De Waag, Amsterdam

0
De Waag Nieuwmarkt Amsterdam cafe

De Waag atau The Weigh House adalah bangunan fotogenik menyerupai kastil yang ada di Nieuwmarkt square di tengah pusat kota Amsterdam, Belanda. Bangunan ini merupakan salah satu bangunan sekaligus tempat wisata terkenal di Amsterdam. De Waag dibangun pada abad 15 an (1488) dan dulunya merupakan salah satu gerbang kota, bagian dari tembok yang mengelilingi kota Amsterdam pada abad pertengahan.

Bangunan ini tak lagi berfungsi sebagai gerbang kota sejak akhir abad 16 saat wilayah kota Amsterdam mengalami perluasan hingga ke luar tembok kota. Tak lama setelahnya, gerbang kota pun dihancurkan sehingga menyisakan Waag sebagai bangunan yang berdiri independen. 

Setahun setelah penghancuran dinding kota, area sekitar de Waag pun dijadikan Nieuwmarkt (New Market square) seperti yang terlihat sekarang, dengan menutup dua kanal yang ada di kedua sisi bangunan. Dan jika anda jeli, mungkin anda menyadari bahwa Waag sebenarnya terlalu pendek (dan melebar) untuk ukuran gerbang kota apalagi kastil. Hal ini ternyata disebabkan oleh tertimbunnya sebagian ‘badan’ Waag pada saat pembuatan Nieuwmarkt yang permukaannya agak dinaikkan.

Setelah purna tugas sebagai gerbang kota, selanjutnya mulai abad 17, de Waag beberapa kali beralih fungsi mulai dari tempat penimbangan barang (Weigh House), workshop furnitur, markas pemadam kebakaran, tempat arsip kota, dan terakhir sebagai museum. 

De Waag Nieuwmarkt Amsterdam

Setelah kondisinya yang memprihatinkan, de Waag pun direstorasi pada abad 20, dan sekarang bangunan ini disewakan. Lantai atas ditempati oleh Waag Society, sementara lantai dasarnya kini ditempati oleh restaurant-cafe In de Waag. Sebagai bangunan tertua di Amsterdam (selain gereja), de Waag merupakan salah satu bangunan bersejarah yang layak dikunjungi. Bangunan ini pun telah ditetapkan sebagai situs warisan nasional Belanda sejak tahun 1970. 

Selain menikmati arsitekturnya yang menarik, pengunjung de Waag juga bisa mencicipi kuliner di cafe dan restaurannya serta hang out di Nieuwmarkt. Selain In de Waag, ada lebih dari 20 cafe dan coffeshop lain yang ada di tepi Nieuwmarkt. Area terbuka dekat Red Light District ini juga merupakan tempat di gelarnya pasar harian di kawasan ini, dan juga pasar bahan pangan organik setiap hari Sabtu, dan pasar barang antik (flea market) setiap hari Minggu pada musim panas. Tertarik ke sini?

Alamat de Waag: Nieuwmarkt 4, 1012 CR Amsterdam
Jalan kaki. Beberapa menit jalan kaki dari Centraal Station
Metro: Line 51, 53 atau 54 (Nieuwmarkt stop)
Jam buka Cafe dan Restauran In de Waag:
Lunch: Setiap hari, pkl 10.00-16.00
Dinner: Setiap hari, pkl 17.00-22.30

Tempat wisata dekat de Waag: Rembrandt House, Zuiderkerk, Chinatown, Red Light District

0 comments:

Post a Comment