Pages

Hampton Court Palace: A Must-See Palace in England!

1
Istana Hampton Court Palace Inggris
Pintu masuk Hampton Court Palace
Hampton Court Palace adalah istana kerajaan Inggris yang terletak di Surrey, Inggris dan dekat dengan sungai Thames di sebelah barat daya London. Istana klasik namun megah dan indah ini sudah tidak lagi ditinggali oleh keluarga kerajaan Inggris sejak abad ke-18 dan sekarang menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Inggris.

Cikal bakal Istana Hampton Court adalah sebuah manor house yang dibeli tahun 1514 oleh Cardinal Thomas Wolsey, kepala menteri dan favorit King Henry VIII. Selama 7 tahun dia membangun ulang manor house menjadi sebuah istana indah dengan perpaduan gaya arsitektur Tudor style, gothic, dan Italian classic style, sesuatu yang luar biasa dan masih jarang pada saat itu. Sayangnya, Wolsey hanya menikmati istananya selama beberapa tahun. Pada tahun 1528, saat ia mengetahui bahwa musuhnya dan Raja sedang merencanakan kejatuhannya, ia memberikannya Hampton Court Palace sebagai hadiah untuk sang Raja.

King Henry VIII dan raja-raja selanjutnya banyak melakukan perubahan dan perluasan terhadap Hampton Court Palace. Istana ini pun kemudian dibuka untuk pengunjung oleh Queen Victoria pada tahun 1796. Pada tahun 1952, Hampton Court Palace dan bersama beberapa struktur bangunan di sekitarnya masuk dalam Listed Building Grade I* oleh pemerintah UK, menjadi salah satu bangunan bersejarah yang dilindungi.

Saat ini, Hampton Court Palace adalah salah satu istana kerajaan Inggris yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dan sering menjadi setting tempat film. Banyak yang bisa dilihat di Hampton Court Palace, diantaranya adalah: Great Hall, Cartoon Gallery, Henry VIII’s Kitchen, Chapel Royal, Clock Court, Royal Tennis Court, Fountain Court, Sunken Garden, Privy Garden, Great Vine, Maze, dan Home Park. Kita juga bisa melihat berbagai pameran dengan tema tertentu di area Istana Hampton Court, seperti Young Henry VIII Exhibition, A living Tudor World, Henry VIII’s Crown of State, Live Tudor Kitchen and Cookery, dan Garden exhibition.

Selain melihat-lihat ruangan dan pameran, pengunjung juga bisa menikmati aneka menu minuman dan makanan ala Hampton Court Palace di Privy Kitchen dan Tiltyard Café and Deli. Privy Citchen terletak di bagian tengah Hampton Court Palace dan dulunya merupakan dapur pribadi yang khusus digunakan untuk memasak makanan terbaik untuk Ratu Elizabeth I. Sedangkan Tiltyard Café terletak di area taman informal dekat Lion’s Gate.

Hampton Court Palace England

Kita juga bisa lho piknik di area taman Hampton Court Palace. Bawa alas atau karpet sendiri untuk berpiknik di taman Tityard dan Wilderness sambil menyantap bekal makan yang kita bawa dari rumah. Kalau malas atau tidak sempat menyiapkan bekal, bisa juga beli makanan dan minuman di Tiltyard Café lalu menyantapnya sambil berpiknik di atas rumput. Kita juga bisa menikmati makan kita di salah satu bangku atau meja piknik yang ada di taman. Kurang apa lagi coba?

*Listed Building adalah daftar bangunan yang dilindungi oleh pemerintah UK karena dianggap memiliki nilai sejarah dan arsitektur yang penting.

Alamat: Hampton Court Palace, East Molesey, Surrey, England KT8 9AU

Jam buka: Setiap hari sepanjang tahun
Istana dan Maze:
27 Maret - 26 Oktober             : 10.00 – 18.00 (terakhir masuk 17.00)
27 Oktober – 26 Maret            : 10.00 – 16.30 (terakhir masuk 15.30)
(24 – 26 Desember tutup)
Formal Gardens:
April – September        : 10.00 – 19.00
Oktober – Maret          : 10.00 – 17.30
(24 – 26 Desember tutup)
Informal Gardens (Tiltyard, Wilderness, dan Westfront):
April – September        : 07.00 – 20.00
Oktober – Maret          : 07.00 – 18.00
(25 Desember tutup)
Home Park:
Maret                           : 07.00 – 18.45
April – September        : 07.00 – 21.00
Oktober                       : 07.00 – 18.45
November - Februari    : 07.00 – 17.30

Harga Tiket Masuk Hampton Court Palace:
Beli langsung di tempat:
Dewasa                                    : £17.60           (beli online = £16.50)
Anak – anak (< 16 tahun)         : £8.80             (beli online = £8.25)
Mahasiswa (show ID card)       : £14.85           (beli online = £13.65)
Orang Tua (> 60 tahun)            : £14.85           (beli online = £13.65)
Keluarga (max 2 dewasa dan 3 anak-anak)       : £45.10 (beli online = £ 41.80)
Anak – anak (5 tahun)              : Gratis (harus ditemani orang dewasa)

Note :
-     Tiket bisa dibeli langsung di pintu masuk Hampton Court Palace atau booking secara online melalui Hampton Court Palace official website.
-         Tiket sudah termasuk akses ke istana, pameran, garden, maze, plus audio tour guide.

Naik apa ke Hampton Court Palace?
Bus: Naik jalur 111, 216, 411, 461, R68, 267, atau 513.
Kereta. Southwest Trains:
-         Dari London Waterloo Station ke Hampton Court Station (35 menit perjalanan). Hampton Court Palace berada 200 m dari stasiun.
-         Dari London Waterloo Station ke Kingston Station. Rute tercepat via Strawberry Hill atau Shepperton. Kemudian naik bus dari Kingston ke Hampton Court Palace.
Sepeda. Ada rute sepeda sepanjang Barge Walk yang melewati Hampton Court Palace. Rak sepeda berada di sebelah kiri dekat pintu masuk utama istana. Rak sepeda juga tersedia di Hampton Court station.

1 comment: Leave Your Comments

  1. I think the admin of this web site is truly working hard for his site, for the reason that here every
    material is quality based stuff.

    Feel free to visit my weblog ... Louis Vuitton Sale

    ReplyDelete