Hyde Park: Taman Paling Populer di London, Inggris

0
Taman hyde park london inggris

Taman Hyde Park adalah salah satu taman terluas dan satu dari 8 Royal Park di London. Taman ini memiliki luas area 142 hektar dan berbatasan langsung dengan Taman Kensington Gardens. Jutaan warga London dan turis mengunjungi Hyde Park dan Kensington Gardens setiap tahunnya. Taman ini memiliki banyak daya tarik dan populer sebagai tempat piknik, jogging, tenis, berenang, mendayung, menunggang kuda, dan olahraga lain. Hyde Park juga sering menjadi tempat konser, festival, pasar malam, dan juga lokasi syuting film. Pada siang hari, Hyde Park dan Kensington Gardens seolah menjadi satu, namun Kensington Gardens tutup lebih awal yaitu saat senja sementara Hyde Park buka hingga tengah malam. Ingin tahu apa saja yang ada di Hyde Park?

Cikal bakal Hyde Park adalah sebuah area yang dibeli tahun 1536 oleh King Henry VIII dari biarawan Westminster Abbey. Ia kemudian menjual tanahnya sebagian, dan mengubah sisanya menjadi taman berburu rusa yang luas, membentang dari Kensington ke Westminster. Hyde Park selanjutnya mengalami banyak perubahan pada masa raja-raja selanjutnya, dan mulai dibuka untuk umum tahun 1637.

Layout Hyde Park yang sekarang kita lihat adalah rancangan terakhir yang dibuat oleh arsitek Decimus Burton tahun 1820an (masa King George IV). Dialah yang membuat gerbang masuk Hyde Park di Hyde Park Corner yang terdiri dari Triumphal Screen dan Wellington Arch. Satu-satunya penambahan baru di Hyde Park adalah Diana Princess of Wales Memorial Fountain yang dibuat tahun 2004. Selain itu, Hyde Park yang sekarang masih sama dengan yang ditinggalkan oleh Decimus Burton dulu.

Berikut fitur-fitur yang bisa kita lihat di Hyde Park:

©      Triumpal Screen
Adalah gerbang masuk ke Hyde Park yang terletak di Hyde Park Corner, di sudut tenggara taman dan dibuat oleh Decimus Burton tahun 1824-1825. Gerbang ini terdiri dari 3 gerbang masuk yang digabungkan oleh struktur bertiang 4 di kedua sisi gerbang tengah. Gerbang-gerbang ini dibuat besar karena dirancang agar kereta kuda kereta kerajaan dapat melewatinya. Selain 3 gerbang ini, juga terdapat 2 pintu masuk lain yang bisa dilewati pejalan kaki.

©      Wellington Arch
taman Hyde Park Arch

Wellington Arch dalah gerbang lain di Hyde Park. Gerbang ini terletak di tengah persimpangan jalan di Hyde Park Corner, dan menghubungkan Hyde Park dan Green Park. Wellington Arch dibangun tahun 1826, juga oleh Decimus Burton, dan tadinya memang bagian dari gerbang masuk bersama Triumphal Screen. Di dalam gerbang ini terdapat galeri dan pameran yang dibuka untuk pengunjung.

©      Marble Arch
Gerbang lain masih di Hyde Park adalah Marble Arch yang terletak di sudut barat laut Hyde Park. Gerbang ini didesain oleh John Nash berdasarkan Arch of Constantine di Roma, Italia dan dibangun tahun 1827 sebagai pintu masuk ke Istana Buckingham. Gerbang ini dipindahkan ke tempatnya sekarang di Hyde Park pada tahun 1851.

©      Serpentine
Serpentine adalah danau artifisial yang dibuat oleh Charles Bridgeman tahun 1730 untuk Queen Caroline, istri King George II. Danau buatan ini terletak di Hyde Park bagian selatan, dan memanjang ke utara ke area Kensington Gardens, yang di sana danau ini disebut “The Long Water”. Serpentine dan The Long Water dipisahkan oleh Serpentine Bridge yang dibangun oleh John Rennie tahun 1820an. Saat ini danau Serpentine populer untuk berenang dan mengendarai perahu.

