Explorer Guidebook

Cari di blog ini

12 Pulau Paling Indah di Yunani

8
Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani

Berikut saya rangkumkan 12 pulau paling indah dan terkenal di Yunani yang menjadi tujuan wisatawan dunia. Tempat-tempat ini merupakan tempat wisata terkenal di Yunani dan dunia, dan terkenal dengan bangunanannya yang berwarna putih dan gaya arsitekturnya yang unik. Jalan-jalan di tempat-tempat ini, Anda akan merasa seperti benar-benar di belahan dunia lain (kalau bukan di dunia lain), dengan pemandangan menakjubkan di depan mata Anda.

Bangunan-bangunan di sini memiliki gaya arsitektur yang unik, khas, dan terlihat padat dan bertumpuk-tumpuk. Warnanya juga putih cerah dan seragam, dan terkadang dengan aksen biru cerah menghiasi daun jendela, pintu, serta kubah gereja. Beberapa warna colourful juga terlihat di beberapa tempat, menjadikan 12 tempat wisata ini benar-benar cantik dan fotogenik.

Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani

Kebanyakan tempat-tempat ini juga memiliki jalan-jalan sempit berlantai batu yang khas dengan tanaman dan bunga-bunga berwarna cerah menghiasi kedua sisinya. Tak ketinggalan, restauran, kedai, dan toko-toko di sini juga memiliki aksen yang artistik dan menawarkan atmosfer khas yang dijamin akan memikat hati para pengunjung. 

Pokoknya setiap jengkal dari tempat-tempat ini menyajikan pemandangan yang menawan dan merupakan surga bagi fotografer, penyuka seni dan segala sesuatu yang indah, dan mungkin juga para arsitek dan home desainer. Termasuk kategori manapun Anda, kemungkinan Anda juga akan ternganga lebar saat datang ke tempat ini untuk pertama kalinya :D (Oh okay, Anda mungkin tak senorak saya :p). Di beberapa tempat ini Anda juga bisa melihat keledai yang masih digunakan sebagai alat transportasi untuk mengangkut barang! Wow, unik dan tradisional, yang jelas menjadi pemandangan menarik tersendiri.

Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani Donkey in Santorini Greek Islands

Terletak tepat di pinggir laut dan area berbukit, tempat-tempat ini juga tersohor sebagai tempat yang memiliki pemandangan laut yang menakjubkan sehingga menjadi tujuan traveling dan liburan favorit bagi para wisatawan dan selebritis dunia, terlebih pada musim panas. Tempat-tempat ini juga termasuk tujuan populer untuk bulan madu atau honeymoon. Banyak dari tempat ini juga memiliki hotel-hotel langsung menghadap laut, bahkan memiliki pintu-pintu ‘ajaib’ menuju laut!

Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani Pulau paling indah di Yunani

Teras-teras dan restauran tepi laut di sini juga menjadi tempat favorit untuk menghabiskan sore dan menikmati keindahan surgawi di pulau-pulau ini. Di tempat-tempat inilah Anda bisa sarapan atau makan malam dengan pemandangan indah di depan mata. Istilahnya breakfast/lunch/dinner with a view. Dan banyak wisatawan pun rela membayar tak sedikit untuk makan dengan “a view” ini, yang mungkin, ‘harganya’ lebih mahal ketimbang makanannya sendiri :D. Tetapi memang, worth it sih ya.

Nah, penasaran di mana saja tempat ini? Tempat-tempat ini merupakan pulau-pulau Yunani yang berada di Laut Aegea (laut antara negara Yunani dan Turki). Nah sekarang langsung saja, ini dia 12 pulau paling indah di Yunani yang dengan bangga saya persembahkan spesial untuk Anda. Yes, you.

1. Santorini (Thira)
Thira atau Santorini adalah sebuah pulau di salah satu gugusan kepulauan Yunani (Cyclades) di Laut Aegea, tepatnya 20 km sebelah tenggara dari daratan utama negara Yunani. Pulau ini memiliki luas area 73 km2. Pulau Santorini di Yunani terkenal memiliki bangunan tepi laut yang indah yang menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan. Karena itu banyak rumah-rumah dan hotel di Santorini yang memiliki teras, jendela, atau bahkan pintu langsung ke tepi laut! (lihat budget hostel di Santorini). Pulau inipun disebut sebagai pulau paling top di dunia versi majalah Travel+Leisure pada tahun 2011, dan pulau terbaik di dunia oleh BBC pada tahun yang sama.

