I amsterdam City Card, dengan begitu anda bisa sekaligus masuk gratis ke banyak museum di Amsterdam.

Tempat wisata dekat Rijksmuseum: I amsterdam Letters, Van Gogh Museum, Stedelijk Museum, Diamond Museum, dan Royal Concertgebouw (Royal Concert Hall) yang semuanya ada di Museum Square.

0 comments:

Post a Comment