©      Diana Memorial Fountain
Diana Memorial Fountain Hyde Park

Merupakan kolam air memanjang berbentuk oval yang dibuat untuk mengenang Princess Diana, Princess of Wales. Meskipun bernama fountain (air mancur), Diana Memorial Fountain lebih mirip seperti parit buatan yang berbentuk melingkar. Kolam ini terletak di barat daya danau Serpentine dan dibuka oleh Queen Elizabeth II tahun 2004. Diana Memorial Fountain didesain oleh arsitek landscape asal Amerika, Kathryn Gustafson, dan terdiri dari 545 potong batu granit. Masing-masing batu granit didesain dan dibentuk menggunakan teknologi komputer dan digabung dengan cara tradisional.


Diana memorial fountain taman Hyde Park

Diana Memorial Fountain didesain khusus untuk menggambarkan hidup Princess Diana. Dari bagian yang paling tinggi, air mengalir turun ke dua sisinya. Di satu sisi, bagian dasar dan dinding fountain penuh lubang dan tidak rata sehingga aliran air beriak, sementara di sisi lain dasar fountain rata sehingga air mengalir halus dan tenang. Air kemudian bermuara di kolam yang tenang di bagian bawah. Ini menggambarkan masa hidup Princess Diana, masa bahagia yang tenang dan masa penuh guncangan dan cobaan, yang kemudian berakhir di peristirahatannya yang tenang.

Diana Memorial Fountain dibuka setiap hari untuk pengunjung dari jam 10. Kita diperbolehkan untuk duduk di pinggir kolam dan merendam kaki kita di sana. Tenang saja, karena airnya bersih dan diganti secara berkala. Kita juga bisa menyeberang ke bagian tengah fountain melalui 3 jembatan kecil yang melintasi kolam.

©      Speaker’s Corner
Merupakan area di Hyde Park yang digunakan masyarakat untuk bebas menyatakan pandangan politik, agama, dan pandangan lainnya. Area ini terletak di sudut timur laut Hyde Park, dekat Marble Arch. Speaker’s Corner dibuka tahun 1872 setelah terjadi kerusuhan karena polisi mencoba melarang pertemuan politik warga sipil. Di sinilah kemudian, ditetapkan sebagai tempat di mana orang bebas bicara. Sekarang setiap hari Minggu, orang mengeluarkan pandangannya tentang politik dan wacana lainnya bak orator di atas kotak yang dijadikan podium sementara, yang kadang diselingi interupsi dan bantahan dari para penontonnya.

©    7 July Memorial
Merupakan sebuah memoriam untuk menghargai korban serangan bom 7 July 2005. Memoriam ini berbentuk 52 pilar baja, mewakili jumlah korban yang berjumlah 52 orang. Memorial lain di Hyde Park adalah London’s Holocaust Memorial yang terletak di timur danau Serpentine, Hudson Memorial, dan Norwegian Memorial.

©     Diana Princess of Wales Memorial Walk
Merupakan jalan taman sepanjang 7 mil yang ditandai dengan 90 plakat logam peringatan Princess Diana. Jalan taman ini melintasi 4 taman sekaligus, yaitu St James’ Park, Green Park, Hyde Park, dan Kensington Gardens. Saat menelusuri jalan ini kita bisa melihat 3 istana (Kensington Palace, Buckingham Palace, St James’s Palace) dan 2 mansion (Clarence House, dan Spencer House) yang berkaitan dengan Princess Diana selama hidupnya. Jalan ini bersama Diana Memorial Playground di Kensington Gardens adalah dua proyek peringatan untuk mendiang Princess Diana, yang dibuka secara resmi pada 30 juni 2000, sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-39.

Daya tarik lain adalah Weeping Beech; Rose Garden; sejumlah Patung termmasuk Drinking Horse, Jelly Babies, Broom Broom, dan ISIS sculpture.

Selain fitur-fitur di atas, Hyde Park juga menawarkan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung. Selain jogging dan lari, banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di Hyde Park, seperti piknik, bersepeda, menunggang kuda, berenang, naik perahu, dan olah raga seperti tenis, bowling, dan golf, yang kesemuanya tersedia fasilitasnya di Hyde Park (baca selengkapnya di sini).

Hyde Park juga sering menjadi tempat konser, perayaan, festival, pekan raya atau pasar malam, dan tempat syuting film. Salah satu film yang mengambil adegan di Hyde Park adalah film Stormbreaker (2005), yaitu saat adegan Alex (Alex Petyffer) dikejar oleh sepasukan Household Guards yang menunggang kuda. Film ini juga mengambil adegan lain di Brompton Cemetery, area pemakaman yang juga dikelola oleh Royal Parks.

