Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Liburan Pedesaan Impian di Desa Dunster, Somerset, Inggris

0
Dunster Most beautiful village in England

Dunster adalah sebuah desa yang terletak di distrik West Somerset, kabupaten Somerset, provinsi South West England, Inggris. Desa ini merupakan salah satu desa paling indah di Inggris yang menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan. Ingin tahu apa saja yang menarik di desa ini?

Dunster merupakan desa abad pertengahan terluas di Inggris di mana terdapat lebih dari 200 bangunan bersejarah terdaftar (Listed Building), yang sebagian berasal dari abad 11 dan 12. Listed Buiding adalah daftar bangunan-bangunan di United Kingdom yang dilindungi oleh undang-undang karena dinilai memiliki nilai sejarah maupun gaya arsitektur yang penting. Jika anda berencana tinggal di desa Dunster, kemungkinan anda juga akan menginap di bangunan Listed Building yang dilindungi karena kebanyakan akomodasi yang tersedia di desa ini juga merupakan bangunan lama dan bersejarah. 

Desa indah di Inggris Dunster

Desa Dunster di Inggris adalah desa kecil yang terkonsentrasi di mana hampir semua restauran, pub, tearoom, dan toko terletak dekat satu sama lain dan mudah dicapai hanya dengan berjalan kaki. Dan seperti desa abad pertengahan lainnya, daya tarik Dunster terletak pada atmosfer desanya yang tradisional dengan bangunan-bangunan lama yang antik dan menawan. Dunster juga terkenal dengan pondok-pondok beratap jerami yang menjadi ciri khas banyak pedesaan Inggris. Selain berjalan-jalan menikmati atmosfer desa, anda bisa melihat dan mengunjungi sejumlah bangunan terkenal dan bersejarah yang ada di Dunster. 

Desa indah Inggris Dunster Castle
Dunster Castle dan tamannya
Salah satu obyek wisata sekaligus bangunan lama yang paling terkenal dan mendominasi desa Dunster adalah Dunster Castle yang dibangun pada abad 11. Saat ini, kastil kuno ini merupakan properti milik National Trust setelah disumbangkan kepada negara oleh pemiliknya, Lutrell Family, pada tahun 1976. Lutrell Family adalah keluarga yang memiliki desa Dunster dan juga tanah di sekitarnya selama lebih dari 600 tahun, sehingga desa ini tetap terjaga keautentikannya. Saat ini, real estate Dunster dan sekitarnya dimiliki oleh Dunster Estate (The Crown Estate) dan area ini berada di tepi timur laut Exmoor National Park, di sepanjang garis pantai West Somerset. Dunster Estate juga mengelola areal pertanian dan hutan, yang tak hanya produktif, tetapi juga menawarkan pemandangan alam yang indah dan berbagai aktivitas untuk pengunjung.

Desa indah di Inggris Dunster
Sapi sedang merumput di dekat Dunster Castle
Selain Kastil Dunster dan tamannya yang luas dan indah, bangunan terkenal lain di Dunster yang bisa anda kunjungi di antaranya adalah Dunster Yarn Market, gereja St. George’s ChurchNunneryPriory BarnDovecote, Butter CrossDunster Mill, dan Conygar Tower. Selain itu, masih ada obyek wisata lain di Dunster yaitu Dunster Museum and Doll CollectionWest Street, dan Dunster Beach. West Street adalah jalan tertua di Dunster yang memiliki tiga toko spesialis yaitu toko Natal, toko perlengkapan dapur, serta toko oleh-oleh dan suvenir. Dunster Mill juga berada di salah satu ujung West Street. Sementara Dunster Beach adalah pantai yang terletak sekitar setengah mil dari desa. Di pantai ini terdapat sejumlah pondok atau gubuk pantai yang bisa disewa dan juga toko kecil, lapangan tenis, serta area berumput.

Desa indah di Inggris Dunster Yarn Market
Yarn Market di High Street Dunster
Dunster juga terkenal dengan tradisi Natal kuno di Inggris yang berasal dari Devon dan Somerset yaitu pembakaran Ashen Faggot. Di desa Dunster, tradisi ini dilakukan di hotel Luttrell Arms setiap malam Natal. Hotel Luttrell Arms sendiri adalah bekas guest house untuk kepala biara dari Cleece, Somerset, yang sekarang menjadi hotel dengan 28 kamar. Bagian tertua dari hotel ini sudah ada sejak tahun 1443. Festival lain di Dunster adalah Dunster by Candlelight yang diadakan setiap hari Jumat dan Sabtu pertama di bulan Desember setiap tahunnya. Tahun 2014 ini, festival ini akan jatuh pada tanggal 5 dan 6 Desember.

West somerset railway dunster express steam train
West Somerset Railway: Dunster Express
Selain atmosfer desa, tradisi, dan bangunan-bangunan lamanya, desa Dunster juga menawarkan pemandangan alam yang indah dengan deretan perbukitan dan hutan dari area pedesaan Somerset. Dunster memang terletak di dalam kawasan Exmoor National Park, yaitu area konservasi yang juga terkenal dengan keindahan alamnya, yang meliputi pedesaan West Somerset dan North Devon. Karena itu, jika anda berkunjung ke desa Dunster anda bisa sekaligus melakukan berbagai aktivitas outdoor yang menyenangkan seperti walking, hiking, bersepeda, menunggang kuda, melihat rusa merah dan binatang lain di alam liar, camping di alam terbuka, dan aktivitas outdoor lainnya. Berkendara menelusuri countryside Exmoor yang indah dan naik kereta uap West Somerset Railway juga bisa menjadi agenda anda untuk pengalaman liburan dan petualangan yang tak terlupakan :). Cocok juga untuk liburan bersama keluarga dan anak-anak.

Other useful links:
www.dunsteraccommodation.com - Sesuai namanya ( I love this site, simple and straight!)
www.visitdunster.co.uk - All about Dunster
www.exmoorcyclehire.co.uk - Sewa sepeda di Exmoor (Minehead)
www.activeexmoor.com - Aneka kegiatan outdoor di Exmoor
www.southwestcoastpath.com - National walking route
www.exmoor-nationalpark.gov.uk - website Exmoor National Park

0 comments:

Post a Comment