Tempat Menikmati Flamenco Dance di Madrid, Spanyol

0
Flamenco Dance tarian khas asal Spanyol

Satu lagi yang identik dengan Spanyol selain adu banteng adalah tarian lincah berirama yang disebut Flamenco Dance. Ya, Flamenco dance adalah tarian khas Spanyol yang sudah mendunia, yang berakar dari wilayah Andalusia, di Spanyol bagian selatan. Tarian ini meliputi gerakan-gerakan stretching dan memutar yang lincah, yang dipadukan dengan hentakan kaki dan tepukan tangan yang berirama. 

Flamenco Dance biasanya diiringi oleh alunan musik dari gitar Spanyol dan perkusi yang khas, dan terkadang diiringi lagu. Tarian Flamenco umumnya ditampilkan oleh group atau pasangan penari pria dan wanita yang mengenakan kostum formal. Penari wanita biasanya memakai sepetu ber-hak dan gaun yang berumbai-rumbai di bagian bawah (dan terkadang juga di bagian lengan) yang mendukung gerakannya saat menari. 

Meskipun asal muasalnya dari wilayah Andalusia, tetapi Flamenco Dance sudah menjadi bagian dari kebudayaan nasional Spanyol. Tarian inipun menjadi salah satu atraksi wisata paling terkenal di Spanyol. Salah satu tempat terbaik untuk belajar dan menonton Flamenco Dance di Spanyol adalah di Madrid. Di kota ini ada beberapa tempat terkenal di mana anda bisa menyaksikan tarian yang tersohor ini secara langsung. Kebanyakan ada di kawasan Plaza Mayor dan La Latina. 

Cara paling paling terkenal untuk menikmati pertunjukan Flamenco Dance adalah sambil makan malam (istilahnya tablaos). Tempat terkenal untuk menikmati Flamenco Tabblaos di Madrid adalah Corral de la MoreríaCasa Patas, Café de Chinitas, dan Las Carboneras. Tiga tempat pertama pernah dikunjungi oleh tokoh-tokoh terkenal dunia dan juga selebriti.

Cek juga: Flamenco Show di Tablao Centares dan Torres Barmejas

Cara lain untuk menyaksikan tarian Flamenco adalah dengan nongkrong di beberapa bar yang biasa menampilkan tarian Flamenco dengan suasana yang less formal. Cek bar Candela, La SoleáCardamomo. Pertunjukan biasanya mulai larut malam hingga pagi. Cocok untuk para night owl :p.

Cara lain lagi adalah dengan menonton pertunjukan Flamenco besar yang diadakan di theater di Madrid seperti Teatro Real atau Teatro Albéniz, jika kebetulan pas ada. Kalau di Barcelona, anda mungkin juga bisa melihat ‘tarian Flamenco’ jalanan yang ditampilkan oleh seniman jalanan yang banyak di temui di La Rambla. Meskipun tentu saja berbeda jika melihat Flamenco Dance yang ‘sungguhan’ seperti di tempat-tempat yang saya sebutkan tadi :). Selain tempat asalnya di Spanyol, Flamenco Dance juga banyak ditampilkan di negara lain, seperti di Meksiko, Amerika Serikat (Los Angeles), Jepang, dan China (Beijing).

Nah selain menonton, anda juga bisa lho menampilkan tarian ini sendiri. Ya, di Madrid ada juga tempat belajar tarian Flamenco. Yang terkenal adalah Centro Amor de Dios dan El Horno. Dua-duanya ada di kawasan Lavapies, Madrid. Tertarik untuk ikut kursus tari Flamenco? Mumpung ke Madrid lho... kan oke tuh pulang-pulang liburan dari Madrid jadi lincah menari Flamenco :D

Artikel Terkait:
12 Tempat Wisata Paling Terkenal di Madrid

0 comments:

Post a Comment