2 Bandara Internasional Paling Terkenal di Paris, Prancis

0
Bandara Internasional Paling Terkenal di Paris Prancis Charless De Gaulle Airport

Traveling ke Paris tidak akan terlepas dari 2 bandara internasional di Paris ini, terutama jika Anda terbang langsung dari Indonesia. Nah sebelum Anda tiba, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu informasi tentang bandara kedatangan Anda di Paris agar navigasi Anda lebih lancar dan menyenangkan :). Nah, berikut kami sajikan info tentang dua bandara paling terkenal di Paris yang perlu Anda ketahui. Check it out!

1. Paris Charles de Gaulle Airport (CDG) 
Paris Charles de Gaulle Airport atau sering juga disebut Roissy Airport adalah bandara paling terkenal dan terbesar di Prancis, dan terbesar kedua di Eropa. Bandara ini berperan sebagai bandara internasional utama yang melayani penerbangan ke berbagai negara, menjadi tempat kantor pusat Air France, dan juga penerbangan murah seperti EasyJet. Meskipun posisinya sebagai bandara kota Paris, bandara ini sebenarnya tidak tepat berada di kota Paris melainkan terletak sejauh 26 km sebelah timur laut kota Paris, Prancis.

Bandara Charles de Gaulle pertama kali dibangun pada tahun 1966 dan dibuka pada tahun 1974 setelah namanya berganti dari Aéroport de Paris Nord (Paris North Airport) menjadi Charles de Gaulle Airport. Nama barunya ini berasal dari nama pendiri republik ke-5 Perancis yang juga merupakan presiden Prancis dari tahun 1959-1969. 

Pada tahun 2017, bandara ini melayani 69 juta lebih penumpang dan dan 475 ribu penerbangan yang menjadikannya bandara paling sibuk ke-10 di dunia dan ke-2 di Eropa (setelah Bandara Heathrow London). 

Bandara Charles de Gaulle mencakup area seluas 32,38 km2 yang termasuk ke dalam 3 wilayah yaitu Seine-et-Marne, Seine-Saint-Denis, dan Val-d'Oise. Terminalnya sendiri terbagi menjadi 3, yaitu terminal 1, 2, dan 3. 

* Terminal 1
Terminal 1 merupakan terminal tertua, didesain menyerupai bentuk gurita. Terminal ini menjadi tempat fungsi-fungsi utama bandara seperti counter check in dan tempat pengambilan bagasi. 7 bangunan satelit (kecil) yang mengelilingi bangunan pusat memiliki boarding gate dan masing-masing terhubung dengan bangunan pusat melalui jalan bawah tanah. 

Bandara Internasional Paling Terkenal di Paris Prancis Charless De Gaulle Airport
Terminal 1, dengan 7 bangunan 'satelit' mengelilinginya
Bangunan utama/pusat terdiri dari 9 lantai: 
Lantai 1: diperuntukan untuk kepentingan teknis operasional bandara dan tidak untuk akses publik. 
Lantai 2: menjadi tempat toko dan restauran, counter check in, dan juga tempat kereta shuttle (CDGVAL) untuk ke terminal 2 dan juga ke pusat kota Paris. 
Lantai 3: sebagian besar counter check in berada di lantai ini. Dan dari lantai ini juga penumpang bisa mengakses ke tempat tunggu taksi, bus, dan kendaraan jemput khusus. 
Lantai 4: penumpang yang memegang boarding pass bisa mengakses lantai ini yang berisi toko-toko bebas pajak dan juga tempat border kontrol untuk boarding gate. 
Lantai 5: adalah tempat pengambilan bagasi untuk penumpang yang baru tiba. 
Lantai 6-9: diperuntukkan untuk tempat parkir dan juga kantor bandara. 

Hints: 
Jalan antara lantai 3, 4, dan 5 memiliki penutup melingkar bening seperti pipa besar dan sering dipakai untuk lokasi syuting film. 

