Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Royal Botanic Gardens Kew: A heaven for Garden Lovers and Photographers Alike

0
Kew Gardens Inggris

Royal Botanic Gardens Kew atau akrab disebut sebagai Kew Gardens adalah kebun botani seluas 121 hektar yang membentang antara Richmond dan Kew, di sebelah barat daya kota London, Inggris. Kebun ini dikelola oleh institusi "Kew" dan disponsori oleh Department for Environment, Food and Rural Affairs Inggris.

Royal Botanic Gardens Kew merupakan tempat koleksi tumbuhan hidup yang terbesar di dunia, dan mempekerjakan lebih dari 650 orang ilmuwan dan staf lainnya. Dengan koleksi tanaman hidupnya yang lebih dari 30 ribu jenis, 7 juta lebih spesimen yang diawetkan (herbarium), dan perpustakaan dengan lebih dari 750 ribu volume serta 175 ribu ilustrasi tanaman, Royal Botanic Garden Kew menjadi tempat riset tanaman dan lembaga pendidikan yang penting secara internasional.

Kew Gardens awal mulanya merupakan sebuah kebun eksotis di Kew Park yang di buat oleh Lord Capel John of Tewkesbury. Kebun tersebut kemudian diperluas oleh Augusta, Princess of Wales dan diperkaya lagi oleh King George III. Dutch House yang ada di area tersebut juga dibeli oleh George III pada tahun 1781 dan sekarang dikenal sebagai Kew Palace.

Saat ini, Kew Gardens merupakan area kebun luas yang memiliki banyak rumah kaca, taman, area hutan, dan bangunan-bangunan lain seperti perpustakaan, galeri, dan banyak daya tarik lain yang hampir semuanya dibuka untuk pengunjung.

Kew Gardens Inggris

Beberapa rumah kaca yang yang bisa dilihat pengunjung antara lain:

1. Temperate House. Merupakan rumah kaca yang berisi tanaman dan pohon yang berasal dari seluruh area beriklim sedang (temperate) di dunia. Bangunan ini merupakan bangunan kaca zaman Victoria yang terbesar di dunia yang masih ada saat ini. Temperate House memiliki luas area 4880 m2 dan tinggi 19 m, dan dibangun pada tahun 1859 untuk menampung koleksi tanaman iklim sedang Kew Gardens yang semakin bertambah.

2. Princess of Wales Conservatory. Merupakan rumah kaca yang menampung tanaman tropis kering dan basah, dan terbagi dalam 10 zona iklim yang dikontrol dengan komputer. Rumah kaca seluas 4499 m2 ini dibuka pada tahun 1987 oleh putri Diana, Princess of Wales, untuk memperingati hubungan pendahulunya, Augusta, dengan Kew Gardens.

Sejumlah besar koleksi anggrek (orchid), teratai (water lily), litophite, bromeliad, tanaman karnivora, dan kaktus menempati zona-zona berbeda di rumah kaca ini. Untuk menghemat energi, zona yang lebih dingin dikelompokkan di bagian tepi rumah kaca, sementara zona-zona tropis di bagian tengah, dimana energi panas dikurangi.

Koleksi anggrek menempati dua zona di Princess of Wales Conservatory. Tanaman anggrek di sini diganti secara teratur agar yang didisplai adalah anggrek yang sedang berbunga sehingga tampilannya menarik. Sementara koleksi kaktusnya, meluas hingga ke luar Conservatory dimana kita bisa melihat spesies-spesies kaktus yang lebih tahan cuaca di sana.

Kew Gardens Inggris
Bangku dan taman dekat Palm House
3. Palm House. Merupakan rumah kaca yang berisikan aneka pohon palm. Bagian tengah rumah kaca ini memiliki tinggi 19 m dan dikelilingi oleh sebuah tempat berjalan (walkway) setinggi 9 m. Dari tempat berjalan ini pengunjung bisa berkeliling dan melihat lebih dekat puncak-puncak pohon palm tinggi yang tidak jelas terlihat kalau kita hanya melihatnya dari bawah..

4. Davies Alpine House. Merupakan rumah kaca berbentuk hampir seperti setengah lingkaran yang digunakan untuk memajang koleksi tanaman pegunungan. Bangunan ini merupakan versi terbaru Alpine House yang dibuka bulan Maret 2006. Alpin House memiliki tirai otomatis untuk mencegah bagian dalam rumah kaca terlalu panas saat matahari terlalu terik. Rumah kaca ini juga memiliki sistem yang menhembuskan udara dingin secara kontinyu ke tanaman di dalamnya. Karena koleksi tanaman Alpin Kew Gardens lebih dari 7000 buah, sementara Alpin House hanya mampu menampung 200, tanaman yang didisplai di Alpin House biasanya dirotasi secara berkala, agar semuanya dapat dilihat oleh pengunjung.

