22 Daya Tarik Wisata Kota Zermatt, Swiss (Part 1)

0
tempat wisata ski terkenal di swiss zermatt

Explorer Guidebook - Zermatt adalah sebuah kota pegunungan indah yang terletak di distrik Visp, kanton Valais, Swiss. Kota ini merupakan kota pegunungan dan resort ski paling terkenal di Swiss, dan terkenal dengan puncak gunung Matterhorn-nya yang menjadi ikon dan landmark kota Zermatt. Lalu apa saja daya tarik wisata di Zermatt yang telah menarik jutaan wisatawan dari berbagai belahan dunia? Berikut tempat-tempat wisata paling terkenal di Zermatt yang kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi.

1. Matterhorn 
Matterhorn adalah salah satu gunung di pegunungan Penine Alps (bagian dari deretan pegunungan Alpen) yang terletak di kota Zermatt Swiss, tepat di perbatasan Swiss dan Italia. Gunung dengan tinggi 4.478 m ini merupakan ikon kota Zermatt dan Pegunungan Alpen Swiss (Swiss Alps). Dengan bentuknya yang unik seperti piramida, Matterhorn selalu behasil menarik perhatian setiap pengunjung yang baru tiba di Zermatt. 

Matterhorn sendiri berasal dari bahasa Jerman “Matte” dan “Horn” yang berarti “padang rumput” dan “puncak”. Dalam bahasa Italia, gunung ini disebut Monte Cervino, dan dalam bahasa Prancis disebut Mont Cervin. (FYI, Swiss adalah negara di Eropa yang memiliki 4 bahasa resmi sekaligus, yaitu Jerman, Prancis, Italia, dan Romans :D. Harus belajar banyak bahasa ya kalau ke Swiss :p. Dan Zermatt ini termasuk wilayah “German speaking”, jadi nama-nama di kota ini lebih banyak dalam bahasa Jerman). 

Matterhorn adalah satu dari beberapa puncak pegunungan Alpen yang paling terakhir ditaklukan, terkenal dengan pendakian pertamanya (tahun 1865) yang berujung maut, di mana 4 pendakinya tewas saat mencoba turun gunung setelah menaklukkan puncaknya. Catatan sejarah pendakian pertama ini bisa Anda lihat di Matterhorn Museum (Zermatlantis), bahkan Anda juga bisa melihat tali asli yang putus pada saat pendakian tersebut di museum ini. 

Dengan 500 orang pendaki yang tewas di gunung ini antara 1865-1995, Matterhorn terhitung sebagai puncak gunung paling mematikan di pegunungan Alpen! (mungkin karena bentuknya yang runcing dan hampir vertikal, jadi curam dan terjal dan sulit didaki). Hm... Jadi ngeri atau malah tertantang? :D. Well, apapun itu, Matterhorn selalu membuka hati, eh, lereng dan puncaknya untuk para pendaki sepanjang tahun, apapun musimnya. Gunung yang memiliki 4 wajah (sisi) ini memiliki 4 rute pendakian utama, yang menarik semakin banyak pendaki sejak abad 18, mulai dari pendaki pemula hingga penjelajah. Anda juga tertarik menaklukan puncak Matterhorn? 

2. Olahraga Outdoor, Ski, dll. 
Terletak di kaki pegunungan tertinggi di Swiss pada ketinggian 1.620 m, Zermatt sudah lama dikenal sebagai salah satu pusat olahraga dan aktivitas outdoor di pegunungan seperti mendaki gunung, ski, snowboarding, hiking, trekking, mountain biking, paralayang, dll. 

Jadi meskipun Anda juga bisa berhari-hari hanya menikmati keindahan kota Zermatt (bahkan mungkin tidak akan cukup cuma ‘berhari-hari’ :p), kami sarankan Anda mencoba banyak aktivitas saat di Zermatt. Karena Zermatt juga menawarkan banyak aktivitas untuk para wisatawan, contohnya ski. Kapan lagi coba bisa bermain ski di salah satu arena ski paling populer dan tertinggi di Eropa dan bisa meluncur di perbatasan 2 negara? 

Selain ski yang bisa Anda nikmati full 365 hari dalam setahun, Anda juga bisa melakukan hiking, trekking, dan mountain biking, dan paralayang sambil menikmati pemandangan pegunungan Zermatt yang menakjubkan selama perjalanan. 

Untuk ski dan snowboarding, Anda bisa menyewa peralatan ski di tempat-tempat penyewaan alat ski yang banyak tersebar di Zermatt, lalu naik kereta, kereta gantung (cabble car), atau gondola ke tempat ski yang dituju. Atau bisa juga naik helikopter untuk pengalaman ski yang lebih mewah :D. Jika Anda belum pernah main ski sebelumnya atau belum mahir, Anda juga bisa sekaligus meminta bantuan pemandu ski. 