Beberapa desa/kota kecil yang paling cantik dan paling sering menjadi tujuan wisata di pulau Santorini adalah Fira (Phira), Oia, dan Pyrgos. Di tempat-tempat inilah Anda bisa menikmati apa yang menjadi the best of Cyclades, yaitu bangunan tradsisional Cyclades yang berwarna putih dan unik; jalan sempit yang cantik; balkon, teras, dan pintu tepi laut; dan juga keledai pengangkut barang. Di 3 desa ini juga Anda bisa menikmati atmosfer indah nan romantis yang menjadi kebanggaan Santorini :). Baca selengkapnya....

Mykonos adalah sebuah pulau di salah satu gugusan kepulauan Yunani (Cyclades) di Laut Aegea, tepatnya 150 kilometres sebelah timur kota Athena, Yunani. Pulau ini memiliki luas area 85,5 km2. Jika Anda ingin berwisata ke pulau lain di Yunani setelah Santorini, maka pulau Mykonos lah tempatnya. Pulau ini memiliki semua yang menjadi ciri kepulauan Cyclades seperti yang dimiliki Santorini. Mykonos juga terkenal dengan bangunan putih dan kincir anginnya yang unik, serta pantai indah yang yang menjadi tujuan wisatawan dan selebriti dunia. Kota yang paling besar dan paling terkenal di pulau Mykonos adalah Mykonos Town (sama dengan nama pulau). Lihat hotel di Mykonos.

Selain memiliki banyak sudut-sudut kota yang cantik, Mykonos juga terkenal memiliki beberapa landmark. Beberapa di antaranya adalah deretan kincir angin khas Mykonos, Little Venice dengan balkon-balkon menggantung di atas laut dan restauran tepi laut, gereja Panagia Paraportiani, dan Petros the Pelican yaitu burung-burung pelikan yang menjadi maskot Mykonos :). Mykonos juga terkenal memiliki sejumlah pantai yang dikembangkan dengan baik untuk menarik wisatawan yaitu pantai Psarou, Platys Gialos, Paradise, Agrari, dan Elia. Baca selengkapnya....

3. Pulau Paros
Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani Pulau Paros Greece Yunani

Paros adalah salah satu pulau lain di salah satu gugusan kepulauan Yunani (Cyclades) di Laut Aegea (laut antara negara Yunani dan Turki). Pulau ini memiliki luas area 196,3 km2 dan merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di kepulauan Yunani, no.3 setelah Santorini dan Mykonos. Bersama keduanya, Paros juga dianggap sebagai salah salah satu pulau paling cantik di gugusan kepulauan Cyclades, dengan pemandangan desa-desanya yang mempesona dan banyak pantai. Ada 3 kota yang paling cantik dan sering menjadi tujuan wisata di pulau Paros, yaitu Parikia (kota utama), Naoussa, dan Lefkes. (Lihat budget hostel di Paros)

Parikia terkenal memiliki bangunan cantik khas kepulauan Cyclades yaitu berwarna putih cerah, beratap datar, dan memiliki jendela dengan daun jendela yang bercat biru. Pemandangan bangunan-banguann di kota ini juga semakin cantik karena dinaungi oleh tanaman anggur yang lebat dan juga dikelilingi oleh kebun-kebun jeruk dan buah delima. Sementara Noussa adalah desa nelayan yang menjadi salah satu destinasi liburan top internasional. Selain arsitektur bangunannya yang tak kalah cantik, Noussa juga memiliki pemandangan pelabuhan yang indah dengan banyak restauran dan kedai di tepinya. 

Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani Pulau Paros Greece Yunani

Sedangkan Lefkes merupakan desa cantik yang terletak di tengah pulau. Desa ini memiliki pemandangan pulau khas Yunani dengan gang-gang sempit yang cantik, hiasan bunga colourful, dan kedai mungil yang beratmosfer khas. Selain pemandangan pemukimannya yang cantik, Paros juga memiliki banyak pantai dan juga populer dengan olahraga air, seperti windsurfing dan kitesurfing.

4. Pulau Ios
Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani pulau Ios island

Nios atau Ios adalah salah satu pulau Yunani di gugusan kepulauan Cyclades di Laut Aegea. Pulau ini memiliki luas area 109 km2 dan terletak di antara pulau Santorini dan Naxos. Ios merupakan pulau berbukit dengan banyak sisinya berupa tebing yang langsung jatuh ke laut. Seperti pulau lain di Cyclades, pulau Ios juga memiliki bangunan-bangunan putih yang unik dengan jalan-jalan sempit menanjak yang cantik. Di sini juga terdapat beberapa kincir angin tradisional khas Cyclades. 