5. Waterlily House. Merupakan rumah kaca paling panas (arti harfiah, please :p) dan paling lembab di antara semua rumah kaca di Kew Gardens. Rumah kaca ini memiliki sebuah kolam besar dengan beberapa varietas teratai (water lily) tumbuh di atasnya, dan sekelilingnya dihiasi oleh display tanaman-tanaman “penyuka panas” yang bernilai ekonomis. Waterlily House awalnya dibangun untuk memelihara Victoria Amazonica, famili dari teratai air yang paling besar. Namun tidak seperti famili teratai yang lain, Victoria Amazonica tidak cocok tinggal di dalamnya, sehingga kemudian dipindah ke rumah kaca lain yang lebih kecil. Selain di Waterlily House, teratai di Kew Gardens juga banyak ditumbuhkan di Princess of Wales Conservatory dan kolam di Aquatic Garden.

Kew Gardens juga memiliki sebuah rumah kaca di dekat Jodrell Laboratory yang digunakan untuk menampung koleksi tanaman bonsainya.

Kew Gardens Inggris

Selain rumah kaca, Kew Gardens juga memiliki area khusus atau kebun untuk koleksi tanaman tertentu, seperti:

· Herbaceous Ground (atau Order Beds). Adalah kebun yang berisi tanaman-tanaman yang dikelompokkan berdasarkan famili. Di sini para siswa botani bisa belajar mengenali tumbuhan dan melihat langsung keanekaragaman kingdom tumbuhan. Di jalan utama kebun ini terdapat gapura tanaman yang dirambati bunga mawar rambat. Jenis mawar yang dipilih adalah mawar yang panjang dan yang paling banyak menghasilkan bunga.

·      Aquatic Garden. Kebun ini terletak di dekat Jodrell Laboratory dan digunakan untuk memelihara aneka tanaman air dan tanaman yang hidup di tepi perairan. Teratai yang berbunga saat musim panas tumbuh di kolam di bagian tengah kebun, sementara aneka alang-alang dan dan tanaman mengambang lain tumbuh di kolam di sudut kebun.

·      Rose Garden. Terletak di belakang Palm House, kebun ini lebih berfungsi sebagai taman hias ketimbang kebun koleksi. Taman ini memperlihatkan aneka bunga mawar yang ditanam dengan desain yang indah.

·  Grass Garden. Merupakan taman untuk memajang rumput-rumput hias dan yang bernilai bernilai ekonomis. Lebih dari 580 spesies rumput dipajang dikebun ini.

·   Rock Garden. Merupakan taman berbatu yang dibagi berdasarkan 6 wilayah geografi yaitu Eropa, Mediterania dan Afrika, Austalia dan Selandia Baru, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.


Selain rumah kaca dan kebun, di Kew Gardens juga terdapat banyak bangunan baik yang bersifat fungsional maupun dekoratif. Diantaranya adalah:

Nash Conservatory. Merupakan conservatory atau “rumah kaca” yang sebenarnya didesain untuk Istana buckingham. Bangunan ini dipindah ke ke Kew pada tahun 1836 oleh King William IV. Karena memiliki pencahayaan alami yang berlimpah akibat banyak jendela kaca, bangunan ini sekarang digunakan sebagai tempat memamerkan foto dan pameran edukasi.

Orangery. Merupakan bangunan yang digunakan sebagai conservatory untuk menanam pohon jeruk. Saat ini, orangery berukuran 28 x 10 m ini digunakan sebagai restaurant.

Marianne North Gallery. Merupakan sebuah galeri seni botani yang memamerkan lukisan dari Marianne North, putri dari seorang anggota parlemen Inggris. Ceritanya, Marianne North melakukan perjalanan ke Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika Selatan, dan banyak negara Asia untuk melukis tumbuhan. Ada 832 hasil lukisannya yang kini dipamerkan di Marianne North Gallery.

Shirley Sherwood Gallery of Botanic Art. Merupakan galeri seni lain di Kew Gardens. Rumah galeri ini menampung dan memamerkan koleksi lukisan milik Kew dan Dr. Shirley Sherwood.

