Kensington Gardens: Taman Cantik Dekat Istana Kensington, Inggris

0
taman Kensington Gardens
Round Pound Kensington Gardens
Dengan semua daya tariknya, taman Kensington Gardens sering menjadi lokasi syuting film. Tiga diantara banyak film yang syuting di sini adalah Finding Neverland (2004) yang dibintangi Johny Depp dan Kate Winslet, Bridget Jones: The Edge of Reason (2004), dan komedi romantis Wimbledone (2004). Serpentine Gallery Kensington Gardens juga muncul dalam film The Wings of Dove (1997) dan Albert Memorial muncul di film bolywood Mujhse Dosti Karoge (2002).

Pokoknya banyak banget yang bisa dilihat di Kensington Gardens. Tempat yang cocok untuk refreshing dan back to nature! :). Mau tahu apa saja?


Kensington gardens merupakan satu dari delapan royal park di London, Inggris. Taman ini terletak di sebelah timur Kensington Palace dan berbatasan langsung dengan tepi barat Hyde Park. Taman ini mencakup area seluas 111 hektar, dan bersama Hyde Park, Green Park and St. James's Park, keempat taman ini membentuk “jantung hijau” di tengah kota London yang hampir tak terputus dari Kensington ke Westminster.

Kensington Gardens dibuat antara tahun 1728-1738 dengan desain gabungan antara Henry Wise (masa Queen Anne) dan Charles Bridgeman (masa Queen Caroline). Cikal bakal Kensington Gardens sendiri adalah taman istana Kensington Palace yang diambil dari area Hyde Park bagian barat. Taman ini pertama diperluas oleh Queen Anne dengan mengambil 13,9 hektar dari Hyde Park dan kemudian diperluas lagi 10 kali lipatnya oleh Queen Caroline. Queen Caroline juga meminta Charles Bridgeman untuk mendesain taman menjadi seperti yang terlihat sekarang, termasuk salah satu fiturnya, Serpentine Lake.

Karena terletak berbatasan dan hanya dibatasi jalan West Carriage Drive (The Ring) dan Serpentine Bridge, banyak yang tidak bisa membedakan antara Kensington Gardens dan Hyde Park. Banyak sekali saya jumpai yang salah menyebut daya tarik di Kensington Gardens sebagai fitur dari Hyde Park. Mungkin karena saat buka, kedua taman ini seolah melebur menjadi satu. Meskipun saat senja, akses masuk ke Kensington Gardens ditutup.

Karena terletak berdampingan juga, Kensington Gardens dan Hyde Park seringkali diperbandingkan. Misalnya saja, Kensington Gardens dianggap lebih ‘smart’ dibanding Hyde Park karena karakternya yang lebih privat, yaitu berada di area di Kensington Palace. Atau, Hyde Park dianggap lebih ‘fashionable’ daripada Kensington Gaedens karena lokasinya yang lebih dekat ke jalan Park Lane dan Knightsbridge, karena itu lebih banyak pengunjungnya. Namun begitu keduanya mempunyai keistimewaan tersendiri. Pada kenyataanya, Kensington Gardens lebih formal daripada Hyde Park, dan hanya buka pada siang hari, sementara Hyde Park buka dari saat masih petang jam 5 pagi sampai tengah malam.

Saat ini, Kensington Gardens tidak lagi menjadi taman pribadi kerajaan melainkan sebagai taman kota yang dibuka untuk umum. Taman ini populer sebagai taman untuk berjemur (sun bathing) dan piknik saat cuaca cerah. Jalan tamannya biasa digunakan untuk jogging, lari, dan bahkan bersepeda (rute khusus). Kita juga bisa meilih jalan taman Kensington Gardens sebagai rute berjalan kaki yang sehat, berudara segar, dan tenang saat berangkat atau pulang kerja, dibanding jika berjalan kaki di jalan kota yang terpolusi dengan asap dan suara kendaraan bermotor.

Dengan area taman yang luas, Kensington Gardens memiliki banyak gerbang masuk yang tersebar di sekeliling taman, yang bisa kita pilih agar lebih dekat ke tempat tertentu di area taman. Selain banyak jalan taman yang simpang siur melintasi taman, Kensington Gardens juga mempunyai jalan formal yang lebar yaitu Broad Walk di depan Kensington Palace dan West Carriage Drive (The Ring) di perbatasan dengan Hyde Park.

taman kensington garden
Italian Garden, salah satu dari banyak daya tarik di Kensington Gardens
Selain area taman yang hijau dan jalan taman yang nyaman, Kensington Gardens memiliki banyak fitur yang menjadi daya tarik lain para pengunjung. Mau tahu apa saja yang bisa dilihat di Kensington Gardens? Baca Daftar 30 Lebih Daya Tarik Kensington Gardens.

Alamat: Kensington Gardens, Kensington, London
Jam Buka: 06.00 – 18.30
Harga tiket masuk: nggak ada tiket-tiketan alias free entrance!
Tempat Wisata dekat Kenshington Gardens:
Kensington Palace
Hyde Park
Natural History Museum London

0 comments:

Post a Comment