Wisata Pegunungan dan Ski di Chamonix, Perancis

0
Wisata Chamonix, Perancis

Chamonix atau Chamonix-Mont-Blanc adalah sebuah kota pegunungan yang terletak di kaki gunung Mont Blanc, di garis perbatasan antara negara Perancis bagian tenggara dan Italia bagian barat. Tepatnya berada di departement Haute-Savoie, wilayah Rhône-Alpes, Perancis bagian tenggara. Terletak di wilayah pegunungan tinggi seperti Mont Blanc dan Aiguille du Midi, Chamonix terkenal sebagai surganya aktivitas outdoor dan tempatnya resort ski tertua di Perancis. Puncak Mont Blanc juga termasuk wilayah desa Chamonix.

Pada musim dingin, Chamonix sudah seperti playground bagi para pemain ski kelas dunia yang mencoba menaklukan lereng gunung paling ekstrim di Eropa. Sedangkan pada musim panas, Chamonix berubah menjadi surga bagi para pendaki gunung dan penggemar hiking atau sepeda gunung. Selain untuk melakukan kegiatan aktif, Chamonix juga memiliki pemandangan yang indah untuk dinikmati. Tak heran, jika Chamonix menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Perancis dan di dunia.

Nah kalau kota Queenstown di Selandia Baru disebut-sebut sebagai the wold’s capital of outdoor activity, maka Chamonix dijuluki sebagai "the death-sport capital of the world" :p. Karena kota ini merupakan pusatnya segala macam aktivitas outdor khususnya yang lebih ekstrim dan memacu adrenalin seperti ice climbing, rock climbing, extreme skiing, paragliding, rafting, canyoning and Wingsuit flying. Dan embel-embel ‘death’-nya ditempatkan bukan tanpa alasan lho :D. Karena olahraga atau kegiatan ekstrim biasanya memiliki resiko besar, bisa taruhannya nyawa, dan Chamonix adalah tempatnya olahraga atau aktivitas outdoor penantang maut semacam itu. Dan mungkin hal yang biasa jika ada korban yang jatuh karena olahraga ekstrim semacam ini seperti halnya di Swiss. 

Kalau Anda ke Swiss, seperti ke Zermat misalnya, jangan lewatkan untuk mengunjungi makam-makam di sana, selain karena cantik (ya, kuburan cantik), Anda mungkin bisa menemukan makam dari beberapa climber atau pendaki gunung yang sepertinya tewas saat mendaki gunung di sana dan di atas makamnya disertakan alat pendaki yang mereka gunakan. Memang tiga tempat ini, yaitu Chamonix, Zermat, dan Queenstown adalah beberapa surga kegiatan outdoor paling terkenal di dunia. 

Jadi kalau Anda penyuka kegiatan aktif di luar ruangan, Anda wajib mengunjungi tiga tempat ini. Tak perlu harus penyuka kegiatan ekstrim atau penantang maut, karena tempat-tempat ini menawarkan berbagai macam aktivitas seru baik untuk para adrenaline junkie, penyuka olahraga ekstrim yang sudah akut maupun pemula. Jika Anda tak begitu suka dengan kegiatan outdoornya, tempat-tempat ini juga memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan, yang cukup menjadi alasan tersendiri untuk mengunjunginya. 

Nah kembali ke Chamonix, selain melakukan olahraga musim dingin seperti ski dan kegiatan aktif di luar ruangan seperti hiking, di Chamonix juga tersedia banyak fasilitas bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pemandangan pegunungan sekitar. Seperti naik kereta kabel atau cable car, kereta beroda, hingga makan di restauran di atas ketinggian dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan dan lereng-lerengnya yang terjal tersaji di hadapan Anda. Kalau Anda makan di sana, jangan lupa untuk sesekali menghela nafas meskipun pemandangan di sana bisa membuat Anda berali-kali menahan nafas saking.... ah, speechless. Breathtakingly amazing lah pokoknya.

Nah berikut daftar kegiatan yang bisa Anda coba di Chamonix, Perancis:

1. Menikmati Pemandangan
Daya tarik Chamonix adalah pemandangannya yang indah dengan pegunungannya yang tinggi menakjubkan. Jadi yang menjadi tempat wisatanya adalah kotanya sendiri dengan berbagai aktivitas yang ditawarkan, dan Anda bisa menikmati pemandangan dan suasananya secara gratis. Tidak ada tempat-tempat khusus yang bisa didatangi seperti tempat wisata pada umumnya, kecuali tempat ski dan viewing platform. Walau begitu, ada dua tempat yang bisa didatangi kalau Anda ingin berwisata klasik dan santai seperti mengunjungi museum, yaitu Musée Alpin (Alpine Museum) dan Musée des Cristaux - Espace Tairraz (Crystal and Mineral museum). Selain itu, Chamonix juga memiliki sebuah gereja kecil ikonik dengan latar belakang pegunungan serta hotel cantik dan cafe outdoornya, yang bisa menjadi kenangan yang bagus kalau Anda berfoto di sana :). Ada juga patung monumen Jacques Belmat, masih dengan background pegunungan yang indaaah. Another photo spot ;)

restauran di Chamonix Perancis


2. Naik cable car
Anda bisa naik cable car atau kereta kabel untuk naik ke area ski atau sekedar untuk tamasya. Operator cable car di Chamonix adalah Compagnie du Mont-Blanc S.A dan ada 7 jalur cable car yang bisa anda pilih, di antaranya adalah cable car ke Aiguille du Midi dan ke Italia.
- Aiguille du Midi. Kereta kabel ini akan membawa Anda ke Aiguille du Midi pada ketinggian 3810 m di atas permukaan laut. Jalur ini terdiri dari 2 jalur: 1 jalur akan membawa Anda ke ketinggian 2310 m, sementara yang 1 nya akan meneruskan sisanya hingga membawa Anda ke puncak stasiun. Di puncaknya Anda bisa menemukan sebuah restauran dan sejumlah viewing platform untuk mengamati panorama sekitar. Lama perjalanan: 20 menit, harga tiket: €55, official website.
- Cable car ke Italia. Kereta kabel ini akan membawa Anda melintasi Vallée Blanche (White Valley) sejauh 5 km di antara puncak gunung yang bersalju dengan ketinggian di atas 4000 m dari Aiguille du Midi di Perancis ke Helbronner di Italia. Lama perjalanan: 1,5 jam, harga tiket: €70

3. Bermain ski
Ada sejumlah spot atau resort ski di mana Anda bisa bermain ski di chamonix, yaitu Les Houches, La Flégère, Le Tour, The Grand Montets, The Brevent, dan Vallée blanche. Dua tempat yang ramah untuk pemula dan keluarga dengan lereng-lereng yang tidak terlalu curam adalah Les Houches dan La Flégère.

4. Hiking dan Mountaineering
Tersedia jalur hiking klasik yaitu Tour du Mont Blanc yang membutuhkan waktu hingga 10 hari untuk menyusurinya. Namun Anda juga tak harus menghabiskan sampai 10 hari hanya untuk hiking. Ada banyak alternatif jalur hiking pendek yang hanya memakan setengah sampai 1 hari, termasuk jalur yang melewati gletser.

6. Belanja
Chamonix mungkin bukan surganya belanja, tetapi Anda tetap bisa membeli beberapa barang untuk sekedar oleh-oleh atau memenuhi kebutuhan. Tempat terbaik untuk belanja di Chamonix adalah di jalan utamanya yaitu Rue du Docteur Paccard.

Demikian panduan tentang tempat wisata terkenal Chamonix di Perancis. Bagaimana? Tertarik ke sini? ;)

0 comments:

Post a Comment