Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Passerelle Léopold-Sédar-Senghor, Jembatan Gembok Cinta Unik di Paris

0
Passerelle Léopold-Sédar-Senghor

Selain menghubungkan 2 tempat wisata populer di Perancis, yaitu Tuileries Gardens dan Musée d'Orsay, Passerelle Léopold-Sédar-Senghor juga dikenal sebagai jembatan gembok cinta di Paris.


Passerelle Léopold-Sédar-Senghor, atau dulu dikenal sebagai Passerelle Solférino, adalah jembatan pejalan kaki di Paris yang melintasi sungai Seine dan menghubungkan Tuileries Gardens (right bank, utara) dan Musée d'Orsay (left bank, selatan). Jembatan ini terletak berurutan dengan Pont de la Concorde (dekat Place de la Concorde) dan merupakan satu dari sejumlah jembatan yang melintasi sungai Seine di Paris. Selain menghubungkan 2 tempat wisata populer di Paris, jembatan ini juga dikenal sebagai jembatan ‘gembok cinta’.

Pasarelle leopold sedar senghor lovelocks bridge Paris

Passerelle Solferino dibangun antara tahun 1997–1999 oleh seorang insinyur dan arsitek bernama Marc Mimram. Pada tahun 2006, nama jembatan ini diubah menjadi Passerelle Léopold-Sédar-Senghor sebagai penghargaan bagi Léopold Sédar Senghor tepat di 100 tahun kelahirannya. Léopold Sédar Senghor adalah presiden Senegal periode 1960–1980 yang pernah memiliki riwayat hidup dan pendidikan di Perancis, sekaligus orang Afrika pertama yang terpilih sebagai anggota French Academy (Académie française). Léopold Sédar Senghor juga dianggap sebagai salah satu tokoh intelektual Afrika yang paling penting pada masa abad 20. Di sebut paseralle karena jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki (footbridge atau dalam bahasa Perancis paserelle) bukan jalan jembatan (bridge road atau pont).

Paserelle leopold senghor lovelocks bridge Paris

Passerelle Léopold-Sédar-Senghor memiliki panjang 106 m dan lebar total 15 m. Jembatan ini memiliki arsitektur yang unik dan inovatif yang telah mengantarkan arsiteknya, Marc Mimram, sebagai penerima penghargaan "Prix de l'Équerre d'Argent" pada tahun 1999. Terbilang unik karena memang desainnya yang tak biasa dan agak kompleks. Jembatan ini berbentuk sedikit melengkung dengan struktur dasarnya hanya berupa satu lengkungan, dan tanpa struktur penyangga di bagian sungai. Lantainya beralaskan kayu, yang memberi kesan nyaman dan tradisional.


Psarelle leopold sedar senghor lovelocks bridge Paris

Jembatan ini juga memiliki jalan bawah jembatan yang melengkung, dengan anak tangga yang juga terbuat dari kayu sebagai tempat berjalan. Salah satu ujung jalan bawah ini berada di left bank (rive gauche) dan terhubung dengan jalan pinggiran sungai. Sementara satunya berujung di dinding tanggul sungai di right bank (rive droite), yang terhubung dengan jalan bawah tanah menuju Tuileries Gardens. Jalan bawah jembatan ini juga tembus bagian tengahnya ke jalan jembatan utama (atas) sehingga membentuk jalan 3 lajur di bagian tengah jembatan. Di bagian tengah jembatan dekat tembusan inilah terdapat tiang lampu dan sejumlah bangku yang bisa digunakan untuk duduk-duduk menikmati panorama sekitar. Di salah satu ujung Passerelle Léopold-Sédar-Senghor, juga terdapat patung Thomas Jefferson berukuran besar yang sedang berdiri santai sambil memandang kota :)

leopold sedar senghor Thomas Jefferson statue

Selain Pont des Arts dan Pont del'ArchevechePasserelle Léopold-Sédar-Senghor adalah salah satu jembatan di Paris yang pagarnya dipenuhi dengan gembok cinta di kedua sisinya, terutama dulu sebelum dibersihkan pada tahun 2010.

Alamat: Quai des Tuileries-Quai Anatole, Paris, France, 75007
Stasiun Metro terdekat: Assemblée Nationale.

Artikel terkait:
Gembok Cinta Dekat Louvre Museum
Gembok Cinta Dekat Notre Dame Cathedral

0 comments:

Post a Comment