Di Hyde Park juga terdapat beberapa tempat makan yang menawarkan aneka makanan dan minuman:
© Refreshment Points. Merupakan tempat yang menjual kopi, es krim, snack, dan sandwich yang berada di sejumlah titik di area taman Hyde Park. Beberapa diantaranya berada di Serpentine Road, playground, dan Hyde Park Corner. Refreshment Points buka pkl 09.00 – 20.00 pada musim panas dan pkl 10.00 – 16.00 pada musim dingin.

© Serpentine Bar and Kitchen. Merupakan sebuah restaurant di tepi timur Serpentine yang berupa bangunan ikonik yang terinspirasi dari kehidupan pedesaan Inggris. Restaurant ini menawarkan aneka makanan hangat dan snack, sandwich, salad, cake, puding, dan minuman hangat dan juga dingin. 

© Lido Bar and Cafe. Merupakan cafe dan bar yang terletak di sebelah selatan Serpentin, dekat Diana Princess of Wales Memorial Fountain. Cafe ini memiliki tempat makan outdoor yang nyaman dan menghadap pemandangan indah dari danau Serpentine. Cafe ini juga menyediakan toilet, tempat ganti pakaian bayi, dan juga surat kabar.

© Tennis and Sport Centre Cafe. 
taman Hyde park

Cafe ini terletak di Tennis and Sport Centre di tepi selatan Hyde Park dan menawarkan aneka makanan dan minuman untuk para pemain ataupun penonton di Tennis and Sport Centre. Cafe ini memiliki taman dengan tempat duduk di mana kita bisa menikmati makanan kita di luar dan juga sejumlah toilet. Cafe ini buka dari jam 9.00 – 21.00 (summer) dan 10.00 – 16.00 (winter).

Liberty Drives
Apa saja yang bisa dilihat dan dilakukan di Hyde Park sudah tahu. Fasilitas dan restaurantnya juga sudah. Tinggal berpikir, bagaimana ya caranya keliling taman yang luasnya mencapai 142 hektar ini agar optimal dan bisa melihat semua? Bersepeda hanya diperbolehkan di beberapa rute saja, jalan kaki juga masih terlalu luas. Hmm tenang... ada kok solusinya. Yaitu Liberty Drives!


taman Hyde Park Liberty drives

Liberty Drives adalah fasilitas gratis untuk keliling Hyde Park (142 hektar) dan Kensington Gardens (111 hektar). Fasilitas ini menggunakan kereta beroda empat bertenaga listrik yang mampu menampung 5 penumpang. Mirip sama mobil-mobil kecil di area lapangan golf gitu deh. Fasilitas ini memang diperuntukkan bagi pengunjung yang merasa kesulitan untuk keliling seluruh area taman seluas 253 hektar ini (pengertian sekali ya?).

Kita bisa naik Liberty Drives dari 7 lokasi penjemputan yang tersebar di area taman dan bisa turun di tempat-tempat yang kita inginkan untuk kemudian dijemput lagi nanti. Pokoknya sip, dan membuat acara keliling taman kita jadi less tiring ;)

So, jangan ragu mampir ke royal park Hyde Park untuk melengkapi jalan-jalan kamu di Inggris.

Alamat: Kensington – Westminster, London, Inggris
Jam Buka: Setiap hari sepanjang tahun dari pkl 05.00 – 00.00
Harga Tiket Masuk: Untuk masuk ke taman Hyde Park nggak ada tiket-tiketan, alias gratis. Tiket hanya untuk masuk ke fasilitas-fasilitas tertentu.

Bagaimana Cara ke Sini?
Bus:
·         North London: 6, 7, 10, 16, 52, 73, 82, 390, 414
·         South London: 2, 36, 137, 436
·         West London: 9, 10, 14, 19, 22, 52, 74, 148, 414
·         East London: 8, 15, 30, 38, 274
Tube (kereta bawah tanah). Stasiun terdekat diurutkan searah jarum jam dari sebelah tenggara Hyde Park:
·         Hyde Park Corner (Piccadilly Line)
·         Knightsbridge (Picadilly Line)
·         Queensway (Central Line)
·         Lancaster Gate (Central Line)

0 comments:

Post a Comment