22 Daya Tarik Wisata Kota Zermatt, Swiss (Part 2)

0

Explorer Guidebook - Setelah 22 Daya Tarik Wisata Zermatt (Part 1), saatnya lanjut ke Part 2. Kita mulai dari nomor 12 ya ;)

12. Matterhorn Museum 
Matterhorn Museum (Zermatlantis) adalah museum mini di Zermatt yang menampilkan cara hidup penduduk asli Zermatt pada masa lampau (abad 19), serta sejarah dan peristiwa penting seputar Matterhorn. Matterhorn museum dibuka pada tahun 2006 dan memiliki desain yang unik, yaitu berupa bangunan kecil mirip segilima, dengan atap kubah lancip seperti tenda, dan terbuat dari kaca. Desain bangunan unik ini merupakan hasil karya perusahaan Steiner Sarnen, yang juga mendesain Hamburg Port Museum dan Swiss National Museum. Kurang lebih ada sekitar 40.000 orang yang mengunjungi museum ini setiap tahunnya. 

Di dalam Matterhorn Museum Anda bisa melihat rumah-rumah asli dari penduduk asli desa Zermatt pada zaman dulu dan tempat tinggal para peneliti pegunungan Alpen. Rumah-rumah tersebut ditampilkan seperti aslinya, lengkap dengan segala perabotan dan perkakasnya sehingga terlihat seolah masih dihuni. 

Selain rumah penduduk, di Matterhorn museum juga terdapat ruang multimedia yang menampilkan cuplikan dari film Der Berg Ruft (The Mountain Calls) yang difilmkan di Zermatt dan menggambarkan pendakian pertama kali di Matterhorn pada tahun 1865 (termasuk peristiwa maut pendaki saat jatuh). Tali asli yang putus saat pendakian tersebut bahkan bisa Anda lihat di museum ini, serta sejumlah artefak lainnya. Selain itu, ada juga sejumlah catatan rekor pendakian di Matterhorn, lengkap dengan foto-fotonya, dan juga relief Matterhorn yang menggambarkan sejumlah rute pendakian ke puncaknya. 

Tertarik ke sini? Anda dengan mudah menemukannya karena museum ini terletak tepat di samping gereja St. Mauritius (atau samping hotel Zermatterhoff). 

Harga tiket: 10 CHF 

13. Perpustakaan Kota Zermatt 

Perpustakaan di pusat kota Zermatt menempati bangunan cantik yang berada di seberang Matterhorn Museum. Dibuka sebagai perpustakaan pada tahun 1991, bangunan yang dibangun pada tahun 1730 dahulunya adalah tempat tinggal para pendeta, dan merupakan salah satu bangunan tua yang dilindungi di kota Zermatt. 

Perpustakaan ini memiliki kurang lebih 5500 koleksi yang terdiri dari berbagai jenre novel, literatur, biografi, buku pengetahuan, serta DVD film dokumenter tentang Zermatt, yang tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, dan Perancis. Pengunjung bisa meminjam koleksi-koleksi ini, dan perpustakaan ini juga terbuka baik untuk warga lokal maupun pengunjung. 

14. Old Village, Zermatt 

Old Village di Zermatt atau Hinterdorf (“Rear Village”) adalah bagian tua kota Zermatt yang terdiri dari kurang lebih 30 bangunan kuno dengan gaya bagunan tradisional Swiss dari abad 18-19. Untuk menemukan kota tua ini, ambil jalan ke kiri dari Gereja St. Mauritius lalu jalan sebentar, dan Anda akan sampai ke sebuah area dengan kumpulan rumah-rumah kayu tradisional berusia ratusan tahun dengan jalan sempit dari bebatuan. 

Menelusuri area kota tua dengan atmosfir kuno ini akan membuat Anda merasa seperti bepergian dengan kapsul waktu dan kembali ke perkampungan kuno Zermatt di abad 18/19. Bahkan, beberapa bangunan rumah dan gudang di area kota tua ini ada yang berusia hingga 500 tahun. Benar-benar bukti sejarah yang bisa dilihat berdiri hingga kini. Jika Anda tertarik, kantor wisata Zermatt juga menawarkan tour khusus ke area kota tua ini dengan menggandeng beberapa orang yang akan berakting seperti penduduk asli lengkap dengan pakaian tradisional dan aktivitas sehari-hari pada zaman dahulu, sehingga Anda akan benar-benar seperti kembali ke perkampungan penduduk di Zermatt pada zaman dahulu.

