Explorer Guidebook

Istana Buckingham: Istana Kediaman Resmi Ratu Inggris

0
Istana Buckingham London

Istana Buckingham atau Buckingham Palace adalah kediaman resmi ratu Inggris di London, sekaligus kantor pusat administratif kerajaan Inggris. Istana ini terletak diantara taman St James’s Park dan Green Park, tepatnya di ujung jalan The Mall, City of Westminster, London.

Istana Buckingham merupakan tempat diadakannya upacara-upacara kerajaan, tempat menerima kunjungan negara, dan tempat pelantikan jabatan. Lebih dari 50.000 orang mengunjungi Istana Buckingham setiap tahunnya sebagai tamu pesta perjamuan makan (banquet), makan siang, makan malam, resepsi, dan pesta kebun kerajaan. Istana ini bukan hanya rumah bagi keluarga kerajaan Inggris, tetapi juga sebagai kantor rumah tangga kerajaan, tempat bekerja bagi 450 orang stafnya, dan tempat tinggal sejumlah staf. Ingin tahu ruangan apa saja yang ada di Istana Buckingham dan berapa jumlah totalnya?

Sejarah
Istana Buckingham dibangun pada tahun 1705 berdasarkan rancangan WilliamWinde, dibangun sebagai kediaman Duke of Buckingham. Istana ini kemudian dibeli oleh King George III pada tahun 1761, yang selanjutnya digunakan sebagai rumah pribadi untuk istrinya, Ratu Charlotte. Istana ini akhirnya menjadi istana resmi kerajaan Inggris pada saat Ratu Victoria menaiki tahta tahun 1837. Karena itu, Ratu Victoria menjadi raja/ratu pertama yang mendiami Istana Buckingham.

Selama itu, Buckingham Palace mengalami beberapa kali remodelling dan perluasan. Remodelling dimulai pada tahun 1762 dan berlanjut hingga abad ke-18 oleh arsitektur John Nash dan Edward Blore. Penambahan lain terakhir dilakukan pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, termasuk salah satunya balkon utama di bagian depan sebelah barat.

Pada masa mendiang Ratu Victoria, pertunjukan musikal, pesta dansa mewah, dan upacara rutin kerajaan kerap menjadi pemandangan biasa di Buckingham Palace. Namun setelah kematian suaminya, Prince Albert, pada tahun 1861, Ratu Victoria membuat Istana Buckingham dalam suasana berduka untuk sekian lamanya dan bahkan kemudian meninggalkannya, lebih memilih tinggal di istana lain seperti Windsor Castle, Balmoral Castle, dan Osborne House. Meskipun begitu, opini publik kemudian memaksa Ratu Victoria untuk kembali lagi ke Istana Buckingham, meskipun sang ratu tetap sebisa mungkin lebih memilih tinggal di kediamannya yang lain.

Istana Buckingham memiliki 775 ruangan, meliputi 19 State Rooms, 52 kamar tidur keluarga kerajaan dan tamu, 188 kamar tidur staf, 92 kantor, dan 78 kamar mandi. Meskipun masih digunakan untuk acara-acara resmi dan resepsi, State Rooms dibuka setiap tahun untuk pengunjung. State Room yang dibuka selama musim panas antara lain adalah Throne Room (ruang tahta), Green Drawing Room, Silk Tapestry Rooms, Picture Gallery, State Dining Room, Blue Drawing Room, Music Room, White Drawing Room, dan The Guard Room. Pengunjung bisa masuk dan melihat interior atau bagian dalam ruangan-ruangan ini dengan membeli tiket masuk.

Inside Buckingham Palace Throne Room
Throne Room
Inside Buckingham Palace Ballroom
Ballroom
istana buckingham bagian dalam
Dinning Room
Inside Buckingham Palace Music Room
Music Room
Guard Room

The Mall
Menuju bagian depan Istana Buckingham terdapat The Mall, yaitu jalan yang menjadi rute menuju Istana buckingham. Jalan ini beserta bundaran dan halaman depan istana didesain oleh Sir Aston Web, selesai dibangun pada tahun 1911 sebagai bagian dari memorial Ratu Victoria. The Mall membentang dari Admiralty Arch, melintasi St James's Park, dan berakhir di halaman depan sebelah barat Istana Buckingham, dengan monumen Ratu Victoria di tengahnya. Monumen ini memiliki kolam disamping kanan-kirinya, dan berada ditengah bundaran Istana, tepat menghadap bagian tengah Istana Buckingham dan The Mall.