Di Zermatt ada 4 area yang didedikasikan untuk ski, yaitu: Sunnegga, Gornergrat, Klein Matterhorn, dan Schwarzsee. Di Gornergrat, area ski menjadi satu dengan stasiun, jadi Anda bisa bermain ski di sana setelah naik kereta Gornergrat Bahn, sekaligus mengunjungi kompleks hotel di puncak Gornergrat! 

Ski di Zermat memang dipromosikan bisa dinikmati sepanjang tahun, entah itu winter, spring, summer, ataupun autumn, namun ada masa off season, yaitu Mei-Juni, di mana area ski hanya terbatas di Theodulgletscher (di belakang Klein Matterhorn), dan area gletser utama tidak dibuka sampai bulan Juli. 

Jadi jika Anda ingin merasakan pengalaman ski yang maksimal, kami sarankan untuk menghindari bulan-bulan off season tersebut. Dan juga cek ramalan cuaca hari Anda akan berencana bermain ski, karena jika cuaca buruk, area-area ski ini bisa ditutup untuk keselamatan pengunjung. 

Bahkan saat musim panas sekalipun, cuaca bisa berubah menjadi tak bersahabat, misalnya hujan deras. Hujan deras kalau di bawah mungkin bukan masalah ya, tapi kalau di atas gunung atau pas di cabble car, yang airnya mungkin langsung jadi salju dan anginnya juga kencang dan muncul petir, suasanya bisa jadi beda :D. Jadi ada baiknya cek ramalan cuaca sebelum berangkat agar tidak kecewa :) dan pastikan Anda tidak sendirian di sana :p. Well sebanarnya kalaupun Anda terjebak di area ski, sebenarnya tidak terlalu masalah sih, asal penyelamatnya segera datang ;) (ah kayak drama *kibasrambut*:p)

3. Pegunungan dan Salju 
Selain ski, daya tarik utama kota Zermatt adalah pemandangannya yang indah. Dan yang paling mendominasi pemandangan kota Zermatt adalah pegunungannya. Bagaimana tidak? Kota yang terletak di di ujung selatan lembah Matter Valley ini (dalam bahasa Jerman: Mattertal) hampir sepenuhnya dikelilingi deretan pegunungan di setiap sisinya. 

Ke manapun Anda memandang, akan tampak lereng-lereng nan luas dan badan gunung yang masif yang entah berwarna putih karena berselimutkan salju saat musim dingin, atau terlihat bebatuannya dengan selang seling deretan pohon pinus di musim panas. Semuanya sangat indah dan menakjubkan, dan sering membuat para wisatawan terpana. 

Beberapa puncak gunung paling tinggi di Zermatt seperti gunung Monte Rosa (4.634 m dpl, puncak gunung paling tinggi di Swiss), Dom (4.545 m), Lyskamm (4.527 m), Weisshorn (4.505 m), dan Matterhorn (4.478 m), yang selalu bermandikan salju sepanjang tahun juga seolah-olah berlomba menonjolkan puncaknya dan menarik perhatian setiap pengunjung. 

Dengan pemandangannya yang menakjubkan, tak heran jika Zermatt selalu berhasil membuat wisatawan terpana dengan keindahan alam pegunungannya dan selalu ingin kembali ke kota kecil yang ramai namun damai ini.

4.  Kereta Gantung dan Gondola 
Di Zermatt yang notabenenya adalah kota pegunungan dan ski, Anda akan banyak melihat lintasan kabel-kabel kereta di atas gunung, dan kereta gantung serta gondola berlalu lalang naik-turun gunung. Anda bisa naik kereta gantung (kereta kabel/cabble car) dan gondola ini untuk menuju ke stempat ski sambil menikmati pemandangan Zermatt dari ketinggian. 

5. Pemandangan Kota yang Indah, Unik, dan Asri 
Selain pegunungannya, hampir setiap sudut kota Zermatt juga menyuguhkan pemandangan yang indah di depan mata, mulai dari bentang alamnya yang menakjubkan seperti pegunungan bersalju, hamparan lereng dan lembah nan luas, sungai dan air terjun, hingga rumah-rumah penginapan kayu yang terlihat bertumpuk-tumpuk dan penuh bunga (musim semi dan musim panas). 

Zermatt memiliki atmosfer yang ramai seperti kota metropolitan di tengah pegunungan, dengan pemukiman yang padat konsentris, serta banyak wisatawan dan tempat penginapan. Semuanya menghasilkan kombinasi pemandangan kota pegunungan yang cantik dan unik khas Zermatt, yang terlihat bak lukisan, seperti tidak nyata saking indahnya. 

