Gran Via, Madrid, Spanyol

0
Gran Via madrid spanyol

Gran Via di Madrid adalah jalan pusat perbelanjaan yang ada di kota Madrid, Spanyol. Jalan ini membentang dari Calle de Alcalá, dekat Plaza de Cibeles, hingga Plaza de España di pusat kota Madrid. Gran Via dikenal sebagai salah satu kawasan belanja dan hiburan paling penting di Madrid, dengan banyak toko dan mall pusat perbelanjaan, theater, bisokop, dan juga hotel ada di sepanjang jalan ini.

Selain pusat perbelanjaannya yang menarik banyak pengunjung dan wisatawan, ada hal lain lagi yang menarik dan istimewa dari Gran Via. Yaitu adanya bangunan-bangunan tinggi nan indah dari abad 20 yang berdiri di sepanjang jalan ini. 

Salah satunya bangunan yang paling terkenal dan mencolok adalah gedung perkantoran Edificio Metrópolis atau Metropolis Building yang berada di sudut jalan Calle de Alcalá dekat Gran Via (terlihat dari Plaza de Cibeles). Bangunan indah bergaya Beaux-Arts Perancis ini dibangun antara tahun 1907-1911 ,dan merupakan salah satu landmark paling terkenal dari kota Madrid. Bangunan ini dulu dibangun untuk salah satu perusahaan asuransi Spanyol, dan kini masih dimiliki oleh perusahaan asuransi, meskipun beda perusahaan. 

Gedung lain yang terkenal di Gran Via adalah Edificio Grassy dan Edificio Telefónica yang masing-masing dibangun pada tahun 1917 dan 1926. Jika anda terus menelusuri Gran Via dari Calle de Alcalá, anda akan sampai di ujung barat Gran Via yang berakhir di Plaza de España. Alun-alun luas ini juga didominasi oleh dua gedung tinggi yaitu Edificio España (Spain Building) dan the Torre de Madrid (Madrid Tower). Dari Plaza de España, anda bisa lanjut berjalan sebentar ke arah selatan untuk sampai di Palacio Real

Transportasi: Stasiun metro terdekat: 
Banco de España (metro line 2), Gran Via (line 1, 5), Callao (line 3, 5), dan Santo Domingo station (line 2)
Plaza de España: Stasiun terdekat: Plaza de España (lines 3, 10) dan Noviciado (line 2)
Biaya masuk: Gratis

0 comments:

Post a Comment