The Mall Buckingham Palace
jalan The Mall
The Mall dan halaman depan Istana Buckingham menjadi tempat upacara pergantian penjaga istana dan tempat berkumpulnya rakyat inggris pada acara-acara kerajaan tertentu, dimana pengantin dan keluarga kerajaan melambai dari balkon utama istana.

Istana Buckingham
The Mall dan halaman depan Istana Buckingham
Sebagai tempat tinggal ratu Inggris, Istana Buckingham menjadi salah satu tempat yang paling ingin dikunjungi oleh para turis, baik turis lokal maupun turis mancanegara. Selain State Room yang penuh dengan furniture mewah dan didekorasi dengan karya seni tinggi, Istana Buckingham juga menawarkan daya tarik lain, diantaranya penjaga istana dan upacara pergantiannya, Queen’s Gallery dan juga Royal Mews.

Penjaga Istana Buckingham
Salah satu yang menjadi incaran para turis di Istana Buckingham London adalah upacara pergantian penjaga istana atau changing of the guards. Upacara ini dilakukan pada pukul 11.30 siang waktu setempat, setiap hari pada musim panas (Mei – Juli) dan musim semi, dan setiap beberapa hari sekali pada musim dingin dan musim gugur. Pada bulan Agustus, upacara pergantian penjaga istana dilakukan pada tanggal-tanggal ganjil dan pada tanggal-tanggal genap pada bulan September (jika cuaca memungkinkan). Pada musim puncak kunjungan, yaitu pada musim panas, jalan The Mall dan bundaran depan Istana Buckingham akan penuh dengan turis yang ingin menyaksikan parade dan prosesi pergantian penjaga Istana Buckingham.

Penjaga Istana Buckingham sendiri, dengan kostum merahnya yang khas dan topi bulu beruangnya yang unik, menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis. Pengunjung biasa mencuri-curi untuk foto bersama penjaga Istana Buckingham, meskipun mereka hampir tanpa ekspresi dan tidak bisa diajak beramah tamah :D. Penjaga Istana Buckingham bisa ditemui di pos-pos jaga yang menyerupai rumah-rumahan, di setiap pintu masuk istana.

Penjaga Istana Buckingham
Pos jaga Penjaga Istana Buckingham
Daya tarik lain yang layak dikunjungi adalah Queen’s Gallery, tempat dipamerkannya koleksi karya seni koleksi kerajaan, dan Royal Mews, garasi tempat kendaraan dan kereta kuda kerajaan Inggris beserta kandang kuda penariknya. Keduanya terletak di bangunan terpisah di dekat Istana Buckingham (tiket juga terpisah). Bagian lain dari Istana Buckingham atau Buckingham Palace adalah taman istana yang terletak di belakang istana. Dengan luas 16 hektar, taman Istana Buckingham merupakan taman pribadi terluas di kota London. Taman ini memiliki sebuah landasan pacu helikopter, danau, dan juga lapangan tenis. Di kebun inilah sang ratu biasa menggelar pesta kebun tahunannya setiap musim panas (biasanya bulan Juli), dan juga perayaan HUT kekuasaannya (Jubilee Year).

Pengunjung yang mengunjungi State Rooms juga bisa bersantai setelah tur, di Garden Café yang terletak di teras barat Istana Buckingham. Pengunjung bisa membeli teh, kopi, jus dan aneka cake dan sandwich sambil menikmati pemandangan danau dan kebun istana. Café ini tutup pada Pkl 17.45. Untuk melengkapi pengalalamn kunjungan ke Buckingham Palace, pengunjung juga bisa membeli suvenir dan oleh-oleh di Garden Shop.

Quick Hints:
Di bagian tengah atap istana terdapat tiang bendera. Jika bendera Inggris dinaikkan sampai ke puncak tiang, ini menandakan bahwa sang ratu sedang berada di istana.

