Pages

4 Bandara Terbesar dan Paling Terkenal di Korea Selatan

0
Bandara Incheon Seoul Korea Selatan

Halo Explorer, penasaran dan ingin tahu apa saja bandara terbesar dan paling populer di Korea Selatan? Yuk, berikut ulasannya.

1. Incheon International Airport (ICN)
Incheon International Airport atau Bandara Internasional Incheon adalah bandara terbesar di Korea, sekaligus salah satu bandara terbesar dan paling sibuk di dunia. Incheon International Airport mulai beroperasi sejak tahun 2001, menggantikan Gimpo International Airport sebagai bandara utama yang melayani penerbangan internasional di area kapital kota Seoul, Korea Selatan. 

Bandara Incheon terletak di barat pusat kota Incheon (48 km barat kota Seoul), dan berdiri di lahan buatan yang terletak di antara pulau Yeongjong dan Yongyu. Kedua pulau ini sebelumnya dipisahkan oleh laut dangkal, yang kemudian direklamasi untuk proyek konstruksi bandara Incheon. Kedua pulau tersebut dan area reklamasi ini termasuk ke area Jung-gu, salah satu distrik di Incheon, Korea Selatan.

Sejak tahun 2005, Bandara Incheon telah dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia oleh Airports Council International selama 11 tahun berturut-turut. Bandara ini juga dinobatkan sebagai bandara paling bersih sekaligus bandara transit internasional terbaik di dunia oleh Skytrax.

Sebagai salah satu bandara terbesar dan terbaik di dunia, Bandara Incheon tidak hanya memiliki desain dan aristektur yang modern dan mengagumkan, tetapi juga memiliki fasilitas yang tak kalah mengesankan seperti lapangan golf, tempat ice skating, kasino, video game center, taman indoor, ruang tidur privat, dan juga museum kebudayaan Korea.

Tak hanya itu, pusat perbelanjaan bebas pajak di Bandara Incheon juga dinobatkan sebagai yang terbaik oleh Business Traveller selama tiga tahun berturut-turut di tahun 2013. Bandara Incheon juga termasuk salah satu bandara tercepat di dunia untuk proses imigrasi, dengan rata-rata waktu pada proses keberangkatan dan kedatangan memakan waktu 19 dan 12 menit.

Bandara Incheon memiliki 2 Terminal, yaitu Terminal 1 dan Terminal 2, dan sebuah Concourse, dengan jumlah total gate sebanyak 111 gate.

2. Gimpo International Airport (GMP)
Gimpo International Airport atau Bandara Internasional Gimpo adalah bandara terbesar ketiga di Korea Selatan. Bandara sekunder ini lebih banyak melayani penerbangan domestik dan juga penerbangan transit ke kota-kota besar di Asia timur seperti Tokyo, Osaka, Beijing, Shanghai, dan Taipei, setelah peran utamanya sebagai bandara utama Korea Selatan digantikan oleh Bandara Internasional Incheon pada tahun 2001. Pada tahun 2015, Bandara Gimpo menjadi bandara terbesar ketiga dari segi jumlah penumpang, dengan Bandara Internasional Jeju berada di posisi kedua.

Bandara Internasional Gimpo terletak di ujung barat kota Seoul (15 km barat pusat kota Seoul), tepatnya di selatan sungai Han di barat kota Seoul, Korea Selatan. Bandara ini pertama kali dibangun pada tahun 1935–1942 sebagai base militer, yang kemudian di desain ulang pada tahun 1958 sebagai Bandara Gimpo yang sekarang. Bandara ini termasuk bandara yang bersejarah karena menjadi saksi masa pendudukan Jepang dan juga Perang Korea.

Dari Bandara Gimpo, kalian bisa menuju ke bandara Incheon dengan naik Incheon International Airport Expressway.

3. Jeju International Airport (CJU)
Jeju International Airport atau Bandara Internasional Jeju adalah bandara terbesar kedua di Korea Selatan. Bandara ini dibuka pada tahun 1968 dan terletak di kota Jeju, Pulau Jeju Korea Selatan.

Bandara Internasional Jeju sebagian besar melayani penerbangan domestik dan juga penerbangan internasional ke Cina, Hong Kong, Taiwan, Thailand, dan Malaysia. Karena jumlah penumpangnya yang semakin membludak dan kapasitas bandara yang terbatas, dikabarkan akan dibangun bandara kedua di Jeju, tepatnya di Seogwipo (kota terbesar kedua di Pulau Jeju).

4. Gimhae International Airport (PUS) 
Gimhae International Airport atau Bandara Internasional Gimhae terletak di tepi barat kota Busan (kota terbesar kedua di Korea Selatan), dekat dengan kota bersejarah Gimhae. Bandara yang dibuka pada tahun 1976 ini melayani penerbangan militer dan juga komersial. Saat ini, Bandara Gimhae sedang dalam perencanaan tahap ekspansi untuk meningkatkan kapasitasnya, yang direncanakan akan dimulai tahun 2021 dan selesai pada tahun 2026 mendatang.

Nah itu dia 3 bandara terbesar dan paling terkenal di Korea Selatan. Mana nih yang jadi tujuan kamu saat traveling ke Korea?


Terkait:
Daftar Hotel Murah 100ribuan di Korea


Text ©copyright Explorer Guidebook. All rights reserved.

0 comments:

Post a Comment