Zermatt juga terkenal memiliki udara yang sangat bersih dan segar, karena percaya atau tidak, seluruh kota ini termasuk zona bebas mobil dan kendaraan bermotor! Well, lebih tepatnya zona bebas kendaraan yang berknalpot dan mengeluarkan asap. Hal ini diberlakukan oleh pemerintah agar kota Zermatt bebas polusi udara, sehingga puncak Matterhorn yang menjadi ikon dan kebanggaannya, tetap bisa terlihat sampai kapan pun tanpa terhalang awan/kabut yang bisa semakin menebal jika terjadi polusi udara. 

Meskipun diberlakukan aturan demikian, bukan berarti di Zermatt sama sekali tidak ada kendaraan bermotor. Karena ternyata, di kota kecil ini tetap lalu lalang banyak mobil-mobil mini. Sebagai gantinya, kendaraan-kendaraan bermotor di Zermatt semuanya menggunakan baterai dan berjalan nyaris tanpa suara! (Aww, amazing nggak sih? Bukan hanya tanpa asap knalpot tapi juga bebas suara bising kendaraan. Di mana lagi coba ada tempat kayak gini? Lihat mobil betulan jalan tanpa asap dan suara? :D). 

Mobil-mobil dan bus berbaterai/listrik ini sebagian besar dioperasikan oleh pemilik bisnis lokal (hotel/restauran) sebagai bus shuttle tamu, dan ada juga mobil ‘taxi’, serta bus penumpang. Kendaraan emergensi dan dinas (ambulans, pemadam kebakaran, truk sampah) diijinkan menggunakan kendaraan berknalpot (pengecualian). Selain kendaraan bermotor, di Zermatt juga terdapat kereta kuda yang dioperasikan oleh hotel ataupun disewakan. 

6. Hotel 
Zermatt memiliki lebih dari 100 hotel dan sejumlah penginapan dan apartemen yang menawarkan sensasi yang berbeda bermalam di pegunungan. Penginapan-penginapan di Zermatt memiliki bentuk yang khas, dengan lantai bertingkat-tingkat dan atap segitiga (tidak ada atap datar), dan banyak yang berupa rumah penginapan kayu tradisional (chalet). Penginapan-penginapan kayu ini sebagian memang kuno dan sebagiannya lagi modern, dan biasanya selalu dihiasi banyak bunga di balkon jendelanya (saat musim semi/panas) yang juga menjadi ciri khas hotel dan penginapan di Zermatt. 

Hampir semua hotel dan penginapan di Zermatt menawarkan pemandangan yang indah dari kamar/hotel, karena Zermatt memang kota kecil di mana letak hotel-hotelnya juga terpusat di tengah lembah, dan sekelilingnya pegunungan yang bisa dilihat dari mana pun Anda berada. 

Meskipun demikian, ada sejumlah hotel dan penginapan yang letaknya memang sangat strategis sehingga menawarkan pemandangan yang luar biasa begitu Anda memandang ke luar jendela kamar atau memijakkan kaki keluar pintu hotel, seperti pemandangan puncak Matterhorn yang terlihat begitu dekat dan jelas. 

Bahkan banyak juga hotel di Zermatt yang letaknya tak biasa, seperti ‘menyendiri’ di atas punggung bukit, di tepi lereng, hingga di puncak gunung demi memberikan tamu mereka pengalaman istimewa yang tidak bisa mereka dapatkan di tempat lain :). Beberapa hotel yang paling terkenal di Zermatt di antaranya adalah hotel Mont Cervin Palace, Monte Rosa (hotel pertama di Zermatt), Kulm Hotel (di atas puncak Gornergrat), dan Grand Hotel Zermatterhof.

7. Restauran 
Zermatt memang tempatnya segala sesuatu yang tak biasa dan membuat pengunjung ternganga dan ber-wow ria. Selain hotel yang tak biasa, Zermatt juga memiliki banyak restauran yang menyajikan kuliner istimewa sekaligus menyuguhkan pemandangan yang menghipnotis pengunjung dengan keindahannya, seperti restauran terbuka/teras/outdoor di atas gunung atau area ski. Wajib coba selama di Zermatt ;) 

8. Stasiun, Hotel, dan Mall di Atas Gunung 
Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh wisatawan saat ke Zermatt adalah naik kereta Gornergratbahn menuju stasiun Gornergrat di puncak Gornergrat. Gornergrat (Gorner Ridge) adalah salah satu punggung bukit Penine Alps (bagian dari pegunungan Alpen) yang menghadap Gorner Glasier di sebelah tenggara. 

