Salisbury Cathedral, Wiltshire, Inggris

0
Saisbury Cathedral Wiltshire Inggris

Salisbury Cathedral, yang mempunyai nama resmi Cathedral Church of the Blessed Virgin Mary, adalah sebuah katedral Anglikan yang terletak di Salisbury, Wiltshire, Inggris, sekitar 1,5 jam perjalanan dari London.


Tidak seperti bangunan-bangunan bersejarah lain di Inggris yang biasanya merupakan kombinasi lebih dari satu gaya arsitektur, Salisbury Cathedral hanya memiliki satu gaya arsitektur yang konsisten yaitu early English gothic. Bangunan ini dianggap sebagai contoh yang terdepan dari gaya arsitektur Inggris di abad permulaan. Salisbury Carhedral merupakan gereja induk dari keuskupan (diocese) Salisbury dan tempat kedudukan Bishop (uskup) of Salisbury.

Katedral Salisbury dibangun pada tahun 1220 dan membutuhkan 38 tahun untuk menyelesaikannya. Katedral ini memiliki sebuah menara setinggi 123 yang telah menyabet gelar sebagai puncak menara gereja tertinggi di Inggris sejak dibangun hingga saat ini, dan juga serambi (cloister) dan area gereja (cathedral close) terluas di Inggris, seluas 320 ribu m2.

Salisbury Cathedral Old ClockKatedral Salisbury juga memiliki jam modern tertua di dunia yang masih berfungsi, berasal dari tahun 1386. Meskipun disebut jam, jangan bayangkan jam ini seperti jam-jam modern yang kita miliki saat ini, dengan angka-angka dan jarum penunjuk jam. Karena memang pada zaman tersebut, jam memang tidak memiliki ‘wajah’, melainkan hanya mengingatkan waktu setiap jamnya dengan bunyi lonceng. Jam ini tadinya berada di menara lonceng yang terletak di sebelah barat-laut bangunan utama katedral, namun kemudian dipindah ke menara katedral setelah menara lonceng tersebut dirobohkan pada tahun 1790. 

Chapter House
Magna Carta at Chapter House Salisbury CathedralSalah satu bagian dari Salisbury Catedral adalah Chapter House. Chapter house merupakan tempat berkumpulnya para pengurus katedral, biasanya terdapat hampir di semua katedral. Chapter house Salisbury Cathedral terkenal dengan bentuknya yang oktagonal (seperti kebanyakan katedral), pilar bagian tengah yang ramping, dan dinding dengan hiasan dekoratif ala abad pertengahan. Hiasan di dinding, yang didekorasi ulang oleh William Burge pada tahun 1855-1859, menggambarkan cerita-cerita dari Book of Genesis and Exodus, diantaranya cerita Adam-Hawa, Nuh, dan Abraham. Di Chapter house Salisbury Cathedral juga dipajang salah satu dari empat salinan asli Magna Carta yang selamat (ke tiga lainya juga berada di Inggris).

Seperti di kebanyakan gereja katedral, di Salisbury Cathedral juga terdapat makam. Diantaranya adalah makam Sir Edward Heath, mantan anggota parlemen dan perdana menteri Inggris yang menghabiskan 20 tahun sisa hidupnya di area Salisbury Cathedral.

Cloister inside Salisbury CathedralSalisbury Chatedral merupakan gereja katedral sekaligus bangunan bersejarah. Karena itu tidak heran katedral ini dan area disekitarnya dikunjungi oleh lebih dari 500 ribu orang setiap tahunnya. Baik yang datang untuk tujuan beribadah, sebagai turis, atau menghadiri acara-acara lain yang di adakan di Salisbury Cathedral, seperti konser maupun pameran seni. Salisbury Cathedral juga terkenal sebagai tempat yang menjadi incaran para sutradara film sebagai setting lokasi karena arsitektur bangunan gereja dan area sekitarnya yang indah.

