Ini Dia 6 Festival Paling Terkenal di Zermatt, Swiss

0
festival wisata terkenal di zermatt swiss

Explorer Guidebook - Zermatt adalah salah satu desa paling indah di Swiss dan Eropa yang terkenal dengan pemandangan pegunungannya yang indah serta arena skinya yang bisa dinikmati sepanjang tahun. Selain itu, ada banyak atraksi wisata yang bisa dinikmati pengunjung di Zermatt, salah satunya adalah festival. Di Zermatt ada cukup banyak festival dan event musiman yang diadakan setiap tahun oleh kantor wisata Zermatt. Berikut 6 festival dan event yang diadakan di Zermatt tahun 2018: 


1. Arak-arakan Kambing Gunung (Goats’ Tour). 
Selama 7 minggu pada musim panas (akhir Juni-Pertengahan Agustus) akan diadakan prosesi parade sekitar 45 kambing gunung khas Zermatt (warna hitam-putih). Arak-arakan ini dipimpin oleh 3 ‘penggembala’, yaitu anak-anak berusia sekitar 12 tahun yang mengenakan seragam khusus. Arak-arakan akan berlangsung mulai jam 9 pagi di sepanjang jalan utama kota Zermat (Bahnhoffstrasse*) hingga naik ke padang rumput di atas gunung, di atas distrik Spiss tidak jauh dari landasan helikopter. Pada sore harinya pukul 5, kambing-kambing ini akan diarak kembali melewati Bahnhoffstrasse menuju kandangnya (orang Zermatt menyebutnya ‘Gadi’) di Zen Stecken. 

*Jika ada kegiatan/acara lebih penting yang berlangsung di jalan Bahnhoffstrasse, maka Goat Tour akan diadakan di sepanjang jalan sungai Vispa (Bachstrasse).

2. Folklore Music Festival (Festival Musik Rakyat) 
Selama musim panas (6 Juli - 8 September), setiap harinya akan diadakan sejumlah pertunjukan musik rakyat/tradisional yang ditampilkan oleh sejumlah grup setiap pukul 16.00-16.30, bertempat di Bahnhofplatz (dekat stasiun kereta). Di festival ini Anda bisa mengetahui dan menyaksikan langsung jenis musik dan alat-alat musik tradisional khas Swiss seperti alphorn (alpine horn: terompet super panjang) dan Schwyzerorgeli. Dan kabar baiknya, pertunjukan ini diadakan di ruang terbuka dan gratis! 

3. Folklore Festival 
Festival ini adalah salah satu pesta rakyat paling meriah di Zermatt yang meliputi berbagai pertunjukan grup di sejumlah tempat terkenal di Zermatt (Gornergrat, Riffelberg, Church Square, Station Square, Klein Matterhorn), konser gereja (di Church square dan St. Mauritius), food festival di lapangan Obere Matten, dan puncaknya adalah parade kostum, musik, dan tarian dengan rute Bahnhoffplatz (Station Square) – Bahnhofstrasse – Kirchplatz (Church Square) – Kirchbrucke (Church Bridge) – Steinmattstrasse – Obere Matten, yang diakhiri dengan pertunjukan grup lagi di Obere Matten. Festival ini diadakan setiap tahun, dan tahun 2018 ini jatuh pada hari Sabtu-Minggu (11-12 Agustus 2018), mulai jam 10.30 pagi. Parade dimulai pkl 13.30. 

4. Wolli in the Village 
Wolli adalah maskot kota Zermatt yang berupa boneka berbentuk domba berhidung hitam. Jika Anda ingin berjumpa dan berfoto dengan Wolli, datang saja ke jalan Bahnhofstrasse setiap hari Senin pada musim panas (Juli-Agustus) pkl 13.30-14.00. 

5. Perayaan Swiss National Holiday
Swiss National Holiday juga dirayakan di Zermatt setiap tanggal 31 Juli-1 Agustus. Perayaan biasanya dilakukan dengan mengadakan festival atau pesta di jalan dengan musik live di sepanjang jalan utama Bahnhofstrasse dan Bahnhofplatz (31 Agustus), ditutup dengan pesta kembang api pada 1 Agustus malam.

6. Gornergrat Zermatt Marathon 
Ingin merasakan sensasi lari di atas gunung dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan? Event ini bisa jadi jawabannya. Gornergrat Marathon adalah salah satu event lari terbaik di pegunungan Alpen. Di mulai dari St. Niklaus pada ketinggian 1.116 m dan selesai di Riffelberg (2.585 m) dan bisa naik hingga ke Gornergrat pada ketinggian 3.089 m. Marathon ini mencakup rute sepanjang 42,2 km dan menaklukan ketinggian 1.469 m! Tanggal event: 7 Juli 2018, 6 Juli 2019. 

Demikian 5 festival paling penting di Zermatt, Swiss. Jangan lupa rencanakan perjalanan Anda sesuai jadwal festival-festival tersebut jika Anda ingin melihatnya saat Anda liburan di Zermatt :)

Artikel Terkait:
20 Atraksi Wisata Paling Terkenal di Zermatt, Swiss

0 comments:

Post a Comment