Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Pont de l'Archeveche: Jembatan Gembok Cinta Dekat Notre Dame Cathedral, Paris

0
Notre Dame Pont de l'Archeveche Love Locks

Berburu tempat gembok cinta di kota 'City of Light' Paris? Ini dia tempatnya, Pont de l'Archevêché dekat Gereja Notre Dame. Pont de l'Archevêché atau Archbishop’s Bridge adalah sebuah jembatan melintasi sungai Seine yang menghubungkan Île de la Cité (arrodissement 4) dan arrondissement 5 kota Paris.

Pont de l'Archeveche dibangun tahun 1828 dan memiliki panjang 67,2 m serta lebar total 17 m. Berbeda dengan dua jembatan gembok cinta lainnya, Pont des Arts dan Passerelle Léopold-Sédar-Senghor, yang merupakan jembatan khusus pejalan kaki, Pont de l’Archeveche digunakan untuk jalan kendaraan bermotor meskipun jembatan ini relatif sempit. Dari lebar totalnya 17 m, hanya 11 m yang bisa digunakan, dengan 2 m untuk trotoar di kedua sisinya, sehingga hanya mennyisakan 7 m sebagai jalan. Jembatan ini pun disebut-sebut merupakan jembatan jalan tersempit di Paris.

Jembatan gembok cinta di Paris




Terletak dekat tempat wisata populer Île de la Cité dan Katedral Notre Dame, Pont de l'Archeveche menjadi salah satu jembatan paling terkenal di Paris. Jembatan ini juga menjadi salah satu jembatan gembok cinta di Paris, terutama setelah gembok cinta di jembatan Passerelle Léopold-Sédar-Senghor dan Pont des Arts (dekat Museum Louvre) dibersihkan tahun 2010 lalu. Meskipun pernah dibersihkan, sekarang gembok-gembok cinta yang entah dari mana saja datangnya ini sudah mulai terlihat tumbuh subur dan bermekaran lagi di sana, menunjukkan semangat para lovers yang pantang menyerah dan eksistensi gembok cinta yang tak akan pernah mati di kota cinta Paris :D

*arrodissement: distrik administratif kota Paris






Alamat: Quai aux Fleurs-Quai de Montebello, 75004 Paris
Stasiun metro terdekat: Maubert-Mutualité

Artikel terkait:
Gembok Cinta dekat Louvre Museum
Gembok Cinta dekat Tuileries Gardens

0 comments:

Post a Comment