Museum No.1. Merupakan museum 3 lantai yang terletak di dekat Palm House dan merupakan satu-satunya museum di Kew Gardens. Museum ini memamerkan koleksi botani yang bernilai ekonomis seperti peralatan, hiasan, pakaian, makanan, dan obat-obatan, bertujuan untuk mengilustrasikan ketergantungan manusia pada tumbuhan. Lantai dasar museum ini digunakan untuk pameran “Plants + people” yang memamerkan berbagai tumbuhan dan cara manusia memanfaatkannya, sedangkan 2 lantai atas digunakan sebagai education centre.

Jodrell Laboratory. Merupakan sebuah laboratorium di Kew Gardens yang dinamakan seperti penyandang dananya saat dibangun, T.J. Phillips Jodrell. Sejak dibangun pada tahun 1877, Jodrell Laboratory telah diperluas beberapa kali. Selain ruang-ruang penelitian, kantor, dan studio foto, laboratorium Jodrell juga menjadi tempat perpustakaan dan arsip (yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia) serta Economic Botany Centre.

Kew Gardens Inggris
Photo ©Copyright Christine Matthews
Rhizotron. Adalah ruangan yang berisi display gambaran tentang bagian bawah pohon.

Photo Competition Exhibition. Merupakan pameran foto outdoor yang memajang foto hasil jepretan para peserta Kompetisi Fotografer Kebun Internasional di Kew Gardens. Kompetisi ini diadakan setahun sekali dan karya foto peserta di pajang selama musim panas.

Stable Yard. Adalah panggung tempat pengunjung bisa melihat proses pengolahan timbunan kompos (compost heap) di Kew Gardens. Kompos yang diolah berasal dari sampah hijau dari Kew Gardens dan kotoran dari kandang Household Cavalry. Tempat pengolahan kompos sebenarnya berada di area kebun yang tidak bisa diakses oleh pengunjung, karena itu pengunjung hanya bisa melihatnya dari luar melalui Stable Yard.

Kew Palace Inggris
Kew Palace
Kew Palace. Adalah istana kerajaan Inggris terkecil dan lebih mirip seperti manor house. Istana ini memiliki gaya arsitektur klasik dengan dinding batu bata merah. Kew Palace dulu pernah menjadi tempat tinggal King George III bersama istrinya, Queen Charlotte, dan juga ke-15 anaknya. Namun saat ini Kew Palace sudah tidak lagi ditinggali ratu ataupun anggota keluarga kerajaan, dan menjadi salah satu tempat wisata di Kew Gardens. (baca tentang Kew Palace)

Queen Charlotte’s Cottage. Adalah pondok bergaya pedesaan yang dulu menjadi rumah peristirahatan Queen Charlotte, diberikan oleh King George III sebagai hadiah pernikahan. Cottage ini juga sekarang sudah tidak lagi ditinggali dan menjadi tempat wisata di Kew Gardens.
.
Pagoda. Merupakan pagoda 10 tingkat berbentuk oktagonal yang terletak di sudut tenggara Kew Gardens. Pagoda ini didirikan pada tahun 1762 oleh Sir William Chambers dengan desain meniru pagoda China dan dindingnya tersusun dari batu bata. Pagoda ini memiliki tinggi 50 m dan terdapat 253 anak tangga di bagian tengah pagoda.

Chokushi-Mon. Chokushi-Mon, bahasa Jepang untuk “Imperial Envoy’s Gateway” atau “pintu gerbang utusan raja” adalah sebuah replika atau tiruan dari karamon (pintu gerbang) kuil Nishi Hongan-ji di Kyoto, Jepang. Replika ini besarnya 4/5 dari aslinya dan dikelilingi oleh taman tradisional Jepang. Kamu bisa menemukan Chokushi-Mon 140 m sebelah barat dari Pagoda.

Minka House. Merupakan model rumah kayu ala Jepang yang terdapat di area Bamboo Garden di bagian tengah sebelah barat Kew Gardens. Rumah ini selesai dibangun pada tahun 2001 sementara artefak di bagian dalamnya baru selesai ditata pada tahun 2006.

Kew Gardens Inggris
Sackler Crossing (Photo: telegraph.co.uk)
Sackler Crossing. Merupakan sebuah jembatan bergaya minimalis yang melintasi danau di Kew Gardens. Jembatan ini dinamai demikian sebagai penghargaan untuk dua orang filantropis, Dr Mortimer dan Theresa Sackler. Sackler Crossing adalah bagian dari jalan taman yang didesain untuk mendorong pengunjung agar melihat lebih banyak bagian dari Kew Gardens. Jembatan yang terbuat dari batu granit dan perunggu ini dibuka pada bulan Mei 2006 dan pernah memenangkan penghargaan khusus dari Royal Institute of British Architects pada tahun 2008.

