Apa Saja yang Ada di Taman Kensington, London? Ini Dia Daftarnya

0
Setelah membaca tentang taman Kensington Gardens, saatnya cari tahu apa saja yang bisa dilihat di taman cantik dekat istana bekas tempat tinggal Princess Diana, Prince William, dan Prince Harry ini. explorerguidebook.blogspot.com. Karena terletak berbatasan, banyak yang salah menyebut daya tarik di Kensington Gardens sebagai fitur dari Hyde Park. Mungkin karena saat buka, kedua taman ini seolah berbaur menjadi satu. Nah biar anda juga tak salah sebut, saya sudah rangkumkan apa saja yang bisa kita lihat di taman Kensington Gardens. Saya urutkan dari yang paling dekat dengan Kensington Palace (atau paling jauh dari Hyde Park). Ini dia daftarnya.

© Elfin Oak
Elfin Oak taman Kensington Gardens

Elfin Oak adalah batang pohon ek berlubang yang dihiasi banyak boneka kecil kurcaci, peri, dan binatang yang warna-warni. Nama Elfin Oak mungkin memang berasal dari arti harfiahnya, yaitu Elf (kurcaci) in Oak (pohon Ek). Batang pohon Ek ini dipindahkan dari Richmond Park ke Kensington Gardens tahun 1928, dan waktu itu sudah berumur lebih dari 800 tahun. Batang pohon mati ini kemudian dihias dengan boneka warna-warni oleh Ivor Innes, seorang ilustrator buku anak-anak. Elfin Oak masuk dalam daftar Grade II listed structure* oleh English Heritage dan sekarang berada di dalam semacam sangkar sehingga kita hanya bisa melihatnya dari luar. Kita bisa menemukan Elfin Oak antik ini di sudut barat laut taman Kensington gardens, berdekatan dengan Diana Memorial Playground di utara Orangery restauran Kensington Palace. Juga berdekatan dengan Diana Memorial Playground dan berhadapan dengan Elfin Oak adalah patung Time Flies.

© The Diana Princess of Wales’ Memorial Playground
Diana memorial Playground taman kensington

Diana Memorial Playground merupakan taman bermain untuk anak-anak sampai usia 12 tahun. Lebih dari 750 ribu anak dan orang tua mengunjungi taman bermain ini setiap tahunnya. Di taman ini anak-anak bisa bermain mencari jejak, masuk ke tenda segitiga ala orang Indian, naik ke kapal bajak laut, dan juga aneka mainan lain. Orang tua atau orang dewasa yang menemani sang anak pun bisa bersantai di bangku yang tersedia sambil mengawasi anak mereka bermain. Taman ini buka dari pukul 10 dan tutup bervariasi, antara pukul 15.45 sampai 19.45. Karena ditujukan untuk anak-anak, orang dewasa yang tidak membawa anak kecil hanya boleh masuk antara pkl 09.30 – 10.00. Playground ini juga punya fasilitas toilet dan cafĂ© yang menyediakan aneka minuman, salad, sandwich; dan juga menu makanan untuk anak-anak. Playground lain di taman Kensington Gardens adalah Buckhill Playground yang terletak di dekat Italian gardens dan perbatasan dengan Hyde Park.

© Round Pound
Round Pound kensington gardens

Round Pound adalah kolam berbentuk melingkar yang terletak dekat dengan istana Kensington Palace. Pengunjung bisa duduk-duduk di bangku pinggir kolam dan juga melihat burung dan angsa-angsa yang berenang.

© Bandstand
Bandstand Kensington gardens

Bandstand atau panggung band di Kensington Gardens adalah satu dari empat bandstand permanen di Royal Park London. explorerguidebook.blogspot.com. Bandstand yang agak mirip seperti gazebo ini terletak di selatan Round Pound, atau sebelah timur Broad Walk. Bandstand ini memiliki desain regency style dan didirikan di Kensington Gardens pada tahun 1931. Tiga bandstand permanen lain berada di taman Hyde Park, Greenwich Park, dan Regent’s Park. Sementara 1 bandstand di St James’ Park merupakan bandstand sementara yang hanya didirikan pada musim panas.

