London Eye, Tempat Wisata Berbayar Terlaris Di Inggris

0
kincir London Eye
London Eye dengan Big Ben dan Houses of Parliament di sebelah kiri

London Eye
, yang mempunyai nama resmi EDF Energy London Eye, adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Inggris yang terletak di jantung kota London. ianglala atau kincir ria raksasa ini berada di tepi selatan sungai Thames, tepatnya di Jubilee Garden, London.

London Eye dibangun sebagai bagian dari perayaan milenium baru (tahun 2000) di London, dan dirancang khusus oleh tim arsitek yang dipimpin pasangan suami istri arsitek bernama David Marks dan Julia Barfield.
Saat diluncurkan pada akhir tahun 1999, London Eye merupakan kincir bianglala tertinggi di dunia, dengan tinggi 135 m. Namun posisinya tergeser setelah dibangun Star of Nanchang di Cina (setinggi 160 m) pada tahun 2006 dan Singapore Flyer (setinggi 165 m) pada tahun 2008. Meskipun demikian, London Eye tetap menjadi kincir ria tertingi di Eropa hingga saat ini. Dan tidak seperti pesaingnya, Star of Nanchang dan Singapore Flyer yang ditopang oleh dua kerangka di kedua sisinya, London Eye hanya ditopang oleh 1 kerangka berbentuk “A” di salah satu sisinya sehingga dianggap sebagai roda cantilever tertinggi di dunia.

London Eye atau Millenium Wheel menjadi tempat wisata berbayar terpopuler di Inggris dengan jumlah kunjungan mencapai 3,5 juta orang per tahun. Kincir bianglala ini memiliki 32 kapsul penumpang (sesuai dengan jumlah distrik di kota London) yang masing-masing mampu menampung hingga 25 orang. Dengan kapasitas tersebut, kincir ini bisa dinaiki oleh 800 orang sekali putaran. Di dalam kapsul London Eye yang cukup luas, penumpang bebas berdiri ataupun berjalan berkeliling di dalam kapsul meskipun juga disediakan tempat duduk.

Inside London Eye
Di dalam London Eye
Kincir London Eye berputar cukup lambat, yaitu sekitar 26 cm/detik, sehingga memungkinkan penumpang yang sudah ada di bagian bawah untuk turun atau naik meskipun kincir masih bergerak. Meskipun demikian, kincir ini tetap berhenti untuk memastikan penumpang yang sudah tua atau yang memiliki keterbatasan fisik bisa naik dan turun dengan selamat.

Dengan kecepatan tersebut, London Eye membutuhkan waktu 30 menit untuk satu kali putaran. Jadi, kalau Anda naik London Eye, pastikan untuk memanfaatkan waktu 30 menit Anda dengan baik untuk memuaskan dan memanjakan mata dengan pemandangan menakjubkan kota London, 360o! Melalui dinding kaca yang bening, kita bisa melihat pemandangan kota London dari atas sejauh 40 km, bahkan beberapa tempat wisata lain seperti Big Ben, Houses of Parliament, Buckingham Palace, dan St. Paul's Cathedral dapat terlihat dengan jelas dari sana.

Selain melihat pemandangan kota London dari atas, pengunjung juga bisa menyaksikan tur video 4D melalui gadget yang disediakan di dalam kapsul. London Eye juga menyewakan kapsul privat, Cupid's Capsule, bagi pasangan kekasih atau suami istri yang ingin merayakan momen special mereka di dalam London Eye. Selain dengan pasangan, kita juga bisa menyewa kapsul privat yang bisa kita naiki bersama 24 orang teman kita.

Cupid's capsule London Eye

Hmm, menarik ya. Jadi tak sabar untuk naik London Eye? Eits, jangan terburu-buru. Pastikan Anda sudah booking atau mengantri tiket jauh-jauh waktu sebelum berencana naik karena antrian bisa sangat panjang, baik antrian membeli tiket maupun antrian naik. Well, kalaupun harus mengantri lama, akan sepadan kok dengan pengalaman naik London Eye. Atau jika ingin waktu yang lebih sepi, Anda bisa memilih naik London Eye pada malam hari. Tidak hanya lebih sepi, tapi saat malam, pemandangan kota London lebih dramatis dengan kerlap-kerlip aneka lampu sejauh mata memandang!


Alamat London Eye: Riverside Building, County Hall, Westminster Bridge Road, London, Inggris

Jam Buka:
1 Januari* - 28 Maret : 10.00 - 20.30
29 Maret - 30 Desember** : 10.00 - 21.30
31 Desember : 10.00 - 15.00
* 7 - 18 Januari 2013 : Tutup (Perawatan tahunan)
** 24 Desember : 10.00 -17.30
25 Desember : Tutup (Natal)

Bagaimana Cara ke Sini?
Bus: Naik jalur 211, 77, 381, atau RV1.
Kereta bawah tanah (di London disebut 'underground' atau ‘tube’). Stasiun bawah tanah terdekat:
- Waterloo Station (Paling dekat, 5 menit jalan kaki. Tinggal ikuti tanda menuju South Bank)
- Embankment Station, Charing Cross Station (Berada di sisi utara Sungai Thames. 10 -15 menit jalan kaki. Dari stasiun, menyebranglah melalui Hungerford Bridge)
- Westminster Station (Stasiun tedekat ke Big Ben dan Houses of Parliament. Keluar melalui pintu EXIT 1 lalu ikuti tanda menuju Westminster Pier)
Kereta (Di Inggris biasa disebut 'rail'). Stasiun terdekat:
- Waterloo Station (Paling dekat, 5 menit jalan kaki. Keluar melalui EXIT 6 menuju South Bank)
- Charing Cross Station (15 menit jalan kaki. Menyebrang melalui Hungerford Bridge)

Harga Tiket Masuk London Eye:
Standard Ticket:
Dewasa (16+) : £19.20
Anak-anak (4-16 thn): £12.30
Anak-anak (- 4 thn): Gratis
Orang Tua (60+): £15.30
Beli Tiket London Eye di sini

Note:
- Tiket bisa dibeli secara online di website resmi London Eye (di sini tersedia banyak jenis tiket dan paket yang berbeda yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan). Dengan membeli tiket online, Anda bisa hemat waktu karena tak perlu antri lama-lama untuk beli tiket dan juga hemat biaya karena dapat diskon.
- Tiket juga bisa dibeli langsung di gedung County Hall (di samping London Eye). Loket buka Pkl 09.30 dan tutup bersamaan dengan naiknya kloter London Eye terakhir.
- Salah satu cara paling praktis untuk keliling London adalah dengan naik bus Hop-on Hop-off.
- Meskipun London Eye tidak termasuk dari 60+ tempat wisata yang bisa dimasuki gratis dengan London Pass Sale, tak ada salahnya tetap menggunakannya untuk masuk ke banyak tempat wisata lainnya di Inggris, termasuk juga naik bus Hop-on Hop-off untuk praktis keliling kota London. Anda juga bisa download gratis buku panduan wisata London di bawah ini :)

Download ebook buku panduan wisata London:

Baca juga:

0 comments:

Post a Comment