Kew Gardens Inggris
Treetop walkway (Photo:  Daniel Berehulak)
Treetop Walkway. Adalah tempat berjalan atau jembatan gantung yang berada di ketinggian puncak pohon (tree top) di area hutan di Kew Gardens. Tempat berjalan setinggi 18 m dan panjang 200 m ini akan membawa pengunjung melintas di antara puncak-puncak pohon hutan yang tinggi. Bagian tiang penopang treetop walkway didesain agar berkarat sehingga berwarna kecoklatan menyerupai batang pohon. Sementara bagian lantainya, yang terbuat dari jalinan kawat, akan sedikit melentur saat diinjak, semakin melengkapi pengalaman yang lumayan memacu adrenalin ini :D

Di Kew Gardens terdapat 4 bangunan yang dimasukkan ke dalam kategori Listed Building grade I oleh pemerintah UK dan 36 struktur lainnya juga masuk dalam grade II. Pada July 2003 Kew Gardens juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dengan nama Royal Botanic Gardens, Kew.

Jadi, rugi rugi rugi banget kalau ke Inggris tanpa ke Kew Gardens. Karena tempatnya sangat luas dan baaanyak banget yang bisa dilihat di sini. Bagi yang suka memeotret bunga ala garden photographer, di sini surganya! Here in Kew Gardens you can see all those beautiful flowers on your wallpaper collections real and alive! Kew Gardens juga cocok untuk pilihan wisata keluarga bersama anak-anak. Tak hanya wisata liburan, di kebun botani Kew Gardens mereka juga bisa sekaligus belajar tentang macammacam tumbuhan :)

*Listed Building adalah daftar bangunan yang dilindungi oleh pemerintah UK karena dianggap memiliki nilai sejarah dan arsitektur yang penting.

Kew Gardens Inggris
Kew Gardens saat musim dingin

Alamat Kew Gardens: Kew Road, Kew, Inggris
Jam Buka Kew Gardens:
Jam buka dan tutup bervariasi, tetapi rata-rata buka antara pkl 09.30 – 17.30. Kalau kamu mau ke sana, cek jam pastinya di sini. Tanggal 24 dan 25 Desember Kew Gardens tutup.

Harga Tiket Masuk:
Dewasa (17 – 19 tahun)                       : £16.00
Mahasiswa (show student card)            : £14.00
Orang tua (> 60 tahun)                     : £14.00
Anak – anak (£ 16 tahun)                     : Gratis (harus ditemani orang dewasa)
Note:
-   Tiket ini sudah meliputi akses masuk ke semua bangunan dan daya tarik di Kew Gardens, termasuk Kew Palace, Royal Kitchen, dan Queen Charlotte’s Cottage.
- Tiket bisa dibeli langsung di Kew Gardens atau booking online melalui website resminya di www.kew.org/visit-kew-gardens/
-   Kita bisa mengikuti panduan tur gratis berdurasi 1 jam yang dimulai setiap pkl 11.30 dan 13.30 (tur biasa = Kew Gardens introduction) dan pkl 12.00 (tur bertema) setiap harinya. Tur berangkat dari Victoria Gate.
-   Kita juga bisa keliling Kew Gardens dengan Kew Explorer, yaitu tur keliling menggunakan kereta darat. Dengan membeli tiket Kew Explorer, kita bebas naik-turun di pemberhentian mana saja yang dilewati kereta Kew Explorer. Lihat harga tiket dan rute Kew Explorer di sini.

Bagaimana Cara ke Sini?
Bus: Naik jalur 65, 237, 267 (hanya ada setiap hari Minggu selama musim panas) atau jalur 391.
Kereta Bawah Tanah (underground/tube). Naik kereta jurusan Richmond (District line), turun di Kew Gardens station. 5 menit jalan kaki.
Kereta (Train):
-         Silverlink Train Service. Stasiun terdekat: Kew Gardens station (5 menit jalan kaki)
-         South West Train. Stasiun terdekat: Kew Bridge station (10 menit jalan kaki)
Sepeda. Terdapat rak sepeda di dalam Victoria Gate dan di luar Main Gate Kew Gardens (dekat kotak telepon).

0 comments:

Post a Comment