Desa yang menjadi tempat wisata utama di Pulau Ios adalah Chora (Hora) yang sepanjang jalan utamanya dipenuhi deretan butik, toko, restauran, bar, dan juga klub malam. Karena itu Ios Chora juga merupakan pusat kehidupan malam di Ios dan gugusan kepulauan Cyclades. (lihat budget hotel di Ios). Selain pusat kotanya yang cantik, Ios juga memiliki daya tarik lain seperti pantai populer (Milopotas dan Manganari Beach), pelabuhan Marina yang indah, amfitheater Odysseas Elytis, Homer's tomb, dan situs prasejarah di bukit Skarkos. Ios juga menjadi lokasi syuting film Ginger and Cinnamon (Dillo con parole mie) dan Big Blue (Le Grand Bleu). 

5. Pulau Kythnos
Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani Kythnos Greece Yunani

Kythnos adalah sebuah pulau di salah satu gugusan kepulauan Yunani (Cyclades) di Laut Aegea. Pulau ini memiliki luas area 100 km2. Terletak cukup dekat dengan kota Athena, Kythnos merupakan lokasi yang strategis bagi rumah-rumah liburan dan merupakan obyek wisata pulau yang cukup mudah diakses oleh wisatawan. Pulau Kythnos memiliki beberapa kota/desa utama yaitu Kythnos (Chora), Dryopida (Chorio), Aghios Dimitrios, dan Merichas. Kythnos dan Dryopida memiliki pemandangan cantik khas gugusan kepulauan Cyclades, dengan jalan-jalan sempit berliku dan menanjak. Namun keduanya memiliki gaya arsitektur bangunan yang berbeda, meskipun sama-sama berwarna putih. Kythnos lebih memiliki tipe bangunan seperti pulau lain di Cyclades pada umumnya, yaitu atap datar, sementara Dryopida memiliki atap miring dan bergenteng. 

Kota Kythnos juga terkenal dengan gereja orthdodox Yunani-nya yang besar, sementara Dryopida memiliki salah satu gua terbesar di Yunani (Katafiki Cave) yang sekarang telah dikembangkan menjadi obyek wisata. Desa lain yaitu Aghios Dimitros terkenal dengan deretan rumah-rumah liburan di tepi pantainya, yang terletak di lereng bukit dan berhiaskan bunga daffodil. Sementara Merichas merupakan kota pelabuhan yang sangat ramai pada musim panas. Selain terkenal dengan pemandangan desanya yang cantik, Kythnos juga memiliki banyak pantai yang siap menampung para pecinta pantai.

6. Pulau Folegandros
Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani Folegandros

Folegandros adalah pulau kecil di salah satu gugusan kepulauan Yunani (Cyclades) di Laut Aegea, dekat pulau Santorini. Pulau ini memiliki luas area 32 km2 dan hanya berpenghuni 765 penduduk (2011). Seperti pulau lainnya di laut Aegea, pulau Folegandros memiliki bangunan berwarna putih yang khas dan pemandangan yang cantik. 

Ada tiga kota kecil di pulau ini yaitu Chora (kota utama), Karavostasis (kota pelabuhan), dan Ano Meria. Jika Anda ke sini, kunjungilah desa-desa ini, khususnya Chora dan rasakan atmosfer pedesaan khas kepulauan Yunani. Angali Beach juga layak untuk dikunjungi. Karena dekat Santorini, Anda bisa mampir ke pulau ini saat tinggal di Santorini. Untuk transportasi, jangan khawatir. Banyak kapal ferry dari pulau Santorini dan pulau-pulau lain di sekitarnya yang menuju Folegandros.

7. Puau Milos
Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani Milos Greece Yunani

Milos adalah pulau paling barat daya dari semua pulau di gugusan kepulauan Cyclades di Laut Aegea. Milos memiliki luas area 160,1 km2. Pulau ini terkenal dengan patung Aphrodite-nya (Venus de Milo) yang sekarang dipajang di Museum Louvre di Paris dan juga patung dewi Asclepius yang sekarang ada di British Museum London. Ada 3 desa cantik yang menjadi tujuan wisata utama di pulau Milos yaitu Plaka, Tripiti, Klima, dan Adamantas. Desa Plaka di Milos terletak di atas bukit dan terkenal memiliki sunset indah seperti di Santorini. 

