Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Natural History Museum London: Menarik dan Unik

0
Natural History Museum London
Tempat ice skating di luar NHM London pada musim dingin
Natural History Museum di London merupakan salah satu museum sejarah alam terbesar di dunia. Museum ini menjadi tempat dipamerkannya 70 juta specimen dari 5 koleksi utama yaitu botani (tumbuhan), entomologi (serangga), mineralogi (mineral), palaeontology (fosil hewan dan tumbuhan), dan Zoologi (hewan), dan merupakan salah satu pusat penelitian yang terkenal di dunia dengan spesialisasi di bidang taksonomi, identifikasi, dan konservasi.

Natural History Museum memiliki gaya arsitektur Romanesque dengan bagian eksterior dan interior berdinding batu bata. Di dinding dalam terdapat banyak relief flora dan fauna, dengan spesies flora dan fauna yang masih hidup diukir di dinding sayap bangunan bagian barat, dan yang sudah punah diukir di sayap kiri. Sumbu pusat museum ini segaris dengan menara Imperial College London, Royal Albert Hall, dan Albert Memorial. Keempat bangunan ini membentuk bagian dari kompleks yang dikenal sebagai Albertopolis :p (sebutan informal).

Natural History Museum pada awalnya adalah bagian dari Bristish Museum, dikenal sebagai British Museum (Natural History). Namun karena membutuhkan lebih banyak ruang sementara tempat di British Museum terbatas, museum ini diputuskan memisahkan diri pada tahun 1856.

Kompetisi untuk mendesign bangunan Natural History Museum yang baru pun diadakan pada tahun 1964, dan design dari seorang insinyur sipil bernama Captain Francis Fowke keluar sebagai pemenang. Namun karena Fowke meninggal tidak lama setelah rancangannya disetujui, design tersebut kemudian diambil oleh Alfred Waterhouse, yang kemudian melakukan banyak perubahan pada rancangan yang asli. Karena itu, bangunan Natural History Museum yang saat ini berdiri lebih sebagi rancangan Mr. Waterhouse ketimbang Mr. Fowke, dan sekarang dikenal sebagai Waterhouse Building, salah satu landmark kota London.

Natural History Museum London
Hiasan di dinding luar NHM London
Pembangunan Natural History Museum (NHM) yang baru dimulai pada tahun 1873 dan selesai pada tahun 1873. Meskipun pemindahan koleksi dari museum lama baru selesai pada tahun 1883, Natural History Museum sudah mulai dibuka untuk umum dari tahun 1881. Dan meskipun sudah terpisah secara bangunan dari British Museum sejak saat itu, pemisahan diri secara hukum menjadi museum independen baru terjadi pada tahun 1963, dan namanya berubah secara resmi menjadi Natural History Museum baru pada tahun 1992.

Salah satu spesimen yang paling terkenal dan menonjol yang dipamerkan di Natural History Museum London adalah Dippy. Dippy sebuah replika kerangka dinosaurus Diplodocus carnegii sepanjang 32 m, yang dipamerkan di Central Hall. Kerangka ini dihadiahkan oleh industriawan terkenal Andrew Carnegie (nama spesies tersebut juga diambil dari namanya) setelah diskusi dengan King Edward VII. Replika ini merupakan tiruan dari fosil asli yang berada di Carnegie Museum of Natural History di Pittsburgh, USA.

Dippy Natural History Museum London
Dippy
Seiring dengan kepopuleran Dippy, Mr Carnegie pun diminta untuk memperbanyak tiruan-tiruan lain dari Dippy, yang akan dipajang di museum di kota-kota besar di Eropa dan Amerika Selatan. Hal ini membuat Dippy menjadi kerangka dinosaurus yang paling sering dilihat di dunia, menjadikannya sebagai lambang representasi sebuah museum, dan sering muncul di berbagai film Hollywood dan media cetak maupun elektronik. Display ikonik lain di Natural History Museum London adalah kerangka dan model dari paus biru (blue whale) sepanjang 28,3 m yang dipajang di Large Mammals Hall.

Mammals hall Natural history museum london
Large Mammals Hall
Salah satu ruang pameran di Natural History Museum adalah Darwin Centre. Tempat ini digunakan untuk menyimpan dan memamerkan puluhan juta specimen yang diawetkan, dan juga sebagai tempat kerja para staff peneliti museum. Bagian ini terdiri dari dua fase: Fase 1 menampung koleksi dari departemen zoologi, dan Fase 2 menampung koleksi departemen entomologi dan botani yang dikeringawetkan, disebut ‘dry collection’.

