Panduan ke Menara Eiffel di Paris, Perancis

0
Menara Eiffel Paris
Menara Eiffel di Champ de Mars
Menara Eiffel atau La Tour Eiffel adalah menara kisi-kisi besi yang menjadi ikon sekaligus tempat wisata terkenal di Paris. Menara ini terletak di taman Champ de Mars, Paris, Perancis dan merupakan salah satu landmark paling terkenal di dunia. Menara Eiffel juga menjadi monumen berbayar terlaris di dunia dengan total kunjungan lebih dari 250 juta orang sejak pertama dibuka pada tanggal 31 Maret 1889. Selain bisa naik ke puncak Menara Eiffel, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Perancis dari ketinggian menara ikonik ini. Tertarik ke sini?

Sejarah
Eiffel Tower atau Menara Eiffel dibangun pada tahun 1887 sebagai pintu masuk ke pameran dunia untuk merayakan HUT ke-100 Revolusi Perancis pada tahun 1889. Menara dengan berat total 10.100 ton ini hanya membutuhkan 2 tahun untuk diselesaikan dan terdiri dari 18.038 potongan kerangka besi yang digabungkan oleh 2,5 juta buah paku. Menara Eiffel memiliki tinggi 324 m (plus antena) dan terdiri dari 3 tingkat. Tingkat pertama tingginya 57 m, tingkat kedua 115 m, dan tingkat ketiga tingginya mencapai 276 m. Untuk penerangannya, Menara Eiffel menggunakan 336 lampu proyektor dan 20.000 lampu kerlap-kerlip.

Nama Eiffel sendiri diambil dari nama Gustave Eiffel, yaitu salah satu insinyur yang bekerja di perusahaan yang mendesain dan membangun menara ini. Meskipun begitu, Menara Eiffel bukanlah hasil rancangannya. Desain Menara Eiffel dirancang oleh dua insinyur lain yang bernama Maurice Koechlin and Émile Nouguier, dengan beberapa tambahan yang bersifat decoratif dari Stephen Sauvestre, kepala depertemen arsitektur perusahaan. Gustave Eiffel lah yang kemudian membeli hak paten desain tersebut dan membangun Menara Eiffel.

Pada awal mula perencanannya, Menara Eiffel menjadi bahan kontroversi dan menuai banyak kritikan, baik dari segi seni maupun kepraktisannya. Sejumlah seniman dan arsitek menganggap menara ini sebagai menara yang tidak memiliki seni dan karakter yang dapat mendominasi kota Paris dengan bentuknya yang sangat besar. Kelompok lain menganggap Eiffel Tower dirancang hanya dari segi estetiknya saja tanpa memperdulikan segi tekniknya.

Awalnyapun, Eiffel Tower hanya memiliki ijin berdiri selama 20 tahun dan akan dirobohkan setelah masa berdirinya habis. Namun setelah terbukti berguna sebagai alat komunikasi pada Perang Dunia I, menara ini tetap diijinkan berdiri meskipun ijinnya habis dan masih berdiri hingga saat ini.

Masa Kini
Sekarang, kritikan-kritikan pedas yang dulu terlontar ke Menara Eiffel terbukti tak beralasan. Karena saat ini, menara ini masih terlihat berdiri kokoh dan telah menghias panorama kota Paris selama lebih dari 123 tahun. Menara Eiffel juga terkenal di seluruh penjuru dunia sebagai simbol kota Paris dan rasanya sulit membayangkan Paris tanpa juga membayangkan menara ini.

Sebagai ikon kota Paris, Menara Eiffel ramai dikunjungi turis, baik yang hanya ingin berfoto atau bersantai di dekatnya, atau yang ingin merasakan pengalaman naik ke bagian puncaknya dan melihat pemandangan kota Paris dari atas. Dengan membeli tiket masuk (harga lihat di bawah), kita bisa naik ke 3 tingkat Menara Eiffel. Tingkat satu dan dua bisa diakses dengan lift atau tangga (lebih dari 300 anak tangga). Sedangkan level ke tiga hanya bisa diakses dengan lift, meskipun juga terdapat tangga, tapi biasanya tidak dibuka untuk digunakan pengunjung

restauran menara eiffel

Untuk yang ingin punya momen lebih istimewa lagi dari sekedar naik ke Menara Eiffel, bisa mencoba makan di dua restoran di Menara Eiffel atau menikmati sampanye di barnya. Di tingkat 1 terdapat Le 58 Tour Eiffel restaurant dan di tingkat 2 ada Le Jules Verne restaurant. Sedangkan Bar à Champagne menempati puncak menara. Le Jules Verne adalah restaurant gastronomi dan ada lift tersendiri untuk naik ke restaurant ini. Akan lebih mengesankan lagi jika makan di restauran ini saat malam hari sambil melihat kerlap-kerlip lampu kota Paris.