Sedangkan Tripiti memiliki windmill tradisional khas Cyclades, amfiteater kuno, dan catacomb (makam bawah tanah). Desa ini juga merupakan tempat ditemukannya Venus de Milo yang merupakan Dewi Yunani yang paling terkenal. Sementara Klima adalah desa kecil cantik yang terletak tepat di pinggir laut, tidak jauh dari Plaka. Dan Adamantas adalah kota pelabuhan dari pulau Milos. Selain desa, Milos juga memiliki objek wisata lain seperti pantai dengan air yang jernih (seperti Sarakiniko, Papakinou, Hivadolimni, Kleftiko, Rivari, dll) dan gua Sikia yang bisa dicapai dengan perahu.

8. Pulau Skiathos
Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani Skiathos Greece Yunani

Skiathos adalah pulau kecil di salah satu gugusan kepulauan Yunani (Sporades) di Laut Aegea. Pulau Skiathos memiliki luas area 49,9 km2 dan merupakan pulau yang paling ramai oleh turis di antara pulau-pulau lain dalam gugusan kepulauan Sporades. Skiathos terkenal memiliki banyak pantai, dan salah satu yang paling terkenal adalah Koukounaries Beach. Sementara kota utamanya adalah Skiathos yang menjadi pusat wisata di pulau ini. Kota ini memiliki pemandangan pelabuhan yang cantik dan juga jalan-jalan dengan suasana khas kota kecil. 

9. Pulau Syros
Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani Syros Greece Yunani

Syra atau Syros adalah salah satu pulau di gugusan kepulauan Cyclades, Yunani, di Laut Aegea. Pulau ini terletak 144 km sebelah tenggara kota Athena dan memiliki luas area 83,6 km2. Dua kota terbesar dan destinasi wisata utama di pulau Syros adalah Ermoupoli dan Ano Syros. (Lihat budget hotel di Syros). Kedua kota ini memiliki pemandangan kota yang indah dengan jalan-jalan sempit dan rumah-rumah padat yang bertingkat-tingkat di atas bukit. Ermoupoli merupakan kota utama pulau Syros dan juga ibukota kepulauan Cyclades. Kota ini dihiasi oleh bangunan-bangunan cantik bergaya arsitektur neo klasik, mansion-mansion tua, dan juga rumah-rumah berwarna putih dekat pelabuhan. Di sini Anda juga bisa menelusuri jalan berlantai marbel dengan toko-toko mungil di kedua sisinya. 

Ermopouli juga merupakan salah satu kota pelabuhan penting di Yunani dan memiliki pemandangan pelabuhan yang cantik. Sedangkan Ano Syros terletak di atas bukit dan memiliki atmosfer abad pertengahan. Di sini Anda bisa menelusuri jalan-jalan sempit bertangga yang diapit oleh bangunan-bangunan cantik di kedua sisinya. Dari atas gereja yang mendominasi kota Ano Syros, kita juga bisa menikmati panorama indah dan melihat pulau lain di sekitar Syros seperti Pulau Mykonos, Paros, dan Naxos. Selain menelusuri dan menikmati atmosfer kota, di pulau Syros kita juga bisa menikmati beberapa pantai, seperti pantai Kini dan Galissas. 

10. Pulau Sifnos
Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani Sifnos island Greece

Sifnos adalah salah satu pulau di gugusan kepulauan Cyclades, Yunani, di Laut Aegea. Pulau ini memiliki luas area 73,94 km2 dan terletak sekitar 130 km dari Piraeus (pelabuhan di kota Athena). Ada 4 desa utama di pulau Sifnos yaitu Apollonia, Artemonas, Kastro, dan Kamares. Apollonia dan Artemonas memiliki pemandangan kepulauan Cyclades yang khas dengan rumah-rumah berbentuk kubus berwarna putih. Apollonia merupakan kota utama dan tempat di mana perpustakaan dan museum rakyat pulau Sifnos berada. 

Artemonas, yang terletak lebih tinggi lagi di atas bukit, memiliki atmosfer tradisional yang lebih kental dibanding Apollonia. Sedangkan Kastro merupakan desa yang terletak di puncak bukit tepat di tepi laut. Di desa ini Anda bisa melihat sisa-sisa bangunan kuno abad pertengahan dan juga museum arkeologi pulau Sifnos. Sementara Kamares merupakan kota pelabuhan pulau Sifnos yang menjadi tempat kedatangan perahu-perahu dan juga kapal ferry. Di kota ini juga terdapat sejumlah toko, restauran, dan juga hotel. 