Note:
Sebelum kamu kecewa karena baru tau di sana, lebih baik tahu dari sekarang meski pahit :p à Tidak diijinkan mengambil gambar (memotret atau merekam) di dalam State Rooms. Pengambilan gambar hanya boleh dilakukan di kebun, di Queen’s Gallery, atau di luar Istana Buckingham.

Alamat Istana Buckingham: Buckingham Palace Road, City of Westminster, London

1. Queen’s Gallery
Jam Buka:
Setiap hari sepanjang tahun: 10.00 – 17.30 (terakhir masuk Pkl 16.30)
(25 – 26 Desember tutup)
Harga Tiket Masuk*:
Dewasa : £9.25
Orang tua 60+ : £8.50
Mahasiswa (show ID card) : £8.50
Anak-anak (17 tahun+) : £4.65
Anak-anak (5 tahun+) : Gratis
Keluarga (2 dewasa, 3 anak-anak -17 tahun): £23.00

2. Istana Buckingham

Jam Buka Istana Buckingham:
Setiap hari selama musim panas:
27 Juli - 31 Agustus : 09.30 - 19.00 (terakhir masuk Pkl 16:45)
1 – 29 September : 09.30 - 18.30 (terakhir masuk Pkl 15:45)
*kunjungan biasanya berlangsung selama 2 – 2,5 jam

Harga Tiket Masuk:
(Anda bisa menggunakan London Sightseeing Pass untuk masuk gratis ke Istana Buckingham dan istana kerajaan lainnya di London, seperti Istana Kensington, dll. Dengan pass ini Anda juga masuk melalui jalur cepat alias tak perlu antri ;). Dengan begitu anda bisa menghemat waktu sehingga bisa jalan-jalan ke lebih banyak tempat di London. Dan cukup dengan 1 tiket, bayar sekali, ke lebih dari 60 tempat wisata di London. Ini adalah cara jalan-jalan hemat yang paling banyak dipilih oleh wisatawan untuk jalan-jalan di London secara *maksimal*. Jadi jangan bilang Anda ketinggalan info atau beralasan saya belum memberi tahu Anda :D)

a). Tiket Standar (State Rooms)
Dewasa : £19.00
Orang tua 60+ : £17.50
Mahasiswa (show ID card) : £17.50
Anak-anak (-17 tahun) : £10.85
Anak-anak (-5 tahun) : Gratis
Keluarga (2 dewasa, 3 anak-anak -17 tahun): £87.00

b). State Rooms dan Garden Highlights Tour (State Rooms dan taman)
Dewasa : £27.75
Orang tua 60+ : £25.50
Mahasiswa (show ID card) : £25.50
Anak-anak (-17 tahun) : £16.35
Anak-anak (-5 tahun) : Gratis
Keluarga (2 dewasa, 3 anak-anak -17 tahun): £74.00

c). A Royal Day Out (tiket masuk ke tiga tempat sekaligus: State Rooms, Royal Mews, dan Queen’s Gallery)
Dewasa : £33.25
Orang tua 60+ : £30.50
Mahasiswa (show ID card) : £30.50
Anak-anak (-17 tahun) : £18.85
Keluarga (2 dewasa, 3 anak-anak -17 tahun): £87.00

Note :
- Harga sudah termasuk fasilitas audio tour gratis (dalam bahasa Inggris). Ambil audio tour di pintu masuk sebelum masuk ke pameran.
- Tiket bisa dibeli langsung di tiket office di Buckingham Palace, atau booking online melalui Tiket Online Resmi Istana Buckingham.

Transportasi: Naik apa ke Istana Buckingham?
Bus: Naik jalur 11, 211, C1, atau C10, berhenti di Buckingham Palace Road.
Kereta Bawah Tanah (Di Inggris disebut ‘underground’ atau ‘tube’). Stasiun bawah tanah terdekat:
- Victoria Station
- Green Park Station
- Hyde Park Corner Station
Kereta Biasa (Di Inggris biasa disebut ‘rail’). Stasiun kereta terdekat: London Victoria


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment