Explorer Guidebook

Nongkrong di Cafe Terpopuler Paris

0
Paris terkenal dengan cafenya. Lebih dari 2000 cafe tersebar di kota Paris. Dari sekian banyak cafe ini, mana yang sebaiknya (baca: wajib) Anda kunjungi jika jalan-jalan ke Paris, Perancis?

Selain menara Eiffel, satu lagi yang tidak bisa dipisahkan dari Paris adalah Cafe. Cafe sepertinya bukan hanya menjadi gaya hidup, tetapi juga kebudayaan Parisian (warga Paris).  Berkunjung ke Paris Anda akan menemui banyak deretan cafe di tepi jalan termasuk pavement cafe yang menyediakan outdoor seating di trotoar. Cafe-cafe ini tidak hanya mengutamakan citarasa menu, tetapi juga arsitektur dan desain yang stylish. Hampir semua cafe di Paris mempunyai desain klasik dan khas Perancis yang menyegarkan mata yang memandang. Tidak lengkap rasanya kalau ke Paris tanpa mengunjungi salah satu cafe klasiknya. Satu minimal.

Tapi dengan sekian banyak cafe di pusat kota Paris, mana yang sebaiknya Anda pilih? Nah, ada dua nih cafe klasik yang paling terkenal di Paris dan wajib Anda kunjungi jika menginginkan pengalaman ‘maksimal’. Yaitu Café de Flore dan Les Deux Magots cafe. Kedua cafe ini terletak berseberangan di kawasan perbelanjaan St-Germain-de-Prés, Paris, dan merupakan rival satu sama lain. Dulu, kedua cafe ini konon kabar merupakan tempat ‘konkow’nya para kaum intelek, sastrawan, dan seniman terkenal Perancis.

1.      Cafe de Flore
Stylish Classic Cafe de Flore Paris

Cafe de Flore merupakan salah satu cafe tertua dan paling bergengsi di Paris. Cafe ini terletak di sudut persimpangan jalan Boulevard Saint-Germain dan Rue St. Benoit, arrondissement* 6 kota Paris. Cafe  de Flore dibuka pada tahun 1885 dan namanya berasal dari patung flora (dewi Romawi untuk bunga dan musim semi) yang berada di seberang jalan Boulevard Saint-Germain.

Cafe de Flore bersama Les deux Magots cafe digadang-gadang sebagai 2 cafe terpopuler di Paris dengan sejarahnya sebagai tempat pertemuan para intelek, sastrawan, dan seniman elit Perancis zaman dulu. Pablo picasso, Jean-Paul Sartre, Ernest Hemingway, Brigitte Bardot, dan Albert Camus adalah sedikit dari tokoh-tokoh terkenal yang biasa menjadikan Cafe de Flore sebagai tempat berdiskusi atau merenungkan gagasan mereka. Reputasi ini tak ayal membuat cafe ini laris manis dan selalu diburu para turis sebagai salah satu cafe yang wajib dikunjungi di Paris. Bukan hanya incaran turis, Cafe de Flore pun masih menjadi cafe favorit warga lokal Paris. Tidak jarang publik figur Perancis sering terlihat berseliweran di cafe ini. Baca lebih detail.

2.      Les Deux Magots
Les Deux Magots Cafe Paris

Satu lagi cafe yang paling terkenal di Paris adalah Les Deux Magots, sebuah cafe yang terletak di 6 Place Saint-Germain des Prés, Paris. Namanya diambil dari judul sebuah sandiwara yang populer tahun 1800an, Les Deux Magots de la Chine, yang berarti 2 arca dari Cina.

Seperti rivalnya, Cafe de Flore, Les Deux Magots dulu juga menjadi tempat berkumpulnya para seniman dan intelektual Perancis seperti Simon de Beauvoir, Jean-Paul Sartre, Ernest Hemingway, Albert Camus, dan juga Pablo Picasso. Kalau mereka tidak sedang berdiskusi di Cafe de Flore, berarti mereka sedang duduk-duduk di Les Deux Magots cafe. Tidak heran kedua cafe ini ‘bersaing’ untuk mendapat gelar cafe terpopuler di Paris mengingat nilai sejarahnya yang serupa. Bagi para turis, Les Deux Magots sudah menjadi seperti objek wisata yang wajib masuk dalam daftar kunjungan. Les Deux Magots juga sering muncul dalam literatur, karya seni, dan juga film. Baca lebih detail.

Bagaimana? Setelah membaca detail Cafe de Flore dan Les Deux Magots jadi mantap memilih salah satu? Atau malah makin dilema? ;)) Well, daripada dilema, mending coba saja dua-duanya seperti juga para filsuf dan seniman besar perancis :) Karena memang dua-duanya punya kelebihan dan ciri khas masing-masing. Bagian dalam Cafe de Flore lebih bernuansa tradisional, sementara Les Deux Magots terlihat lebih modern dan dekoratif, meskipun tetap bernuansa klasik. Les Deux Magots juga lebih luas, terutama outdoor seatingnya. Meskipun keduanya relatif mahal, rata-rata harga menu di Les Deux Magots lebih murah dibanding Cafe de Flore. 

Yang jelas, duduk-duduk di luar salah satu cafe klasik paling populer di Perancis, sambil menikmati secangkir chocolat chaud atau cafe creme... disambi membaca buku favorit atau melihat orang lalu lalang... dengan panorama sekitar yang indah khas Paris... All of these will make you believe that you’re really in Paris! ;)

*arrondissement: distrik administratif kota Paris

0 comments:

Post a Comment