Old Village di Zermatt paling cantik saat musim semi/panas dan musim salju, yaitu saat rumah-rumah kayunya yang legam kontras dengan warna-warni bunga cerah yang menghiasinya, atau kontras dengan salju tebal yang menutupi atapnya,

Alamat Old Village (Hinterdorf): Hinterdoffstrasse 25, Zermatt 

15. Gereja St. Peter 

St. Peter’s Church adalah gereja kedua di Zermatt yang pertama kali dibuka pada tahun 1870. Meskipun kecil dan terletak agak sudut, namun gereja anglikan ini tak kalah cantik dengan bangunan dan tamannya yang mungil dan cantik (saat musim bunga/spring/summer ya :p), dan letaknya di dekat lereng gunung dan penginapan kayu. 

Alamat St. Peter’s Church (Intercontinental Church Society-St. Peter’s English Church): Bodmen 5, 3920 Zermatt, Swiss 

16. Jalan Bahnhofstrasse 

Bahnhofstrasse (jalan stasiun) adalah jalan dari stasiun kereta api Zermatt yang merupakan jalan utama kota Zermatt, Swiss. Di kedua sisi sepanjang jalan ini Anda bisa menemukan bar, restauran, butik, toko suvenir, bakery, dan toko yang menjual roti, cake, dan coklat. 

17. Jembatan Kirchbrucke (Church Bridge) 

Kirchbrucke adalah jembatan dekat geraja di Zermatt, di mana dari jembatan ini Anda bisa mendapatkan pemandangan dan foto Zermatt ala kartu pos atau wallpaper dengan deretan pepohonan yang mengapit sungai dan puncak gunung Matterhorn di ujungnya. 

18. Tempat Pembuatan Keju 

Di Zermatt Anda juga bisa mengunjungi tempat pembuatan keju. Saat musim panas, Anda bisa berkunjung ke Apsennerie (Alpine Dairy), atau Horu cheese house saat musim dingin, untuk mencicipi berbagai jenis keju Swiss segar ataupun yang diawetkan. 

19. Festival 

Di Zermatt ada cukup banyak festival dan event musiman yang diadakan setiap tahun oleh kantor wisata Zermatt, di antaranya adalah Goat Tour, Folklore Music Festival, Folklore Festival, Wolli in the Village, dan Zermatt Marathon. Baca selengkapnya di sini.

20. Lapangan Zen Stecken & Obere Matten
Zen Stecken adalah lapangan rumput kota Zermatt tempat warga lokal dan juga wisatawan jangka panjang di Zermatt biasa melakukan olahraga seperti voli dan sepak bola. Di dekat lapangan ini juga terdapat taman bermain anak dan juga Fun Park di mana pengunjung termasuk anak-anak bisa melakukan permainan yang menyenangkan seperti bermain flying fox. Selain lapangan di Zen Stecken, Zermatt juga memiliki arena olahraga di Obere Matten yang sering menjadi tempat pertandingan olahraga dan kejuaraan.

21. Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia
Mumpung di Zermatt, sekalian saja merasakan pengalaman yang memacu adrenalin yaitu menyeberangi jembatan gantung terpanjang di dunia! Ya, Charles Kuonen Suspension Bridge adalah jembatan gantung khusus pejalan kaki terpanjang di dunia yang terletak di desa Randa (km dari Zermatt). Jembatan ini membentang sepanjang 494 m, dengan ketinggian 85 m di atas Grabengufer yaitu area di kaki gunung Dom (Gunung tertingggi ke-2 di Swiss).

Untuk mengakses jembatan ini, Anda bisa naik kereta dari Zermatt ke Randa, lalu hiking dari Randa selama kurang lebih 2-2,5 jam. Atau jika Anda ingin hiking 'sungguhan' dengan rute yang lebih panjang, Anda juga bisa mulai hiking dari Zermatt karena Charles Kuonen Suspension Bridge juga merupakan bagian dari rute hiking Europaweg dari Zermatt ke Grächen yang bisa ditempuh sekitar 28 jam (bolak-balik).

22. Naik Helikopter Air Zermatt
Air Zermatt adalah perusahaan helikopter yang beroperasi di Zermatt sejak tahun 1965. Saat di Zermatt, Anda akan sering melihat helikopter-helikopter ini berlalu lalang di atas udara kota Zermatt. dengan warna khasnya merah dan putih. Anda juga ingin merasakan naik helikopter ini? Bisa banget, karena selain fungsinya sebagai sarana transportasi dan tim penyelamat, Air Zermatt juga menawarkan tur helikopter di atas Zermatt-Matterhorn untuk wisatawan. Dan jika anda ingin pengalaman ski yang tak biasa, Anda juga bisa terbang menggunakan helikopter Air Zermatt ke arena ski ;)

Hmmm.. banyak banget yaa yang bisa dinikmati di Zermatt. So... tak sabar untuk momen awwmazing-mu di Zermatt? ;) Yuk segera rencanakan perjalanan Anda ke Zermatt, Swiss, dan jangan lupa naik kereta romantis dengan pemandangan paling indah ini saat menuju ke Zermatt agar pengalaman Anda makin maksimal :D

0 comments:

Post a Comment