Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Ini Dia Garasi Milik Keluarga Kerajaan Inggris!

0
garasi kereta kerajaan inggris royal mews

Pernah penasaran di mana keluarga kerajaan Inggris 'menyimpan' kereta-kereta kencana mereka? Ini dia tempatnya. Tak hanya kereta, kita bahkan juga bisa melihat kuda-kuda gagah yang biasa menarik kereta kerajaan Inggris di sini!


Royal Mews adalah kantor pusat dari cabang urusan rumah tangga kerajaan yang menyediakan transportasi darat, baik kereta kuda maupun kendaraan bermotor, untuk Ratu dan anggota keluarga kerajaan Inggris. Bangunan yang terletak di dekat Istana Buckingham ini berfungsi sebagai garasi dan tempat merawat kendaraan-kendaraan negara, termasuk kereta dan kuda yang digunakan untuk acara-acara negara maupun kerajaan, seperti kunjungan negara, royal wedding, dan pembukaan parlemen. Royal Mews juga bertanggung jawab melatih 2 jenis kuda yang menarik kereta kerajaan, yaitu Windsor Greys and Cleveland Bays.

Seperti bangunan di dekatnya, Istana Buckingham dan Queen’s Gallery, Royal Mews juga dibuka untuk pengunjung. Anda ingin tahu apa saja yang bisa dilihat di Royal Mews, London?

kereta kerajaan inggris royal mews

Salah satu kereta kencana yang paling terkenal dan mewah adalah Gold State Coach, sebuah kereta kencana indah seperti dalam cerita-cerita dongeng yang dibuat untuk King George III pada tahun 1762. Kereta kencana ini telah membawa semua raja/ratu Inggris untuk penobatan sejak tahun 1821.

Seperti namanya, Gold State Coach, kereta kuda ini bukan warnanya saja yang seperti emas, tetapi memang disepuh dengan emas 22 karat. Kereta kencana ini didekorasi secara mewah dengan bentuk-bentuk peri, triton (dewa yunani berekor ikan duyung), lumba-lumba, dan juga lukisan di bagian dinding kereta yang dilukis oleh seniman Itali terkenal, Giovani Cipriani.


kereta kerajaan inggris Gold State Coach

Gold State Coach mempunyai panjang 7 meter dan berat hampir 4 ton, dan memerlukan 8 kuda untuk menariknya. Kereta kencana yang satu ini memang paling spesial dan hanya digunakan untuk acara penobatan raja/ratu dan momen spesial lainnya, seperti peringatan ulang tahun kekuasaan Ratu Elizabeth II yang ke-50 (Diamond Jubilee Year) pada tahun 2002 silam.

kereta kerajaan inggris royal mews

Pengunjung Royal Mews juga bisa melihat kuda-kuda penarik kereta kencana secara langsung. Cleveland Bays digunakan untuk menarik kereta yang mengantar para High Commissioner dan duta besar baru, dari kediaman resmi mereka ke Istana Buckingham untuk menghadap sang ratu. Sedangkan Windsor Greys digunakan untuk menarik kereta pribadi anggota keluarga kerajaan. Kuda-kuda tersebut memiliki tinggi minimal 1,65 meter dan dipilih karena meiliki stamina dan temperamen yang stabil.

kereta kerajaan inggris royal mews

Selain kereta dan kuda penariknya, pengunjung juga bisa melihat beberapa seragam (livery) yang dipakai oleh kusir kereta kuda (coachman). Selain beberapa detail kecil, baju-baju seragam ini masih memiliki desain yang sama seperti yang digunakan pada zaman Ratu Victoria. Beberapa penjahit yang digunakan untuk memproduksi seragam juga merupakan perusahaan yang sama dengan yang dipekerjakan pada masa pemerintahan George III di abad 18.

kereta kerajaan inggris royal mews

Di Royal Mews juga ada kegiatan untuk keluarga yang bisa diikuti anak-anak,yaitu Learning Room dan Storytelling. Learning Room biasanya dibuka setiap hari Sabtu. Di sana anak-anak bisa menggambar dan mendesain kereta atau seragam coachman, yang kemudian bisa dibawa pulang. Storytelling biasanya diadakan setiap hari Rabu, dengan mengangkat tema-tema tertentu.

Setelah puas berjalan-jalan keliling Royal Mews, pengunjung bisa mampir ke Royal Mews Shop untuk membeli oleh-oleh eksklusif Royal Mews. Di sana ditawarkan beraneka ragam oleh-oleh yang terinspirasi oleh Royal Mews dan karya seni koleksi kerajaan, mulai dari perlengkapan rumah tangga, keramik, pakaian, perhiasan, mainan, buku, hingga kartu pos. Royal Mews Shop juga menjual air mineral untuk menghilangkan rasa haus setelah jalan-jalan :D

Alamat: Buckingham Palace Road, City of Westminster, London
Jam Buka:
1 Februari - 29 Maret               : Senin – Sabtu Pkl 10:00-16:00 (terakhir masuk 15:15)
30 Maret – 31 Oktober            : Setiap hari Pkl 10:00-17:00 (terakhir masuk 16:15)
1 -  30 November                    : Senin – Sabtu Pkl 10:00-16:00 (terakhir masuk 15:15)
Tutup (2013): 29 Maret 2013, 8 Mei 2013, 1, 8, dan 15 Juni 2013, 1-31 Desember 2013, dan selama kunjungan negara dan acara kerajaaan

Harga Tiket Masuk:
a). Standar
Dewasa                                    : £8.50
Orang tua 60+                          : £7.75
Mahasiswa (show ID card)       : £7.75
Anak-anak (-17 tahun)           : £5.30
Anak-anak (- 5 tahun) : Gratis
Keluarga (2 dewasa, 3 anak-anak -17 tahun): £22.75

b). A Royal Day Out* (tiket masuk ke tiga tempat sekaligus: Royal Mews, State Rooms Buckingham Palace, dan Queen’s Gallery)
Dewasa                                    : £33.25
Orang tua 60+                          : £30.50
Mahasiswa (show ID card)       : £30.50
Anak-anak (- 17 tahun)           : £18.85
Keluarga (2 dewasa, 3 anak-anak - 17 tahun): £87.00
*Hanya tersedia antara 27 Juli - 29 September 2013 (last update)

Note :
- Harga sudah termasuk fasilitas audio tour gratis (dalam bahasa Inggris). Ambil audio tour di pintu masuk.
- Antara April – Oktober, juga tersedia panduan tur gratis oleh para Warden yang berangkat setiap interval waktu tertentu sepanjang hari. Yang gratis adalah panduan dari tour guidenya (biasanya ada harga tersendiri untuk tur bersama pemandu), untuk masuk kamu tetap harus membayar tiket.
- Tiket bisa dibeli langsung di tiket office di Royal Mews, atau booking online melalui situs resmi Royal Mews.

Bagaimana Cara ke Sini?
Bus: Naik jalur 11, 211, C1, atau C10, berhenti di Buckingham Palace Road.
Kereta Bawah Tanah (Di Inggris disebut ‘underground’ atau ‘tube’). Stasiun bawah tanah terdekat:
-         Victoria Station
-         Green Park Station
-         Hyde Park Corner Station
Kereta Biasa (Di Inggris biasa disebut ‘rail’). Stasiun kereta terdekat: London Victoria


Artikel Terkait:
Istana Buckingham, Inggris

0 comments:

Post a Comment