Ingin lebih mengenal Menara Eiffel ? Kita juga bisa masuk ke museumnya yang terletak di dasar tiang menara sebelah barat dan timur. Di sana kita bisa melihat lift hidrolik yang bekerja di tiang barat dan timur Menara Eiffel. Nah sebelum pulang, kita bisa membeli suvenir Menara Eiffel dan suvenir khas Paris lainnya seperti kartu pos, kaos, mainan, dan aneka suvenir lainnya di 3 toko suvenir yang ada di atas menara ini. Di Menara Eiffel juga terdapat kantor pos jika Anda ingin mengirim kartu pos bergambar Menara Eiffel langsung dari menaranya! Apa istimewanya? Tentu saja istimewa, karena kartu pos yang Anda kirim akan ada cap Menara Eiffel-nya. Ini bisa jadi suvenir atau oleh-oleh yang istimewa dan berkesan baik untuk Anda, keluarga, atau teman yang Anda kirimi :)



Selain itu, di atas Menara Eiffel masih banyak lagi fitur-fitur lain yang memanjakan pengunjung dan memberi informasi lebih jauh tentang menara ini seperti galeri dan observatory. Pokoknya banyak yang bisa dilihat di dan dari Menara Eiffel. So, kalau ke Paris jangan sampai lupa mengunjungi Menara Eiffel. Tanya kenapa? Ya karena memang nggak bisa mengunjungi Paris tanpa melihat Menara Eiffel! :p Bahkan kalaupun Anda sama sekali tidak mau melihat Menara Eiffel, Anda masih saja melihat puncaknya dari seluruh kota Paris (^.^)v

Ngomong-ngomong soal melihat Menara Eiffel, dulu ada salah satu anggota dari komite pemrotes pendirian Menara Eiffel, Guy de Maupassant, yang setelah menara ini didirikan, hobi makan siang setiap hari di restaurannya. Saat ditanya kenapa, beliau menjawab bahwa di sanalah (i.e. di dalam menara) satu-satunya tempat di Paris di mana orang tidak bisa melihat struktur raksasa Menara Eiffel (yang notabenenya memang terlihat dari mana-mana di seluruh penjuru kota Paris). Haha… bisa aja Monsieur ini. Bilang aja suka :D

menara eiffel

Quick Facts
Menara Eiffel memiliki tinggi 324 m dan terdiri dari 18.038 potongan kerangka besi yang digabungkan oleh 2,5 juta buah paku. Dan tahu berapa banyak cat yang dibutuhkan setiap 7 tahun sekali untuk mengecat Menara Eiffel? 50 – 60 ton! Wow! Menara ini juga dipasangi 20.000 bola lampu kerlap-kerlip yang menyala selama 5 menit setiap jamnya, mulai dari saat malam tiba hingga pukul 1 dinihari.



Alamat Menara Eiffel: Champ de Mars, 5 Avenue Anatole France, 75007 Paris, France
Jam Buka: Menara Eiffel buka setiap hari sepanjang tahun
15 Juni-1 September: Pkl 09.00 – 24.00
2 September-14 Juni: Pkl 09.30 – 23.00
(Pada libur musim semi dan weekend Paskah, tutup Pkl 24.00)

Tiket naik lift sampai ke puncak:
Dewasa (25 tahun+): €14,50
Remaja (12-24 tahun): €13,00
Anak-anak (4-11 tahun) dan disable (dengan keterbatasan fisik): €10,00
Anak-anak (- 4 tahun): Gratis

Transportasi: Bagaimana cara ke Menara Eiffel?
- Metro: turun di stasiun metro Bir-Hakeim (line/jalur 6) atau turun di stasiun Trocadéro (line 9)
- RER: naik line C, turun di stasiun Champ de Mars-Tour Eiffel (Eiffel Tower/Menara Eiffel)
- Bus: Naik jalur 82 atau 42, turun di pemberhentian/halte Tour Eiffel. Atau naik jalur 82, 87, atau 89 dan turun di halte Champ de Mars.
- Sepeda. Paris memiliki fasilitas sewa sepeda mandiri yang disebut Vélib, yang bisa diakses full selama 24 jam, 7 hari seminggu. Info: http://www.velib.paris.fr/

0 comments:

Post a Comment