© Albert Memorial
Albert Memorial Kensington gardens

Albert Memorial merupakan monumen peringatan Prince Albert (suami Queen Victoria) yang terletak di ujung selatan jalan taman Lancaster Walk di tepi Kensington Gardens, berseberangan dengan Royal Albert Hall. Monumen ini didirikan tahun 1872 dan didesain oleh George Gilbert Scott. Monumen ini didesain dengan gaya arsitektur Victorian gothic style dan merupakan salah satu monumen di London yang rame dengan hiasan.

Dilihat sekilas, monumen ini terlihat seperti sebuah kuil, ditambah lagi dengan patung Prince Albert yang berwarna keemasan duduk di tengah monumen. Namun jika diamati lebih dekat, monumen ini akan tampak dipenuhi dengan ornamen yang mendetail dan meriah, khas gaya arsitektur Victorian gothic, khususnya bagian atap dan puncaknya. Albert Memorial didominasi oleh warna coklat dan emas, dengan aksen putih dari patung marmer di sudut-sudutnya. 4 patung marmer di bagian atas mewakili perindustrian, perdagangan, agrikultur, dan engineering, sementara 4 di sudut bawah mewakili Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika. Bagian dasar monumen juga didekorasi dengan hiasan-hiasan yang menggambarkan pelukis, pematung, musisi, dan arsitek yang merefleksikan ketertarikan Prince Albert terhadap seni.


© Patung Physical Energy

Physical Energy Statue

Merupakan patung perunggu yang dibuat untuk memperingati pahlawan nasional Inggris Sir Cecil Rhodes. Patung Physical Energy dibuat berdasarkan sebuah monumen peringatan Sir Rhodes di Table Mountain, Cape Town, Afrika Selatan, dan di pasang di Kensington Gardens tahun 1907. Patung ini berbentuk seseorang yang sedang menunggang kuda dan terletak di tengah persimpangan jalan taman Lancaster Walk dan 2 jalan taman lain.

Sir Cecil Rhodes merupakan seorang pengusaha tambang berlian dan pendiri negara Zimbabwe. Ia sudah menjadi miliader sebelum usia 30 tahun dan mendirikan perusahaan pertambangan De Beers tahun 1880, yang mendominasi industri berlian sejak saat itu. Mr Rhodes berkontribusi terhadap negara karena menggunakan kekayaannya untuk usaha memperluas kekuasaan kerajaan Inggris di Afrika dan sebelum meninggal mewariskan kekayaannya ke Oxford University di Inggris untuk mendanai beasiswa Rhodes Scholarship.

© Speke Monumen
Speke Monumen

Merupakan sebuah monument batu granit yang didedikasikan untuk John Hanning Speke, seorang penjelajah Inggris yang menemukan Lake Victoria di Afrika timur dan penemu sumber dari aliran sungai Nil India (yaitu Rippon Falls yang berasal dari Lake Victoria). Monumen ini didesain oleh Philip Hardwick (designer Euston Railway Station) dan dipasang pada tahun 1866, 2 tahun setelah kematian Mr. Speke. Monumen ini disponsori oleh presiden Royal Geographic Society yang juga membiayai 2 ekspedisi John Hanning Speke. Monumen ini terletak di dekat persimpangan jalan taman Lancaster Walk dan Budges Walk, searah dengan patung Physical Energy.

© Queen Caroline’s Temple
Queen Caroline’s Temple

Queen's Caroline Temple adalah summer house kecil bergaya klasik yang terletak di timur jalan taman Lancaster Walk, dekat Serpentine Gallery dan patung Physical Energy, menghadap the Long Water. Summer house ini dibangun sekitar tahun 1734 untuk Queen Caroline dan didesain oleh William Kent.

© Serpentine Gallery
Serpentine Gallery

Serpentine Gallery merupakan salah satu galeri seni modern dan kontemporer yang terfavorit di London. Galeri ini menempati sebuah bangunan klasik di area taman Kensington gardens yang dulu di gunakan sebagai rumah minum teh. Bangunan ini dibangun tahun 1934 dan dibuka sebagai Serpentine Gallery tahun 1970. Di halaman Serpentine Gallery terdapat karya seni yang didedikasikan untuk Princess Diana, yang terdiri dari 8 bangku taman, sebuah plakat pohon, dan lingkaran batu berukir di pintu masuk galeri. explorerguidebook.blogspot.com. Serpentine Gallery buka setiap hari pkl 10.00 – 18.00 dan untuk masuk tidak dipungut biaya, alias gratis.

© Patung Peter Pan

Peter Pan Statue

Merupakan patung dari karakter Peter Pan ciptaaan J. M. Barrie dalam serial cerita Peter Pan karangannya. J. M. Barrie tinggal dekat dengan Kensington Gardens dan menggunakannya taman ini sebagai sumber inspirasi dalam cerita Peter Pan. Di dalam ceritanya, Peter diceritakan terbang dari peraduannya dan mendarat di samping The Long Water Kensington Gardens. Di tempat inilah sekarang patung Peter Pan berdiri, di samping barat The Long Water. Patung ini menggambarkan tupai, kelinci, tikus, dan peri yang sedang mendaki ke arah Peter Pan yang berdiri di puncak. Patung ini dibuat pada tahun 1902 oleh Sir George Frampton.

© The Long Water dan Serpentine Bridge
Serpentine merupakan danau yang dibuat oleh Charles Bridgeman pada tahun 1730, dengan membendung aliran Sungai Westbourne sebelah timur yang mengalir dari Hyde Park. Bagian Serpentin yang mengalir di dalam area Kensington Garden dikenal sebagai “The Long Water”. Jembatan yang melintas di bagian atasnya sebagai bagian dari West Carriage Drive, disebut Serpentine Bridge.

© Italian Gardens
Tazza fountain Kensington gardens

Italian Gardens merupakan taman air mancur ornamental yang terletak di ujung The Long Water di tepi utara Kensington Gardens, dekat Marlborough Gate dan Westbourne Gate, dan perbatasan dengan Hyde Park. Taman ini terdiri dari 4 kolam air mancur utama yang tertata membentuk segi empat dan satu kolam air mancur kecil di tengah segi empat. Di sekeliling taman ini dihiasi pagar cantik, dan juga patung serta jambangan (pot) besar yang semuanya memiliki ukiran yang indah dan rumit ala patung Italia. Jambangannya memiliki 5 desain utama, yaitu kepala kambing jantan, dada angsa, kepala wanita, lumba-lumba, dan oval.

Di ujung selatan Italian Gardens juga terdapat Tazza Fountain, air mancur indah yang menghadap The Long Water. Sementara di ujung utara terdapat Pump House, bangunan cantik yang dulu digunakan sebagai tempat memompa air ke Round Pound dan air mancur Italian Gardens. Di dekat Italian Gardens juga terdapat beberapa daya tarik lain seperti Jenner Statue di tepi timur Italian Gardens, Queen Anne’s Alcove, dan Two Bears Fountain. Italian Gardens masuk dalam daftar Grade II oleh English Heritage sebagai salah satu situs penting. Italian Gardens dan sejumlah tempat di Kensington Gardens juga sering menjadi lokasi syuting film. Tahun 2011 lalu, Italian Gardens baru mengalami restorasi dan perawatan, jadi jika Anda datang sekarang Anda akan melihat Italian Gardens yang masih terlihat bersih dan baru :)

Italian garden dengan pump house (kiri atas)
dan Queen Anne's Alcove (sebelah kanannya)
© Queen Anne’s Alcove
Merupakan ruang duduk beratap bergaya klasik yang terletak di dekat Italian Gardens dan Malborough Gate, Kensington Gardens. Ruang duduk ini dibangun tahun 1705 dan didesain oleh Sir Christoper Wren. Tempat ini bisa digunakan pengunjung untuk duduk istrirahat atau bersantai sambil menikmati pemandangan taman Kensington Gardens.

© Henry Moore Arch
Henry Moore Arch
Kensington Palace terlihat dari Henry Moore Arch
The Arch by Henry Moore atau Henry Moore Arch adalah patung berbentuk seperti gapura setinggi 6 m yang terletak di tepi utara The Long Water. Dari Arch ini kita dengan mudah bisa melihat Istana Kensington di kejauhan. Arch ini dihadiahkan oleh seniman Henry Moore kepada negara pada tahun 1980, 2 tahun setelah ulang tahun ke-18 pamerannya di Serpentine Gallery. Henry Moore Arch sempat dirobohkan tahun 1996 karena strukturnya yang mulai tidak stabil, dan baru dipasang kembali di tempatnya semula pada Juli 2012 setelah proses restorasi (lihat saja di foto, tanah disekitarnya masih baru dan gundul :) ).

© Serpentine Sackler Gallery

© Allotment in Kensington Gardens
Allotment in Kensington Gardens adalah area di Kensington Gardens yang diperuntukkan guna menanam buah dan sayuran. Allotment ini terletak di dekat Megazine Stone Yard di jalan taman Buckhill Walk, dekat dengan West Carriage Drive di perbatasan dengan Hyde Park. Pada jam buka, kita bebas masuk untuk bersantai dan menikmati allotment atau mengambil tips-tips bermanfaat untuk menanam buah dan sayuran kita sendiri. Allotment ini juga terbuka untuk sekolah, relawan, atau komunitas yang ingin belajar lebih jauh tentang ketahanan dan penanaman sayur secara organik. Allotment di Kensington Gardens buka setiap hari dari jam 09.30 – 16.00.

© Diana Princess of Wales Memorial Walk.
Diana Princess of Wales Memorial Walk plague
Plakat Diana Memorial Walk
Merupakan jalan taman sepanjang 7 mil yang ditandai dengan 90 plakat logam peringatan Princess Diana. Jalan taman ini melintasi 4 taman sekaligus, yaitu St James’ Park, Green Park, Hyde Park, dan Kensington Gardens. Saat menelusuri jalan ini kita bisa melihat 3 istana (Istana Kensington Palace, Buckingham Palace, St James’s Palace) dan 2 mansion (Clarence House, dan Spencer House) yang berkaitan dengan Princess Diana selama hidupnya. Jalan ini bersama Diana Memorial Playground adalah dua proyek peringatan untuk mendiang Princess Diana, yang dibuka secara resmi pada 30 juni 2000, sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-39.

Selain semua daya tarik di atas, di Kensington Gardens juga terdapat beberapa air mancur (Tiffany Drinking Fountain, St Govor’s Well Drinking Fountain, Two Bears Fountain, dan Tazza Fountain), shelter (North Silver Thimble Shelter, South Silver Thimble Sheter, Buckhill Shelter) dan pondok penginapan atau lodge (Orme Square Gate Lodge, Black Lion Lodge, Queen’s Gate Lodge, Buckhill Gate Lodge). explorerguidebook.blogspot.com. Lodge-lodge ini terletak di dekat setiap pintu masuk ke Kensington Gardens dan bisa disewa bagi yang ingin merasakan hidup dan tinggal di dalam kawasan yang indah dan tenang di area Royal Park, London, Inggris.

Hwaa banyak banget kan yang bisa dilihat di Kensington Gardens. Tempat yang cocok untuk jalan-jalan, foto-foto, refreshing, dan back to nature! :)

*Listed Structure (dan Listed Building) adalah daftar bangunan yang dilindungi oleh lembaga English Heritage karena dianggap memiliki nilai sejarah dan arsitektur yang penting.

0 comments:

Post a Comment