Explorer Guidebook

Istana Kensington, Inggris: Tempat Tinggal Prince William dan Kate Middleton

0
Istana Kensington palace inggris

Kensington Palace atau Istana Kensington adalah istana tempat tinggal keluarga kerajaan yang terletak di Kensington, London, Inggris, dekat taman Kensington Gardens. Istana ini telah menjadi istana kerajaan sejak abad ke-17 dan pernah menjadi istana tempat tinggal Princess Diana, Princess Margaret, dan Princess Alice. Sekarang Kensington Palace menjadi tempat tinggal resmi Duke dan Duchess of Cambridge (Prince William dan Kate Middleton), Duke dan Duchess of Gloucester, dan Prince dan Princess Michael of Kent. Istana ini juga dibuka untuk pengunjung sepanjang tahun.

Cikal bakal Kensington Palace adalah Nottingham House, sebuah mansion bergaya arsitektur Jacobean (kombinasi gaya gothic dan klasik) yang terletak di tepi barat Hyde Park, Kensington, London. Mansion ini dibeli oleh William III dan istrinya, Marry II (Raja dan Ratu saat itu) pada tahun 1689 karena tidak betah tinggal di Whitehall Palace. Nottingham House kemudian direnovasi oleh Sir Christopher Wren, dengan menambahkan paviliun di setiap sudut mansion.  Mr. Wren juga merubah orientasi bangunan dengan mendesain pintu masuk baru dengan courtyard (Great Court) di sebelah baratnya.

Istana Kensington Palace Inggris
Taman formal depan Istana Kensington
Setelah kematian William III tahun 1702, Kensington Palace menjadi tempat tinggal penguasa berikutnya, Queen Anne. Pada tahun 1704, Queen Anne meminta Sir John Vanbrugh untuk merancang sebuah Orangery di utara istana, sebagai rumah kaca untuk menanam tanaman eksotis dan pohon jeruk (orange). Ia juga memperluas taman istana dengan mengambil area dari Hyde Park dan meminta Henry Wise untuk mendesainnya, yang membuatkan taman dengan gugusan bunga yang indah untuk sang ratu. Queen Anne meminta Sir Christopher Wren untuk menyelesaikan bagian istana yang kini dikenal sebagai Queen’s Appartments dan tangganya yang dikenal sebagai The Queen’s Entrance.

Setelah Queen Anne, Raja yang melakukan renovasi terhadap Kensington Palace adalah King George I. Ia melakukan renovasi besar-besaran pada tahun 1718 dengan supervise William Benson dan Colen Campbell. Renovasi dilakukan dengan mengganti bangunan tengah istana (Nottingham House) menjadi tiga state room baru: Privy Chamber, Cupola Room, dan Withdrawing Room. Ruangan-ruangan ini memilki lukisan dekoratif yang rumit dan indah di bagian atapnya, dilukis oleh William Kent pada tahun 1722, yang juga mendekorasi hampir semua royal appartment di Istana Kensington dan melukis King’s Great Staircase.

Istana Kensington Palace Inggris
King's Appartment
Raja terakhir yang menggunakan Kensington Palace sebagai tempat tinggal adalah King George II dan istrinya, Queen Caroline. Oleh Queen Caroline, taman istana diperluas lagi, lagi-lagi dengan mengambil area bagian barat Hyde Park dan membentuk taman yang sekarang dikenal sebagai Kensington Gardens. Taman ini kemudian didesain ulang oleh landscape gardener kerajaan, Charles Bridgeman menjadi bentuk taman yang masih bisa dilihat sekarang, dengan sebuah kolam yang disebut Round Pound, danau Serpentine, dan Broad Walk. Setelah kematian Ratu Caroline pada tahun 1737, sebagian besar ruangan di Kensington Palace tidak digunakan, dan akhirnya tidak lagi menjadi tempat tinggal raja/ratu Inggris setelah kematian King George II pada tahun 1760. 

Namun begitu, Kensington Palace sempat menjadi tempat tinggal Princess Victoria (calon Queen Victoria) dari lahir sampai sebelum ia diangkat menjadi ratu. Ia tinggal bersama kedua orangtuanya, Duke dan Duchess of Kent. Pada tahun 1832, ibu Princess Victoria (yang juga bernama Victoria) meminta Sir Jeffry Wyatville untuk merenovasi King’s Gallery dan membaginya menjadi 3 ruangan untuk digunakan oleh putrinya.

Bagian dalam istana kensington palace
Queen's Appartment
Beberapa ruangan yang berdampingan dengan King’s Gallery juga diubah menjadi kamar tidur, kamar pakaian, dan kamar pelayan. Pengambilalihan lebih dari 17 ruangan ini untuk digunakan sendiri oleh Victoria dan ibunya, membuat King William IV tidak senang saat mengunjungi Kensington Palace pada tahun 1836. Ia mengatakan renovasi tersebut bukan hanya tanpa seizinnya, tetapi juga bertentangan dengan perintahnya.

Bagaimapun juga, di apartemen barunyalah tersebut, Victoria muda terbangun di suatu pagi, 20 Juni 1837 (saat usianya baru beranjak 18 tahun), dengan sebuah kabar bahwa dirinya telah diangkat untuk menaiki tahta kerajaan Inggris (derengng….) *seperti cerita di film-film ya, cuma gak tau gimana reaksi Princess Victoria nya :p*. Sang ratu baru kemudian langsung pindah ke Buckingham Palace bersama ibunya, menjadi penguasa tahta Inggris pertama yang tinggal di Istana Buckingham.