Salisbury Cathedral's naveCloister Salisbury CathedralPengunjung yang datang untuk berwisata ke Salisbury Cathedral bisa mengikuti Tower Tour dan melihat pemandangan indah dari atas puncak menara gereja tertinggi di Inggris ini. Kita juga bisa jalan-jalan sendiri dengan mengandalkan leaflet atau mengikuti salah satu pemandu sukarelawan untuk melihat interior katedral, cloister, chapter house, salinan bersejarah Magna Carta, dan jam tertua milik Salisbury Cathedral.

Setelah puas jalan-jalan, saatnya melepas lelah sambil menikmati aneka makanan dan minuman di Salibury Cathedral Restaurant. Setelah fresh kembali jangan buru-buru keluar. Mampir dulu ke Salisbury Cathedral Gift Shop untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman tersayang di rumah. Tersedia aneka suvenir, permen, perhiasan, pakaian, CD, buku, foto, dan kartu post yang bisa kamu beli sebagai kenang-kenangan kalau kamu pernah ke Salisbury Cathedral, salah satu gereja terindah di Inggris :). Bagi penggemar bangunan bersejarah dan arsitektur klasik, wajib menambahkan Katedral Salisbury ini ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi selama di Inggri biar perjalanan kamu terasa lengkap ;)

P.S. Kita bebas mengambil gambar (memotret atau merekam) di dalam katedral, kecuali di Chapter House atau saat sedang ada pelayanan gereja.

Alamat: Salisbury, Wiltshire, England
Jam Buka: Sepanjang tahun
Senin – Sabtu:
Katedral                               : 09.00 – 17.00
Chapter House *                  : 09.30 – 16.30
Restaurant & Shop       : 09.30 – 17.30
*Hari Sabtu – Minggu antara 1 November – 31 Maret, Chapter House buka mulai pkl 10.00 – 16.30
Minggu:
Katedral                       : 12.00 – 16.00
Chapter House             : 12.45 – 15.45
Restaurant                    : 10.00 – 17.00
Shop                            : 09.30 – 17.30
Note:
-         Chapter House, Restaurant, dan Shop tutup setiap hari Natal
-         Pemberitahuan penutupan lain karena acara-acara tertentu lihat di sini.
-         Sebenarnya katedralnya sendiri buka dari jam 7.15 - 18.15, tapi karena ada pelayanan harian, waktu kunjungan untuk turis disarankan seperti di atas.

Harga Tiket Masuk:
Salisbury Cathedral tidak memberlakukan tiket masuk ke katedral, hanya menetapkan ‘sumbangan sukarela yang disarankan’ (suggested voluntary donation) sbb:
Katedral:
Dewasa                                    : £6.50
Orang tua 60+                          : £5.50
Mahasiswa (show ID card)       : £5.50
Anak-anak (5 - 17 tahun)         : £3.00
Keluarga                                  : £15.00

Tower Tour (sudah termasuk sumbangan untuk masuk ke katedral):
Dewasa                                    : £10.00
Orang tua 60+                          : £8.00
Anak-anak (< 17 tahun)           : £8.00
Keluarga (2 dewasa, 3 anak-anak -17 tahun): £27.00

Note:
-         Sumbangan bisa diberikan langsung di counter pembayaran di pintu masuk katedral
-         Untuk info lanjut mengenai Tower Tour, booking atau paket untuk group, kunjungi Salisbury Cathedral Official Website.

Bagaimana Cara ke Sana?
Kereta (Rail). Stasiun terdekat: Salisbury Railway Station (10 menit jalan kaki)
Bus: Naik National Express Coach, turun di Salisbury Bus Station (10 menit jalan kaki)
Sepeda. Rak sepeda tersedia di pintu masuk area katedral dari High Street. Kita bisa booking sepeda di kereta atau menyewa langsung di dekat Salisbury Cathedral di Stonehenge Cycles (Telp. 01722 334915)
Mobil pribadi. Dari London, ambil rute M3 - A303 - A345 (1,5 – 2 jam perjalanan). Tempat parkir terdekat: Old George Mall atau Crane Street.
Untuk navigasi satelit gunakan kode pos: SP1 2EJ

Untuk informasi lebih up to date kunjungi situs resmi Salisbury Cathedral:

0 comments:

Post a Comment