Tertetak pada ketinggian 3.089 m, stasiun Gornergrat adalah stasiun kereta api terbuka paling tinggi di Eropa dan stasiun kereta tertinggi kedua setelah stasiun Jungfrau. Stasiun Gornergrat juga menjadi satu dengan area ski Gornergrat. Lama perjalanan menuju stasiun ini adalah 29-40 menit, dan di puncaknya ini Anda akan menemukan stasiun Gornergrat dan sebuah kompleks hotel yang terdiri dari 1 hotel bintang 4, 2 restauran, 1 mall, sebuah gereja, dan sebuah observatorium untuk mengamati bintang di atas langit pegunungan Zermatt. Baca selengkapnya tentang kompleks hotel ini di sini.

Di puncak Gornergrat inilah Anda bisa mendapatkan pemandangan menakjubkan dan membuat terpana dari puncak-puncak pegunungan Alpen (khususnya Penine Alps) yang berselimutkan salju, yang yang membentang luas di perbatasan Swiss-Italia, 360 derajat dari ketinggian. 

Tempat yang nyaman untuk menikmati keindahan pegunungan ini tentu saja adalah dari restauran teras di hotel Gornergrat. Dari sini Anda bisa duduk dengan santai dan nyaman, menikmati kopi atau coklat panas dan santapan kuliner lezat, sambil menyesapi keindahan puncak-puncak pegunungan Alpen yang terpampang nyata di depan mata :D. Jangan lupa siapkan kamera Anda, karena tempat ini juga yang terbaik dan paling populer untuk mengambil foto pemandangan maupun foto diri ;). Pernah lihat foto-foto sejenis dan selalu penasaran itu di mana? Yeah, finally you know where it is, and now you have it too :) 

9. Gereja St. Mauritius 
Ada 2 gereja di Zermatt, yaitu Saint Mauritius Church dan Saint Peter’s Church. Gereja Saint Mauritius Church (Kirche St. Mauritius) adalah gereja paling terkenal sekaligus ikonik di Zermatt. Gereja St. Mauritius dibangun pada tahun 1913 dan akhirnya selesai pada tahun 1932 setelah jeda karena Perang Dunia II. 

Anda bisa mengunjungi gereja ini saat jalan-jalan di Zermatt. Dan dari tangga depan gereja (dekat Matterhorn Museum), Anda bisa mendapatkan foto bak wallpaper dengan menara jam gereja dan puncak gunung Matterhorn sebagai latar belakang :) 

Anda bisa dengan mudah menemukan gereja ini, karena menara jamnya yang tinggi dan khas terlihat menjulang di antara bangunan-bangunan hotel di Zermatt. Atau untuk mudahnya Anda cari saja jalan Kirchplatz/Kirchpl. (Church Square) atau Kirchstrasse (Church Street) yang mengitari gereja ini. 

Letak gereja ini cukup di pusat, sehingga di sekitarnya ada banyak tempat menarik lain seperti Mountaineer’s Cemetry di taman samping belakang gereja, dan di seberang jalan ada Pemakaman Kota Zermatt, taman, Tepat di samping gereja Anda juga bisa menemukan Matterhorn Museum (Zermatlantis), Grand Hotel Zermatterhorf (salah satu hotel besar terkenal di Zermatt), dan balai kota Gemeinde Zermatt di sisi satunya. 

Alamat St. Mauritius Church (Pfarrkirche St. Mauritius): Kirchplatz/Kirchstrasse, 3920 Zermatt 

10. Makam Pendaki & Pemakaman Kota Zermatt 

Untuk menyesap keindahan kota Zermatt secara maksimal, kami sarankan Anda untuk berjalan kaki mengelilingi kota ini, karena setiap jengkalnya cantik-cantik, dan indah ke manapun mata Anda memandang. Tak percaya? 

Lihat saja Makam Pendaki (Mountaineers’ Cemetry) yang berada di taman samping St. Mauritius Church dan juga Pemakaman Utama Kota Zermatt di dekatnya yang ada di seberang jalan. Bahkan makam di kota Zermat pun terlihat cantik, bersih, dan terawat, dan menjadi spot yang menarik :). 

11. Taman Kota 

Di belakang gereja juga ada sebuah taman cantik yang cukup luas dengan banyak bangku dan gugusan bunga yang cantik saat musim semi/panas. Bisa jadi tempat pemberhentian Anda sejenak saat jalan-jalan, sambil istirahat dan menikmati pemandangan sekitar.

Nah demikian 22 daya tarik wisata kota Zermatt. Yuk lanjuk ke Part 2 untuk melihat selengkapnya tempat-tepat wisata paling terkenal di Zermatt, Swiss :)

Artikel Terkait:
22 Daya Tarik Wisata Kota Zermatt, Swiss (Part 2)

0 comments:

Post a Comment