Selanjutnya hingga kini, Kensington Palace hanya menjadi tempat tinggal anggota keluarga besar kerajaan, salah satunya adalah Prince Charles dan Princess Diana. Istana ini menjadi tempat Prince William dan adiknya, Prince Harry dibesarkan. Istana ini disebut-sebut seperti surga bagi anak-anak karena memiliki jalan terusan yang panjang, sebuah landasan helikopter, banyak kebun, termasuk sebuah kebun di atap dimana keluarga sering menghabiskan banyak waktu di sana. Di Istana Kensington jugalah, peti jenazah Princess Diana menghabiskan malam terakhirnya sebelum akhirnya dimakamkan di Westminster Abbey pada 6 September 1997.

bagian dalam istana Kensington Palace
Queen's Apprtment
Seperti istana kerajaan lain, Kensington Palace juga dibuka untuk umum dan diminati banyak wisatawan. Setelah proyek transformasi selama 2 tahun (2010-2012) yang menghabiskan dana sebanyak 12 juta poundsterling, kini Istana Kensington telah dibuka kembali untuk umum sejak 26 Maret 2012. Dulu Kensington Palace terkesan terpisah dari taman disekelilingnya, yaitu Kensington Gardens, dan dipagari dengan pagar besi dan tanaman yang lebat sehingga terkesan tertutup. Namun Kensington Palace versi baru yang sekarang lebih terbuka untuk publik, baik secara akses maupun pamerannya.

bagian dalam istana Kensington Palace
King's Gallery
Beberapa pameran yang bisa dilihat pengunjung di Istana Kensington antara lain:
-         King’s Appartments
-         Queen’s Appartments
-         State Appartments
-         King’s Gallery
-         King’s Great Staircase
-         Live Performance 'House of Cards' by Coney
-   Dan yang baru : Victoria Revealed. Tiga pameran bertema lainnya (The (very public) private life of the Queen - William III, Mary II and Anne; The curious world of the court - George II; dan “It's not easy being a princess - Princesses Diana and Margaret”) juga akan segera hadir.

Selain pameran-pameran yang permanen tersebut, juga akan ada pameran-pameran yang bersifat temporal. Semua pameran ini sudah tercakup dalam satu tiket standar, jadi pengunjung tidak perlu membeli tiket terpisah.

Selain bangunan istana, kebun Kensington Palace juga didesain ulang oleh Todd Langstaffe-Gowan, seorang desainer kebun kontemporer dan ahli sejarah kebun kerajaan, sehingga lebih indah dengan landscape dan daya tarik baru, dan terhubung kembali dengan tamannya (Kensington Gardens) dengan desain yang selaras. Kebun ini tadinya privat, tapi sekarang bebas diakses oleh pengunjung. Sekarang juga terdapat pintu masuk baru bagi pengunjung di sebelah timur, langsung dari Broad Walk, dengan patung Queen Victoria di tengahnya.


Orangery restauran di istana kensington palace
Orangery Restaurant
kensington palace restaurant
Bagian dalam Orangery
Setelah puas jalan-jalan keliling Istana Kensington, anda bisa melepas lelah, haus, dan lapar (?!) di Orangery atau Café istana. Di sana kita akan dimanjakan dengan aneka menu spesial sambil menikmati pemandangan kebun istana. Pergilah ke Orangery Restaurant kalau kamu ingin sarapan, makan siang, atau merasakan pengalaman ‘afternoon tea’ ala Kensington Palace. Sedangkan café cocok untuk minum kopi, teh, atau makan ringan, sepert sandwich atau cake. Kamu juga bisa mampir ke Kensington Palace Shop dulu sebelum pulang untuk membeli suvenir khas istana yang pastinya lucu-lucu :3. Café dan Shop ada di dekat pintu masuk.

cafe istana kensington palace
Cafe di Kensington Palace
Toko suvenir istana kensington palace
Toko suvenir di Kensington Palace
Sudah kenyang, puas belanja, tapi masih ingin jalan-jalan? Kita bisa lanjut jalan-jalan ke tamannya, karena
Kensington Gardens juga terbuka untuk umum dan free-access tentunya. Wah lengkap banget ya Kensington Palace ini! Mau ke sana? Mau mau?

Alamat: Kensington GardensLondon, Inggris
Jam buka: Setiap hari sepanjang tahun:
1 Maret - 31 Oktober              : 10.00 – 18.00 (terakhir masuk 17.00)
1 November – 28 Februari       : 10.00 – 17.00 (terakhir masuk 16.00)
(24 – 26 Desember tutup)
Harga Tiket Masuk:
Dewasa                                : £15.00
Anak-anak (- 16 tahun)        : Gratis (harus ditemani orang dewasa)
Mahasiswa (show ID card)   : £12. 40
Orang Tua (- 60 tahun)         : £12.40
*Tiket bisa dibeli langsung di pintu masuk Istana Kensington atau booking secara online melalui website resmi istana Kensington Palace.

Transportasi. Naik apa ke Istana Kensington?
Bus: Naik jalur 70, 94, 148, 390 ke Bayswater Road atau 9, 10, 49, 52, 70, 452 ke Kensington High Street.
Kereta Bawah Tanah (Di Inggris biasa disebut 'underground' atau ‘tube’.) Stasiun bawah tanah terdekat:
-   Kensington High Street (District atau Circle Line). 10-15 menit jalan kaki.
-   Queensway (Central Line). 10-15 menit jalan kaki.
-    Notting Hill Gate (Central Line). 20-25 menit jalan kaki.
Sepeda. Tidak diijinkan bersepeda di area Kensington Gardens, tetapi kamu bisa merantai sepeda di pagar besi di pinggir taman di luar orangery.

0 comments:

Post a Comment