Explorer Guidebook

Houses of Parliament: Gedung Parlemen Inggris Bergaya Gothic Style

0
Gedung parlemen inggris
Westminster Palace dilihat dari sisi sungai Thames
Palace of Westminster atau Westminster Palace adalah nama resmi dari Houses of Parliament, gedung parlemen Inggris yang menjadi pusat pemerintahan United Kingdom. Bangunan ini menjadi tempat bertemunya dua majelis United Kingdom, yaitu House of Lords (Dewan Bangsawan, majelis tinggi) dan House of Common (Dewan Rakyat, majelis rendah). Palace of Wesminster terletak di London pusat, tepatnya di Middlesex bank Sungai Thames, City of Westminster, London.

Wesminster Palace dulunya adalah istana model abad pertengahan (karena itulah disebut palace) yang merupakan tempat tinggal keluarga kerajaan, dibangun pada abad ke-11. Namun setelah mengalami kerusakan yang cukup parah akibat kebakaran pada tahun 1512 dan 1834, istana ini dibangun dan didesain ulang, menjadi bangunan yang sekarang berdiri, sebagai gedung parlemen bergaya arsitektur neo gothic style.

Gedung parlemen inggris

Westminster Palace dibangun kembali berdasarkan rancangan neo gothic style oleh seorang arsitek klasik bernama Charles Barry dan asistennya, Augustus Pugin (arsitek gothic style yang kemudian juga merancang ikon kota London, Big Ben). Pembangunan dimulai pada tahun 1840, dan memakan waktu hingga 30 tahun untuk menyelesaikannya karena mengalami banyak kendala dan penundaan.

Gedung parlemen inggris
Westminster Palace dilihat dari atas
Karena mempunyai nilai arsitektural dan sejarah yang tinggi, Palace of Wesminster (bersama dengan Westminster Abbey and St Margaret's Church) ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1987, dan telah masuk dalam daftar Listed Building* grade 1 oleh pemerintah UK sejak tahun 1970.

Kompleks Palace of Wesminster yang sekarang mempunyai:
© Tiga menara utama, dari yang paling tinggi yaitu: Victoria Tower (98,5 m), Elizabeth Tower (atau Big Ben, 96 m), dan Central Tower (91 m);
© 1100 ruangan yang tersebar di empat lantai; dan
© Beberapa taman dan area terbuka, yaitu: Victoria Gardens (terbuka untuk umum), Black Rod’s Gardens, Old Palace Yard, Cromwell Green, New Palace Yard, Speaker’s Green, dan College Green.

Gedung parlemen inggris
Victoria Gardens
Palace of Westminster terdiri dari empat lantai dan memiliki 1100 ruangan. Lantai dasar ditempati oleh kantor-kantor, ruang makan, dan bar. Lantai pertama, disebut juga lantai utama, ditempati ruangan-ruangan utama dari Palace of Wesminster, termasuk di dalamnya ruang debat, lobi-lobi, dan perpustakaan. Dua lantai teratas digunakan sebagai ruang komite dan juga kantor.

Beberapa ruangan penting di dalam Palace of Wesminster yaitu:
© Norman Porch.
© Queen’s Robbing Room
© Royal Gallery
© Prince’s Chamber
© Lords Chamber
© Peers’ Lobby
© Central Lobby
© Members’ Lobby
© Commons Chamber
© Wesminster Hall

Selain ruangan-ruangan utama tersebut, di Palace of Wesminster juga terdapat:
© Dua ruang perpustakaan untuk House of Lords dan House of Commons, terletak di lantai utama yang menghadap ke arah sungai Thames.
© Apartemen untuk tempat tinggal ketua kedua majelis, terletak di bagian ujung utara (untuk Speaker dari House of Commons) dan ujung selatan istana (untuk Lord Chancellor dari House of Lords).
© Banyak bar, kafetaria, dan restoran, yang kesemuanya mempunyai peraturan penggunaan yang berbeda.
© Ruang olahraga, salon rambut, lapangan latih tembak, dan
© Toko suvenir, yang menjual gantungan kunci House of Commons dan sampanye.

Old Palace Yard Westminster Palace
Old Palace Yard
Palace of Wesminster mempunyai empat pintu masuk yang masing-masing diperuntukkan bagi kelompok yang berbeda, yaitu:
© The Sovereign’s Entrance, terletak di bagian dasar Victoria Tower, merupakan pintu masuk bagi raja/ratu Inggris.
© Peers’ Entrance, terletak di tengah bagian depan Old Palace Yard, merupakan pintu masuk untuk anggota House of Lords.
© Members’ Entrance, terletak di bagian selatan dari New Palace Yard, diperuntukkan sebagai pintu masuk untuk anggota House of Commons (biasa disebut anggota parlemen).
© St Stephen’s Entrance, terletak di tengah bagian depan sebelah barat bangunan, merupakan pintu masuk untuk publik.

gedung parlemen inggris
Peers' Entrance
Sebagai salah satu landmark paling terkenal di Inggris, Palace of Westminster atau sekarang lebih sering disebut Houses of Parliament, menjadi salah satu tempat yang paling ingin dikunjungi oleh para turis. Mengambil foto dengan latar belakang bagian luar gedung parlemen Houses of Parliament yang artistik adalah salah satu kegiatan yang biasa dilakukan. Sementara itu, bagian dalam istana tidak sepenuhnya dibuka untuk umum. Turis lokal yang merupakan warga United Kingdom dapat mengikuti tur keliling Houses of Parliament, menghadiri debat, menyaksikan sidang pengadilan, menghadiri sidang parlementer, atau mendaki menara jam Big Ben.

Tur keliling Houses of Parliament meliputi state room, Lords Chamber, Commons Chamber, dan Westminster Hall, dan berlangsung selama 75 menit. Sementara tur untuk turis asing sedikit berbeda. Untuk informasi yang lebih detail dan up to date, silahkan cek website resmi Houses of Parliament di www.parliament.uk.

Houses of Parliament dibuka untuk kunjungan setiap hari sabtu dan selama musim panas, yaitu pada bulan Agustus, September, dan Oktober, saat para anggota parlemen melakukan pekerjaan mereka di luar. Jadi kalau kamu berencana ikut tur, datanglah pada waktu-waktu tersebut dan usahakan membeli tiket sebelum hari H.

*Listed building adalah daftar bangunan-bangunan di UK yang dilindungi menurut undang-undang karena dianggap mempunyai nilai arsitektural dan sejarah yang penting.

gedung parlemen inggris
Bangku taman di seberang sungai depan Westminster Palace


Alamat Houses of Parliament: Westminster Bridge Road, Middlesex bank Sungai Thames, City of Wesminster, London

Jam Buka Houses of Parliament:
Setiap Sabtu (sepanjang tahun) : 9.15 – 16.30
Musim panas:
- 31 Juli – 31 Agustus : Rabu – Sabtu: 9.15 – 16.30
- 17 September – 5 Oktober : Rabu – Sabtu: 9.15 – 16.30
(Minggu dan hari libur bank tutup)

Harga Tiket Masuk Houses of Parliament:
Saturday and Summer Opening Tour (harga berlaku mulai April 2013):
- Dewasa : £16.50
- Pelajar, orang tua (60+), dan tentara : £14
- Anak-anak (5-15 tahun) : Gratis untuk setiap satu orang dewasa yang membayar. Tambah £7 setiap tambahan 1 anak.
- Anak-anak (bawah 5 tahun) : Gratis
- Penyandang Cacat : Sesuai kriteria di atas (untuk yang menemani gratis)

Tiket dapat di:
- Beli langsung di tempat, pada hari itu juga atau dibeli sebelumnya (pada hari buka pkl 8.45 am – 4.45 pm)
- Booking melalui telepon: 0844 847 1672
- Booking online, melalui ticketmasterwebsite (official)

Naik apa ke Houses of Parliament (Westminster Palace)?
Bus: Jalur 3, 11, 24, 53, 87, 88, 148, 159, 211, 453, N2, N3, N87, N136, N155, N159, atau N381.
Kereta bawah tanah (Di Inggris disebut 'underground' atau ‘tube’). Stasiun bawah tanah terdekat: Westminster Station (Circle line, District line, dan Jubilee Line)
Kereta Biasa (Di Inggris disebut 'rail'). Stasiun terdekat (20-30 menit jalan kaki):
- Charing Cross Station
- Victoria Station
- Waterloo Station
Sepeda. Karena masyarakat umum tidak diperkenankan membawa sepeda memasuki area gedung parlemen, tempat parkir berada di luar area, yaitu di Millbank street. Tidak jauh dari Big Ben juga terdapat tempat penyewaan sepeda, yaitu di Smith Square (5 menit jalan kaki) dan di Abingdon Green (di seberang Victoria Garden).
Mobil. Terdapat tempat parkir mobil di Abingdon Green dekat Victoria Tower dan tempat parkir bagi penyandang cacat di Great Peter Street, Smith Square, dan Methodist Central Hall di Matthew Parker Street.
Jalan kaki. Pejalan kaki bisa menuju Houses of Parliament lewat Westminster Bridge atau Waterloo Bridge.


Tempat wisata lain di dekat Houses of Parliament:


Baca juga:

0 comments:

Post a Comment