Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Big Ben, Menara Jam Ikon Kota London

menara jam london big ben

Big Ben adalah sebutan populer untuk Elizabeth Tower, menara jam yang menjadi landmark dan ikon kota London dan negara Inggris. Menara ini terletak di ujung Westminster Bridge, London, dan merupakan bagian ujung sebelah timur dari Palace of Westminster (atau sekarang lebih dikenal sebagai Houses of Parliament).

Sebagai landmark kota London, Big Ben menjadi tempat wisata terpopuler di Inggris dan merupakan destinasi utama para turis, baik turis lokal maupun turis mancanegara. Big Ben juga sering muncul sebagai ikon kota London di berbagai media visual seperti iklan, brosur, kartu pos dan juga film-film hollywood. Menara ini juga dijadikan sebagai pusat perayaan tahun baru setiap tahunnya oleh warga Inggris. Ingin tahu info detail mengenai Big Ben dan transportasi ke sana?

Big Ben selesai dibangun pada tahun 1858 sebagai bagian dari rekonstruksi Palace of Westminster setelah dilanda kebakaran hebat pada tahun 1834. Menara ini dibangun berdasarkan rancangan seorang arsitektur gothic style berkebangsaan Inggris bernama Augustus Pugin. Menara jam ini berwarna keabu-abuan dengan mengusung gaya arsitektur gothic revival, yaitu gaya arsitektur yang menjamur mulai akhir abad ke-18 sampai abad ke-19 sebagai masa kebangkitan kembali gaya arsitektur gothic. Gaya arsitektur ini banyak dimiliki bangunan-bangunan indah dan bersejarah di United Kingdom (dan juga di Eropa) seperti kastil, istana, katedral, dan juga universitas.

Nama Big Ben sebenarnya awalnya mengacu pada lonceng terbesar jam di dalam menara, yaitu lonceng utama yang berbunyi paling keras tiap satu jam sekali. Empat lonceng lainnya berbunyi secara bergantian tiap seperempat jam. Jam pada menara Big Ben (nama resminya Great Clock of Wesminster) mempunyai 4 sisi jam berdiameter 7 m. 

Big ben
Big Ben saat dibersihkan
Bingkai di sekeliling jam berwarna kekuningan karena disepuh dengan emas, dan di bawah masing-masing jam terdapat tulisan dalam bahasa latin yang berbunyi: “Domine salvam fac reginam nostrum victoriam primam”, yang artinya: “Ya Tuhan jagalah ratu kita Victoria yang pertama”.

Big Ben sebelumnya dinamakan Clock Tower. Namun pada peringatan masa pemerintahan ke-60 tahun (Diamond Jubilee Year) Ratu Elizabeth II pada tahun 2012 lalu, nama menara ini diganti menjadi Elizabeth Tower sebagai bentuk penghargaan untuk sang ratu. Hal ini wajar, mengingat menara di seberangnya (ujung barat Palace of Westminster) juga diberi nama Victoria Tower sebagai penghargaan untuk mendiang Ratu Victoria.

Pada tanggal 31 Mei 2013 nanti, Big Ben akan genap berusia 154 tahun. Meskipun berusia tua, jam ini tidak perlu diragukan lagi akurasinya. Bahkan pada saat Perang Dunia II berlangsung, jam ini tetap berdentang pada waktunya meskipun bangunan di dekatnya, House of Commons (Houses of Parliament), hancur akibat pengeboman. Untuk memastikan akurasinya, jam Big Ben dicek dua kali sehari dari Greenwich Observatory.

London Big Ben

Saat ini, dengan menara setinggi 96 m, Big Ben merupakan menara jam tertinggi ke-5 di dunia setelah menara jam Abraj Al-Bait di Mekah (601 m), menara jam NTT Docomo Yoyogi Building di Tokyo (240 m), menara jam Istana Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan di Warsawa, Polandia (231 m), dan menara jam Joseph Chamberlain Memorial (99 m).

Sayangnya, meskipun merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di seluruh dunia, bagian dalam Big Ben tidak dibuka untuk turis mancanegara. Warga lokal United Kingdom (Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara) bisa masuk ke menara dengan terlebih dahulu mengatur kunjungan dengan Houses of Parliament. Namun begitu mereka harus menaiki 334 anak tangga untuk sampai ke puncak menara karena ternyata menara jam ini tidak memiliki lift. Para turis asing yang ingin berkunjung, bisa melihat-lihat dan mengambil foto di bagian luar menara.

Bagaimana? Tertarik untuk melancong ke Inggris dan melihat keagungan Big Ben dari dekat?


Alamat: Westminster Bridge Road, City of Wesminster, London
Bagaimana Cara ke Sana?
Bus: Naik jalur 3, 11, 24, 53, 87, 88, 148, 159, 211, 453, N2, N3, N87, N136, N155, N159, atau N381.
Kereta Bawah Tanah (Di Inggris disebut 'underground' atau ‘tube’. Stasiun bawah tanah terdekat: Westminster Station (Circle line, District line, dan Jubilee Line)
Kereta Biasa (Di Inggris disebut 'rail'. Stasiun terdekat (20-30 menit jalan kaki):
- Charing Cross Station
- Victoria Station
- Waterloo Station
Sepeda. Karena masyarakat umum tidak diperkenankan membawa sepeda memasuki area gedung parlemen, tempat parkir berada di luar area, yaitu di Millbank road. Tidak jauh dari Big Ben juga terdapat tempat penyewaan sepeda, yaitu di Smith Square (5 menit jalan kaki) dan di Abingdon Green (di seberang Victoria Tower Garden).
Mobil. Terdapat tempat parkir mobil di Abingdon Green dekat Victoria Tower dan tempat parkir bagi penyandang cacat di Great Peter Street, Smith Square, dan Methodist Central Hall di Matthew Parker Street.
Jalan Kaki. Pejalan kaki bisa menuju Big Ben lewat Westminster Bridge atau Waterloo Bridge. 


Tempat wisata lain di dekat Big Ben: