Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Ini Dia Tempat Syuting Drama Serial Gangaa SCTV

2
Ahilya ghat varanasi tempat syuting sinetron drama serial Gangaa SCTV

Prelude:
Gangaa adalah serial drama inspiratif asal India yang menceritakan tentang kehidupan seorang anak kecil bernama Gangaa yang sudah sebatang kara dan menjadi janda di usia yang masih kecil dan harus berjuang melanjutkan hidupnya menghadapi banyak diskriminasi dan batasan norma sosial sebagai seorang janda dalam masyarakat tradisonal India. 

Gangaa diceritakan tak pernah menyerah meski mendapat banyak rintangan, dan selalu menemukan jalan untuk mencapai tujuannya. Tekadnya sangat kuat sehingga tujuan pun memnunduk di kakinya. Ya, Gangga selalu mengalir,, tak pernah berhenti, persis seperti sungai Gangga yang senantiasa mengalir apapun yang terjadi. 

Serial gangaa pertama kali dirilis pada Maret 2015, dan ditayangkan juga di Inggris selain di India dan Indonesia. #GangaaSCTV

tempat syuting drama serial Gangga SCTV di India

Tempat lokasi syuting drama serial Gangga di Uttar Pradesh India. 

Para penonton setia drama serial Gangaa SCTV pasti sangat familiar dengan tempat ini. Ya, seperti kita ketahui, drama Gangaa mengambil lokasi tempat syuting di provinsi Uttar Pradesh, India, tepatnya di kota Benares/Varanasi (si nenek kan sering banget tuh sebut2 kota Banaras (Benares) yang sudah banyak berubah, dan pernah dibuat kesal oleh ulah turis di sungai Gangga. Hihi). 

Tempat syuting sinetron Gangaa SCTV di Uttar Pradesh India
Gangga berlarian di tepi sungai Gangga di kota Benares (Varanasi)
Dan tempat yang paling sering diambil gambarnya sebagai gambaran keseharian masyarakat Uttar Pradesh di Benares adalah tepian sungai Gangga yang penuh dengan deretan anak tangga dan bangunan-bangunan warna-warni serta kuil di tepinya.

Sejuta pesona kota Benares. Lihat foto2 selengkapnya di sini.
Tangga-tangga dan teras tepi sungai Gangga ini disebut ghat, dan selalu ramai oleh aktivitas masyarakat Hindu India mulai dari mandi ritual, memberikan hormat pada leluhur dan dewi Gangga (ini yang dilakukan nenek Gangga tiap pagi dulu), mengadakan upacara ritual pemujaan sungai Gangga (Gangaa mencari ayahnya sampai malam di acara pemujaan ini), sebagai jalur transportasi dan penyeberangan (karena itu banyak sekali perahu, Gangaa dan Sagar dewasa juga pernah naik perahu dan berpose ala Titanic dengan burung-burung liar beterbangan di sekitar mereka :seperti foto di atas), hingga melakukan ritual kremasi/pembakaran mayat (ayah Gangaa juga dikremasi di tepi sungai Gangga).


Kota Benares sendiri memiliki paling tidak 84 ghat. Sedangkan drama serial Gangaa tampaknya syuting di sejumlah ghat seperti di Ahilya Ghat, Dashashwamedh Ghat (tempat ritual di mana Gangga mencari ayahnya sampai malam dan scene malam hari dengan panggung2 kecil dan deretan payung tinggi), Manikarnika Ghat (ghat tempat membakar mayat), Mahanirwani Ghat, Prabhu Ghat, dan Chet Singh Ghat (adegan pertemuan pertama Gangaa dan Sagar dewasa).

Tempat syuting sinetron Gangaa SCTV di Uttar Pradesh India
Dashaswamedh Ghat, Benares
Adegan Gangaa di Mahanirwani Ghat, Benares
Adegan Gangaa di Prabhu Ghat, Benares
Tempat syuting sinetron Gangaa SCTV di Uttar Pradesh India
Chet Singh Ghat, Benares
Tempat syuting sinetron Gangaa SCTV di Uttar Pradesh India
Gangaa dan Sagar syuting di Chet Singh Ghat, Benares
Tempat syuting sinetron Gangaa SCTV di Uttar Pradesh India
Salah satu adegan dalam drama Gangaa. Gangaa tampak berlari menelusuri lorong yang berujung ke pintu  bangunan Chet Singh Palace di Chet Singh Ghat dan berlari hingga ke Prabhu Ghat, kota Benares
Tempat syuting sinetron Gangaa SCTV di Uttar Pradesh India
Pecinta serial Gangaa pasti familiar dengan pemandangan ini :)
Tempat syuting sinetron Gangaa SCTV di Uttar Pradesh India
Penjual Jalebi dan Kacori di Benares:)
Tempat syuting sinetron Gangaa SCTV di Uttar Pradesh India
Gang sempit penuh kios dan orang khas kota Benares
Pemilihan kota Kota Benares/Varanasi di Uttar Pradesh India sebagai tempat syuting serial Gangga yang inspiratif bukanlah sekedar kebetulan atau tanpa alasan. Karena Benares memang merupakan pusat tradisi spiritual di India dan merupakan kota paling suci dari 7 Kota Suci (Sapta Puri) dalam agama Hindu.
Dengan semua predikatnya itu, tak heran jika Benares juga telah lama dikenal sebagai salah satu tempat wisata paling terkenal di India, yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat langsung tradisi spiritual dan kehidupan sehari-hari masyarakat India. Dengan demikian, serial Gangaa tak hanya mengangkat salah satu cerita inspiratif mengenai norma sosial, budaya, tradisi, dan kehidupan sehari-hari masyarakat India, tetapi juga mengangkat pariwisatanya dan menunjukkan tradisi dan budaya masyarakat India langsung di pusatnya. Wah keren banget yah?

Tertarik ke Benares dan mengunjungi tempat syuting sinetron Gangaa? Lihat sejuta pesona kota Varanasi selengkapnya di sini.

Tempat syuting sinetron Gangaa SCTV di Uttar Pradesh India
Gangga terus berlari di sepanjang ghat tepi sungai Gangga dan melewati deretan sari yang sedang dicuci dan dijemur
Tempat syuting sinetron Gangaa SCTV di Uttar Pradesh India
Gangga melewati iring-iringan pendeta dan bertemu Sagar dan keluarganya di Mahanirwani Ghat, kota Benares

All text © Explorer Guidebook

Gangaa (river) – “She has been a symbol of India's age-long culture and civilization, ever-changing, ever-flowing, and yet ever the same Gangaa.” - Jawaharlal Nehru





Incoming search term:
Tempat lokasi syuting drama serial Gangga di Uttar Pradesh India. 
Tempat syuting Gangaa SCTV
Lokasi syuting Gangaa SCTV
Tempat syuting sinetron Gangaa SCTV
Gangaa serial filming location

2 comments: Leave Your Comments

  1. Replies
    1. Kalau Uttaran setau kami latar belakang lokasi dan budayanya kan tidak terlalu kuat, tidak seperti Gangaa. Tidak ada tempat khusus mereka syuting, paling cuma rumah :p, itupun tidak ada yang istimewa, sepertinya nggak ada yang tertarik ke sana :p ^.^v

      Delete