Explorer Guidebook

Christ the Redeemer: Patung Paling Terkenal di Brazil

1
Christ the Redeemer Patung Paling Terkenal di Brazil Patung kristus raksasa brazil

Bagi yang belum pernah ke Rio de Janeiro, Brazil, namun sering melihat film-film Hollywood, Anda pasti sudah pernah melihat patung ini. Patung ikonik ini merupakan ikon sekaligus landmark Rio de Janeiro, salah satu kota wisata paling terkenal di Brazil. Kapanpun ada film yang bersetting di Rio, patung inilah yang pertama kali disorot. Anda tahu nama patung Rio de Janeiro terkenal ini?

Christ the redeemer rio de janeiro Brazil

Ya, namanya adalah Christ the Redeemer, atau warga lokal menyebutnya Cristo Redentor (dalam bahasa Indonesia berarti “Kristus Sang Penebus”). Christ the Redeemer adalah patung Yesus Kristus yang menjadi ikon Rio de Janeiro, Brazil. Patung atau monumen ini terletak tinggi di atas puncak gunung Corcovado setinggi 700 m, dan terlihat seolah mengawasi kota Rio de Janeiro dari atas. Letaknya yang tinggi di atas puncak gunung menyajikan panorama menakjubkan khas kota Rio de Janeiro, Brazil, yang berupa kombinasi pegunungan, teluk, laut, dan kota metropolitan. Pemandangan inipun menjadi pemandangan terbaik di Rio de Janeiro, kota yang juga terkenal dengan pantai dan kehidupan malamnya. Gunung Corcovado sendiri termasuk dalam kawasan Taman Nasional Hutan Tijuca (Parque Nacional da Tijuca), salah satu urban forest di Rio de Janeiro, Brazil.

Patung kristus sang penebus rio de janeiro

Patung Cristo Redentor dibangun antara tahun 1922-1931 oleh inisiasi kalangan Katolik Rio de Janeiro. Desainernya adalah seorang insinyur lokal bernama Heitor da Silva Costa, sementara pemahatnya adalah Paul Landowski yang berkebangsaan Polandia-Perancis. Cristo Redentor sengaja didesain menyerupai bentuk salib, yang semakin menguatkannya sebagai simbol ke-Kristian-an bangsa Brazil. Patung ini memiliki tinggi 30 m (belum termasuk tumpuan setinggi 8 m), dan lebar di bagian rentangan tangan yang membuka selebar 28 m. 

Patung kristus Rio de janeiro brazil

Dengan berat mencapai 635 ton, patung Kristus Sang Penebus dianggap sebagai patung bergaya Art Deco terbesar di dunia. Kristus Sang Penebus juga merupakan satu dari 7 Keajaiban Dunia Modern versi baru atau Seven New Wonders of the Modern World. Sebagai simbol kota, patung Rio de Janeiro Cristo Redentor juga merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Brazil yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Patung Kristus Brazil ini juga sudah sangat sering malang melintang di film-film Hollywood, beberapa di antaranya adalah Breaking Dawn Part 1, Fast Five, dan 2012.

Anda berminat ke sini?

Patung rio de Janeiro Brazil
Alamat patung Christ the Redeemer:
Parque Nacional da Tijuca - Alto da Boa Vista, Rio de Janeiro - RJ, Brazil

1). Cogwheel Train (Trem do Corcovado)
Merupakan kereta trem bersejarah yang pertama kali dibuka pada tahun 1884 oleh kaisar Pedro II. Kereta listrik ini ramah lingkungan dan merupakan kereta resmi untuk mendaki sampai puncak gunung Corcovado dekat kompleks monumen Cristo Redentor. Tersedia panduan audio selama perjalanan, dan terkadang ada grup band samba yang menghibur dalam kereta.

Jam operasi:
Senin-Minggu, pkl 08.00-20.00. Kereta berangkat setiap 30 menit sekali.
Kapasitas: Mampu menampung hingga 173 penumpang sekali jalan (346 penumpang/jam)
Kecepatan: naik 20 km/jam, turun 15km/jam
Lama perjalanan: naik 20 menit, turun 25 menit

Harga tiket*:
Dewasa: R$50.00
Anak-anak (6-12 tahun): R$25.00
Anak-anak – 6 tahun: Gratis
* Merupakan tiket kombo. Harga termasuk tiket kereta round trip (pulang-pergi/PP) plus tiket masuk ke Christ the Redeemer.

Tempat pembelian tiket:
Tiket cogwheel train bisa dibeli langsung di staisun; lewat website Corcovado Train; atau di kios tiket resmi di Largo do Machado, Laranjeiras district, atau Candelária di pusat kota Rio. Tiket dengan harga spesial/diskon (jika ada) hanya bisa dibeli di stasiun. Booth tiket buka Pkl. 07.30.

Keberangkatan:
Cosme Velho Station (Stasiun Corcovado), Rua Cosme Velho (Cosme Velho Street) 513, Rio de Janeiro – RJ, Brazil
Transportasi ke sana: Naik subway ke Largo do Machado station, lalu naik bus ke stasiun Corcovado (Cosme Velho)

Keterangan:
Kecepatan cogwheel train termasuk lambat, antrian biasanya cukup panjang, dan menunggu lama. Meskipun demikian, kereta ini memiliki rute yang menawarkan pemandangan indah Tijuca National Park selama perjalanan, sehingga Anda sudah merasa sedang berwisata meskipun baru dalam perjalanan menuju tempat wisata utama. Namun bagi yang tidak sabar, tak suka menunggu, atau ingin cepat-cepat, bisa pilih option no 2.

2). Van Resmi
Hanya mobil van resmi yang bisa mendaki terus sampai ke puncak gunung Corcovado.

Jam operasi: Pkl 08.00 - 17.00
Harga tiket: 
R$ 49.00 (high season)
R$ 39.00 (low season)
(Anak-anak -6 tahun gratis)
Harga sudah termasuk transportasi dan akses masuk ke monumen Christ the Redeemer.

Tempat pembelian tiket: 
Tiket bisa dibeli langsung di ticket office di Largo do Machado Square
Tempat keberangkatan: Largo do Machado Square
Tranportasi ke sana: 
- Naik subway: Turun di Largo do Machado station
- Naik bus jalur 422, 498, 497, 583, 584, 569 atau 570, turun di Largo do Machado Square

Keterangan: 
- Dari tempat keberangkatan hingga puncak gunung Corcovado, van tidak akan berhenti di tengah jalan.
- High season: Juli, Desember, Januari, Februari, Maret, weekend, dan hari libur 

3). Hiking
Menyelam sambil minum air. Mengunjungi Cristo Redentor sekaligus melakukan aktivitas luar ruangan, yaitu hiking. Cukup menguras waktu dan tenaga, tetapi bisa melihat pemandangan indah Tijuca National Park selama perjalanan, dengan aneka tumbuhan tropis, air terjun, dan binatang di alam liar.
Rute: 
Rute utama dimulai dari Parque Lage di Botanical Gardens. Kemudian hiking melalui taman nasional Tijuca selama kurang lebih 2 jam, dengan mengikuti jalur rel cogwheel train selama setengah jam terakhir. 

1 comment: Leave Your Comments

  1. Excellent items from you, man. I've be mindful your stuff previous to and
    you're simply too wonderful. I actually like what you have bought right here, really like what you're
    stating and the best way by which you are saying it.
    You are making it entertaining and you still take care of
    to keep it sensible. I can not wait to read much
    more from you. That is actually a tremendous website.

    Also visit my web-site: Replica Christian Louboutin

    ReplyDelete