Plaza de Cibeles, Madrid, Spanyol

0
Plaza de Cibeles Square madrid spanyol

Cibeles Square atau Plaza de Cibeles adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Madrid. Tempat ini merupakan bundaran persimpangan 3 jalan di Madrid, yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan indah yang juga menjadi landmark kota ini. Tiga jalan tersebut adalah Calle de Alcalá (timur-barat), Paseo de Recoletos (utara), dan Paseo del Prado (selatan).

Sementara 4 bangunan yang mendominasi plaza ini adalah Palacio de Cibeles (Madrid City Hall), Banco de España (Bank of Spain), Palacio de Linares (Casa de América: Latin America Art Gallery dan Cultural Center), dan Palacio de Buenavista (Spanish Army Headquarter). 

Selain bangunan landmark Madrid City Hall, di Plaza de Cibeles juga terdapat 1 monumen yang menjadi simbol kota Madrid, yaitu Cibeles FountainFuente de la Cibeles atau Cibeles Fountain adalah kolam air mancur yang terletak di tengah-tengah Plaza de Cibeles yang dihiasi oleh patung-patung marble putih yang indah. Patung-patung ini menggambarkan dewi Cibele (atau Ceres: dewi alam semesta romawi), yang sedang menaiki kereta yang ditarik oleh dua ekor singa.

Kolam air mancur ini dibangun antara tahun 1777-1782 dan merupakan ikon kota Madrid. Setiap kali tim sepak bola Real Madrid memenangkan pertandingan baik La Liga, Liga Champions, maupun Copa del Rey, para fansnya biasanya akan mengerumuni Cibeles Fountain dan melingkarkan bendera Real Madrid pada patung dewi Cibeles.

Alamat: Plaza de Cibeles, 28014 Madrid 
Transportasi ke Plaza de Cibeles: Metro. Stasiun metro terdekat: Banco de España station (line 2)
Biaya masuk: Gratis

0 comments:

Post a Comment