Fase 2 menempati bangunan yang berbentuk kepompong raksasa yang di design oleh C. F. Moller Architects. Darwin Centre Fase 2 memiliki sebuah studio multimedia, Attenborogh Studio (dinamakan setelah penyiar dan presenter Sir David Attenborough), yang menyediakan lingkungan multimedia untuk acara pendidikan. Studio ini rencananya akan memberikan kuliah dan demonstrasi setiap hari.

Koleksi yang paling terkenal di Darwin Centre adalah cumi-cumi raksasa sepanjang 8,62 meter bernama Archie (imut ya, namanya ;p). Cumi-cumi ini diawetkan secara basah menggunakan campuran formalin dan larutan garam, dan disimpan di sebuah tank di basemen bangunan Fase I.

Ada banyak sekali galeri di Natural History Museum di London, yang masing-masing memiliki tema yang bebeda. Keseluruhan meliputi tema botani (tumbuhan), entomologi (serangga), mineralogi (mineral), palaeontology (fosil hewan dan tumbuhan), Zoologi (hewan), dan geologi (tanah dan bumi). Galeri-galeri tersebut dikelompokkan ke dalam 4 zona warna: merah, hijau, biru, dan orange.

Yang menjadi daya tarik terbesar dari museum ini adalah koleksi kerangka dinosaurusnya. Selain kerangka Diplodocus di Central Hall, ada beberapa model dinosaurus lain sebesar ukuran aslinya di Dinosaurs Hall. Tempat favorit pengunjung lainnya adalah Large Mammals Hall, yang memajang model blue whale raksasa, gajah, dan mamalia besar lainnya. Galeri lain bertemakan reptil, ikan, burung, ‘creepy crawlies’, ekologi, dan masih banyak lainnya. Di zona merah, terdapat galeri-galeri yang bertemakan geologi. Di sana kamu bisa melihat model-model bumi, simulasi gempa bumi, letusan gunung berapi, dan koleksi specimen batu dan mineral.

Natural History Museum London
Pintu masuk NHM London
Mau lebih jelas dan menyaksikan koleksi-koleksinya secara real? Datang langsung donk ke Natural History Museum di London ;). Selain bangunannya yang unik dan koleksi-koleksi yang menakjubkan, Natural History Museum juga memanjakan pengunjung dengan toko-toko souvenir keren serta restaurant dan cafĂ© dengan aneka menu. Pantaslah museum ini menjadi salah satu museum terkenal sekaligus favorit di Inggris, dan menjadi obyek wisata populer tujuan para turis, baik turis asing maupun domestik. Selain itu, seperti halnya museum nasional lain yang didanai oleh pemerintah, pengunjung bisa masuk ke Natural History Museum tanpa harus membeli tiket masuk, alias gratis! Wah semakin mantep nih, mengunjungi National History Museum di London :D

Sebelum berkunjung, boleh juga tuh buka website resmi Natural History Museum di www.nhm.ac.uk. Websitenya rapi, colourful, dan eye-catching. Keren deh!

Quick Tips
Saat melihat-lihat di Central Hall, jangan lupa melihat ke atas, ke langit-langit Central Hall yang dihias dengan gambar aneka tumbuhan dari seluruh dunia.

Central Hall Natural History Museum London
Langit-langit Central Hall

Alamat Natural History Museum London: Cromwell Road, South Kensington, London, England

Jam Buka Natural History Museum London: Setiap hari pkl 10.00 – 17.50 (terakhir masuk 17.30)
(24 – 26 Desember tutup)
Harga Tiket Masuk: Gratis
(tapi terkadang ada tiket masuk untuk beberapa pameran-pameran khusus yang bersifat sementara)

Naik apa ke Natural History Museum London?
- Bus: Naik jalur 14, 49, 70, 74, 345, 360, 414, atau C1
- Kereta Bawah Tanah (orang Inggris menyebutnya ‘underground’ atau ‘tube’). Stasiun bawah tanah terdekat: South Kensington Station (Circle line, District line, Piccadilly line)
- Sepeda. Terdapat fasilitas parkir sepeda di pintu masuk Cromwell Road dan rak sepeda sepanjang Exhibition Road. Tempat penyewaan sepeda terdekat: Barclays Cycle Hire (terletak di luar pintu masuk Exhibition Road), dan beberapa tempat penyewaan lain berlokasi di Queen’s Gate dan South Kenshington tube station.
- Coach. Victoria Coach Station berada tidak jauh dari Victoria train station dan tube station (circle line, district line)

Note:
Gunakan pintu masuk:
- Cromwell Road untuk masuk gallery dinosaurs, creepy-crawlies, blue whale, Darwin Centre dan Wildlife Garden.
- Exhibition Road untuk masuk ke volcanoes, earthquakes dan giant Earth model.

Street map natural history museum London
Peta NHM London

Baca Juga:

0 comments:

Post a Comment