* Terminal 2
Terminal 2 terbagi menjadi 7 sub-terminal yaitu 2A-2G. Subterminal 2A-2F dihubungkan dengan jalan inter-terminal, namun untuk 2G yang merupakan bangunan cabang terpisah (sejauh 800 m) terhubung melalui shuttle bus dari terminal 1, 2A-2F, dan 3. Terminal 2G didedikasikan untuk penerbangan lokal dengan pesawat Air France, pesawat dengan kapasitas kecil, dan untuk penerbangan antar wilayah Eropa (Schengen area) sehingga tidak ada kontrol paspor.

Bandara Internasional Paling Terkenal di Paris Prancis Charless De Gaulle Airport

Stasiun kereta shuttle antar terminal bandara CDG (CDGVAL), kereta RER, kereta TGV, dan stasiun Charles de Gaulle 2 TGV semuanya berada di kompleks terminal 2, yaitu antara terminal 2C-2E (di satu sisinya) atau antara terminal 2D-2F (di sisi seberangnya). 

* Terminal 3 
Terminal 3 terletak sejauh 1 km dari Terminal 1. Terminal 3 terdiri dari satu bangunan yang difungsikan untuk kedatangan dan keberangkatan. Jarak untuk perjalanan kaki dari terminal 3 ke terminal 1 adalah sejauh 3 km, namun penumpang bisa naik kereta RER CDG Airport Terminal 1 dan kereta yang stasiunnya hanya berjarak 300 m. Terminal 3 tidak memiliki boarding gate, sehingga penumpang dari terminal ini dibawa dengan bus menuju ke tempat pesawat. 

Roissypôle 
Selain bangunan terminal, bandara Charles de Gaulle juga memiliki satu area yang disebut Roissypôle yang merupakan sebuah kompleks di dalam area bandara Charles de Gaulle yang terdiri dari bangunan kantor, tempat belanja, hotel, stasiun bus dan stasiun kereta RER B. 

- CDGVAL 
Adalah sistem kereta shuttle otomatis gratis yang menghubungkan penumpang antara terminal 1/3 dan terminal 2. Dibagi menjadi 2 jalur yaitu CDGVAL dan LISA. 
Lama perjalanan 8 menit. 
- RER B 
Bandara Charles de Gaulle terhubung dengan pusat kota Paris melalui kereta RER B dari terminal 1, 2, dan 3. Express RER B non-stop express sampai stasiun Gare du Nord. Lama perjalanan 30-35 menit. Anda bisa menemukan kereta RER di: 
Aéroport Charles de Gaulle 1 station: terletak di Roissypole dekat Terminal 3. 
Aéroport Charles de Gaulle 2 TGV station:terletak di tengah Terminal 2C dan 2E (atau antara 2C dan 2F). 
- TGV 
Stasiun TGV bisa ditemukan di Terminal 2. Kereta ini melayani perjalanan langsung ke sejumlah kota di Perancis seperti Lille, Strasbourg, Dijon, Lyon, Marseille, Montpellier, Toulouse, Bordeaux, Nantes, Poitiers, Rennes, Toulon, as well as services t, dan juga ke kota Brussel Belgia.

* Bus 
- Roissybus, berangkat dari terminal 1 dan 2, dan perjalanan non stop sampai ke Palais Garnier. 
- Bus "Le Bus Direct" memiliki beberapa jalur/line ke Paris. Line 2 ke Place de l'Étoile, Porte Maillot Trocadéro, dan Menara Eiffel, line 3 ke Bandara Paris Orly, line 4 ke stasiun Gare Montparnasse dan Gare de Lyon railway stations.[63] 
- Bus RATP 350 dan 351 berangkat dari stasiun bus di Roissypole (dekat stasiun RER Terminal 1). 
- Bus "Magical Shuttle" berangkat dari semua terminal ke Disneyland Paris. 
- Bus malam Noctilien (Night Lines) N143 dan N140 beroperasi setelah jam 23.50 dan berangkat dari Terminal 1 pintu D12, Terminal 2 pintu 2, dan stasiun bus Roissypôle. Kedua jalur bus ini menuju stasiun Gare de l'Est Paris (N143 tiap 30 menit sekali, N140 tiap 1 jam).

