Monumen Peringatan Korban Nazi di Paris, Perancis

0
monumen nazi Memorial of the Deportation Paris


Tepat di ujung timur pulau Île de la Cité, Paris, yang meruncing, yaitu menyeberang jalan dari Square Jean XXIII, terdapat Mémorial des Martyrs de la Déportation atau Memorial of the Deportation. Memorial of the Deportation adalah sebuah monumen peringatan di Île de la Cité yang dibangun untuk memperingati 200.000 orang warga negara Perancis yang tewas di camp-camp konsentrasi Nazi selama Perang Dunia ke-2. Monumen yang dibuka pada tahun 1962 ini memiliki ruang bawah tanah yang panjang dan sempit yang memang didesain agar menimbulkan kesan klaustrofobik dan bersifat evokatif atau menimbulkan perasaan yang sama seperti yang dialami oleh para pengungsi yang diasingkan.

Memorial of the Deportation Paris

Menuju ke bangunan Mémorial des Martyrs de la Déportation, kita akan melewati sebuah taman kecil yang sepertinya memang didesain agar terlihat cukup polos dan sederhana. Untuk masuk ke bagian monumen, kita harus menuruni tangga sempit yang akan membawa kita ke area monumen, yang meskipun terbuka bagian atasnya, namun dikelilingi oleh dinding yang tinggi sehingga yang akan kita lihat hanya dinding tembok dan langit. 

Memorial of the Deportation Paris

Selain tangga masuk ke area monumen, juga terdapat pintu masuk lain, yang lagi-lagi sempit, menuju ruangan monumen yang tertutup dan terkesan ‘dingin’. Di sini Anda bisa menemukan makam dari pengungsi yang tak dikenal, Tomb of the Unknown Deportee, dan juga sebuah koridor panjang dan sempit. Kedua sisi dinding koridor ini bertaburan 200.000 keping kristal kwarsa yang melambangkan setiap nyawa yang hilang dengan cahaya redup bersinar melaluinya. Sementara di ujung ruangan terdapat cahaya yang bersinar terang yang berasal dari obor yang tak pernah padam, ‘flame of eternal hope’. Di ujung lain, terdapat sebuah jambangan yang berisi abu dari camp konsentrasi.

Di bagian interior monumen ini, juga terdapat sejumlah tulisan dalam bahasa Perancis yang tampak seperti goresan, yang diukir di dinding untuk mengenang para korban. Beberapa diantaranya adalah (diterjemahkan dalam bahasa Inggris):
§  “Dedicated to the living memory of the 200,000 French deportees sleeping in the night and the fog, exterminated in the Nazi concentration camps.” Tulisan ini terdapat di dinding di atas Tomb of the Unknown Deportee.§“I have dreamt so very much of you,
I have walked so much,
Loved your shadow so much,
That nothing more is left to me of you.
All that remains to me is to be the shadow among shadows
To be a hundred times more of a shadow than the shadow
To be the shadow that will come and come again into your sunny life.”
Tulisan ini merupakan penggalan dari puisi yang berjudul ‘The Heart that Hated War’ yang ditulis oleh Robert Desnos, seorang penyair dan anggota kelompok Perlawanan Perancis (French Resistance) yang juga seorang penghuni camp konsentrasi Nazi.
§ “They descended into the mouth of the earth and they did not return.” Tulisan ini diukir di plakat berbentuk lingkaran yang berada di lantai.

Selain tulisan-tulisan, di salah satu dinding ruangan ini juga terdapat tanda-tanda berbentuk segitiga yang mengingatkan kita pada tanda pengenal yang dipaksa untuk dipakai oleh para tahanan di camp konsentrasi.

Keluar dari bagian dalam monumen melalui pintu sempit tempat Anda masuk tadi, Anda juga akan menemukan tulisan lain di dinding atasnya. Tulisan yang selalu ada di semua lokasi peringatan korban kekejaman Nazi: "Pardonne, n'oublie pas..." yang artinya "Forgive, but never forget" (Ew I like these words :p)
Monumen korban nazi di paris

Dari pintu keluar tepat di seberang Anda adalah sebuah pintu jeruji besi yang dilindungi oleh rangkaian besi-besi runcing. Pagar besi ini terletak tepat di ujung tanggul pulau Île de la Cité dan lewat sela-sela pagar besi ini kita bisa mengintip keluar ke arah sungai Seine. Jika Anda sudah keluar dari pulau Île de la Cité, perhatikan dinding tanggul sungai di ujung timur Île de la Cité (dekat Notre Dame Cathedral). Lubang pagar besi akan terihat dari luar, cukup rendah dari permukaan sungai. Dinding Memorial of the Deportation juga tampak menyatu dan mengikuti bentuk dinding tanggul pulau Île de la Cité.

Akses masuk Monumen of the Deportation: Gratis

0 comments:

Post a Comment