Meriahnya Karnaval Topeng di Venice, Italia

0
Karnaval Topeng di Venesia Carnival of Venice

Selain kanal dan gondola, Venice atau Venisia juga terkenal dengan karnaval topengnya yang sudah mendunia dan selalu menarik jutaan pengunjung tiap tahunnya. Mau tahu info selengkapnya?

Carnival of Venice atau Carnevale di Venezia adalah festival topeng dan kostum yang diadakan tiap tahun sekali di Venice, dan asal muasalnya sudah ada sejak abad pertengahan. Karnaval Venice dimulai 2 Jumat sebelum hari Ash Wednesday dan berlangsung hingga Fat Tuesday. Oleh karena itu tanggal pastinya berubah-ubah setiap tahun, tetapi selalu jatuh pada bulan Februari dan/atau Maret, dan berakhir bersamaan dengan berakhirnya hari Lent (sebelum Paskah) yang dirayakan oleh umat Kristiani.

Carnival of Venice

Pada hari-hari karnaval ini, jalanan kota Venice akan dipenuhi oleh orang-orang yang mengenakan topeng aneka bentuk dan ekspresi, dan memakai kostum gaun dan jubah yang glamor. Karnaval ini menarik hingga 3 juta orang tiap tahun dan bebas diikuti oleh siapa saja yang memakai kostum yang sesuai. Carnival of Venice biasanya dimulai dengan prosesi arak-arakan keliling kota yang disebut La Festa delle Marie yang menandakan karnaval telah resmi dimulai. Hari berikutnya, masih akan ada arak-arakan masa bertopeng yang di mulai dari St. Mark’s Square ke jalanan kota Venice. 

Carnival of Venice karnaval festival topeng venice italia

Tak hanya arak-arakan saja, dalam acara karnaval topeng di Venice juga ada acara-acara lain seperti turnamen, pertunjukan musik dan teater di St. Mark’s Square, dan pesta dansa kostum tradisional yang disebut Gran Ballo delle Maschere (Grand Masked Ball). Pesta ini biasanya diadakan di salah satu bangunan istana di Venice yang ditentukan penyelenggara, dan boleh diikuti oleh siapa saja yang mengenakan topeng dan kostum yang memadai. Pada weekend terakhir juga digelar salah satu acara terpenting dalam festival ini yaitu kontes la maschera piĆ¹ bella (the most beautiful mask). Acara ini dinilai oleh sekelompok dewan juri yang terdiri dari para desainer kostum dan desainer fashion internasional. Pada akhir karnaval juga akan ada prosesi arak-arakan gondola dan perahu yang yang sudah didekorasi dengan cantik, menyusuri Grand Canal dan membuat semua orang terkesima, baik warga lokal maupun pengunjung. 

shopping belanja suvenir di Venice Italia

Bagaimana? Tertarik menyaksikan Carnival of Venice secara langsung atau bahkan ikut berpartisipasi? Jika ya, pastikan Anda booking transportasi dan akomodasi jauh-jauh hari, karena banyak sekali yang ingin datang ke Venice pas acara karnaval topeng yang sudah mendunia ini, sehingga kemungkinan besar hotel-hotel di Venice dan transportasi sudah full booked atau penuh menjelang karnaval di mulai. Bersiaplah untuk booking hotel beberapa bulan sebelumnya untuk mendapatkan deal terbaik. Oh ya, kalau Anda suka, topeng khas Venice juga bisa menjadi suvenir yang berkesan dan bermanfaat. Topeng ini bisa dibeli dengan harga murah di kios-kios suvenir atau cari yang lebih mahal buatan pengrajin :)


Artikel Terkait:


0 comments:

Post a Comment