* Bus jarak jauh (antar kota) 
OUIBUS melayani rute dari bandara Charles de Gaulle melalui terminal 3, station CDG 1 menuju London, Lyon, Lille, dan Brussel. 

2. Paris Orly Airport (Aéroport de Paris-Orly, ORY) 

Paris Orly Airport adalah bandara internasional di Paris yang terletak di Orly dan Villeneuve-le-Roi, 13 km selatan Paris, Prancis. Bandara ini bertindak sebagai bandara kedua Paris yang melayani rute penerbangan domestik dan juga internasional ke Eropa, Timur Tengah, Afrika, Pulau Karibia, Amerika Utara, dan Asia Tenggara. 

Paris Orly Airport pertama kali dibuka pada tahun 1932, dan merupakan satu-satunya bandara utama kota Paris sebelum dibangunnya bandara Charles de Gaulle. Meskipun saat ini sebagian lalu lintas sudah dialihkan ke bandara CDG, Bandara Orly tetap menjadi bandara Prancis tersibuk untuk penerbangan lokal. 

Bandara ini mencakup area seluas 15,3 km2 dan menempati lahan yang masuk ke dalam wilayah Essonne dan Val-de-Marne.

Bandara Orly memiliki 2 bangunan terminal yaitu Terminal Sud (South Terminal atau Terminal Selatan) and Terminal Ouest (West Terminal atau Terminal Barat). 

* Terminal Sud (Terminal Selatan)
Bangunan terminal selatan dengan fitur baja dan kaca ini terdiri dari 6 lantai. Lantai basemen (lantai -1) serta lantai 2, 3, dan 4 menjadi tempat fasilitas layanan bandara, restauran, dan juga kantor. Lantai 0 menjadi tempat fasilitas kedatangan dan juga toko-toko serta counter layanan. Sementara lantai 1 merupakan tempat gate keberangkatan. 

* Terminal Ouest (Terminal Barat)
Terminal Barat terdiri dari 2 lantai dan area gate. Lantai dasar (lantai 0) menjadi tempat fasilitas kedatangan seperti tenpat pengambilan bagasi, beberapa fasilitas layanan bandara, dan toko-toko. Area keberangkatan ada di lantai 1 dengan lebih banyak toko dan restauran. Area keberangkatan pusat ini terhubung ke 4 gate yang disebut Hall 1-4 yang terdiri dari 10A-10P, 20A-20L, 31A-31F, dan 40A-40G. 

* Kereta 
- Orlyval adalah layanan kereta shuttle gratis yang menghubungkan terminal selatan dan barat bandara Orly Paris. 
- RER B. Dari bandara Orly, penumpang bisa mengakses kereta RER B di stasiun Antony dengan menggunakan kereta shuttle Orlyval. Tiket dari Orly-Antony: €9.30. 
* Bus 
- Bus RATP. Tersedia 2 jenis bus: Orlybus menuju ke Denfert-Rochereau, dan Bus 183 menuju ke Porte de Choisy. 
- Bus "Le Bus Direct". Ada 2 jalur: Line 1 ke place Charles de Gaulle melalui stasiun Gare Montparnasse. Line 3 ke bandara Charles de Gaulle. 
- Bus VEA: bus shuttle langsung ke Disneyland paris. 
- Bus malam Noctillen: 
N22 ke Place du Châtelet di Paris dan stasiun gare de Juvisy 
N31 ke stasiun Gare de Lyon Paris 
N131 ke stasiun Gare de Lyon Paris dan gare de Brétigny-sur-Orge 
N144 ke stasiun gare de Paris-Est dan gare de Corbeil-Essonnes

Demikian informasi tentang 2 bandara paling terkenal di Paris, Prancis. Semoga membantu perjalanan Explorer ke Paris ya! See you again next time ;)

Artikel terkait:
33 Fakta Negara Prancis yang Perlu Anda Ketahui
Ini Dia 16 Jalur Kereta Metro di Paris

0 comments:

Post a Comment