11. Pulau Naxos
Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani Naxos Greece Yunani

Naxos adalah pulau terbesar di gugusan kepulauan Cyclades Yunani, di Laut Aegea. Pulau ini memiliki luas area 429 km2. Kota utama di pulau ini adalah Naxos Town yang juga menjadi destinasi wisata utama. Naxos umumnya terkenal dengan pantainya yang jernih dan berwarna biru langit. Beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah pantai Agios Prokopios, Agia Anna, dan Plaka. Selain itu Naxos juga memiliki pemandangan kota yang indah terutama yang terletak di pelabuhan dan tepi laut seperti Lionas and Moutsouna. Desa Komiaki dan Chalkio juga cocok untuk jalan-jalan karena memiliki bangunan-bangunan cantik berwarna putih-biru (Komiaki) dan warna-warni (Chalkio). Tak hanya itu, Naxos juga memiliki 2 landmark yang berupa bangunan kuno yaitu Portara (sisa bangunan kuil Apollo) dan Cheimarros Tower.

12. Pulau Skopelos
Tempat wisata di yunani santorini mykonos pulau paling indah di Yunani Skopelos

Skopelos adalah pulau kecil lain di gugusan kepulauan Yunani (Sporades) di Laut Aegea, dekat Skiathos. Pulau ini memiliki luas area 96,23 km2, sedikit lebih luas dibanding pulau Mykonos (85 km2) dan Santorini (73 km2). Seperti Skopelos, pulau Skiatos juga cukup populer di kalangan wisatawan. Ada 3 kota/desa di pulau ini yang menjadi destinasi wisata utama yaitu kota utama Skopelos, Glossa, dan Neo Klima (Elios). Skopelos terkenal dengan bangunan-bangunan warisan arsitekturalnya, Glossa merupakan desa tenteram dengan rumah-rumah bergaya arsitektur tradisional, sementara Neo Klima (Klima Baru) merupakan desa yang dibangun ulang setelah hancur akibat bencana gempa bumi besar pada tahun 1965. 

Skopelos dan pulau tetangga, Skiathos, merupakan tempat lokasi syuting film Mamma Mia. Gereja kapel Agios Ioannis dekat Glossa merupakan tempat berlangsungnya upacara pernikahan dalam film tersebut. Selain itu, Skopelos memiliki beberapa pantai dan yang paling terkenal adalah pantai Panormos. Di pantai inilah terdapat banyak resort, hotel, dan kedai yang menjadi daya tarik wisatawan. Di pulau ini Anda juga bisa menjumpai jalan-jalan sempit yang berhiaskan bunga kedua sisinya, yang menjadi pemandangan khas di pemukiman pulau Yunani.

8 comments: Leave Your Comments

  1. Haloo.. akhirnya saya mampir...
    Wahhh keren banget blognyaa.. Dari tulisan ini saya mengambil kesimpulan bahwa pulaunya mirip-mirip, gak begitu berbeda dg Santorini, tapi ya ampunnn saya suka banget dg Syros... :))

    ReplyDelete
  2. @haramkelilingdunia: hi juga mbak, makasih lho sudah mampir :D. Iya mbak mirip2, karena masih serumpun dalam satu dua gugusan. Dan memang sengaja juga saya kelompokkan yg sekategori :)

    Ok deh, next time berarti ke Syros ya? ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy dah 3 minggu ne di syros
      emng keren neh pulau..

      Delete
  3. Wah artikel nya bagus.. jd pengen kesana

    ReplyDelete
  4. Detail sekali tulisannya mas, blog yang patut menjadi referensi. lam kenal aja y coz baru pertama singgah di blog ini

    ReplyDelete
  5. Info cara menuju pulau pulau yg di post doong, naik apa, soalnya saya cari di fery.com ga keluar ratenya misal dari santorini ke pulau ios, thanks in advance :)

    ReplyDelete
  6. hi explore guidebook..
    aku rencana dari mykonos ke paros, apakah bisa naik ferry atau harus pesawat? rencana nya skitar tgl 7 maret 2016.. makasi yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Dulche. Dari mykonos, kakak bisa ke Paros naik kapal ferry/boat. Perjalanan sekitar 1 jam. Semoga membantu informasinya. Terima kasih sudah mampir :)

      Delete