Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Place des Vosges: Ini Dia Alun-Alun Cantik di Tengah Kota Paris!

0
Place des Vosges

Bagi Anda yang ingin bersantai di alun-alun kota Paris tapi bebas dari hiruk pikuk kota, lengkap dengan atmosfir Perancis yang kental, di sinilah tempatnya! Selain tamannya yang menyenangkan, bangunan-bangunan disekelilingnya juga memiliki gaya arsitektur khas Perancis yang sedap dipandang mata, serta menawarkan deretan toko, cafe, dan juga museum, yang pastinya Perancis banget! I must say, this Place des Vosges is really a nice square to feel France in the city!

Place des Vosges atau Vosges Square di Paris adalah sebuah alun-alun berbentuk persegi yang dikelilingi bangunan-bangunan indah berarsitektur klasik khas Eropa. Alun-alun ini merupakan alun-alun tertua di Paris dan salah satu alun-alun terindah di Eropa. Alun-alun ini terletak di distrik bersejarah Marais, Paris, Perancis.

Kebanyakan alun-alun kota biasanya berupa area terbuka dan ‘gersang’ yang terletak di tengah persimpangan jalan ramai. Tapi tidak dengan Place des Vosges. Alun-alun ini lebih mirip seperti sebuah taman yang dipagari pagar besi dan deretan pepohonan, dikelilingi jalan-jalan kecil, dan tertutup oleh bangunan rapat disekeliliingnya. Juga tidak seperti kebanyakan alun-alun lain yang tanahnya sepenuhnya dipondasi dan di’tanami’ aneka struktur dari beton, di Place des Vosges masih banyak terdapat area berumput yang terpotong rapi dan juga pepohonan disekitarnya, menjadikannya tempat yang damai dan nyaman untuk bersantai.

Place des Vosges Paris

Place des Vosges dulunya adalah Place Royale, area perumahan kerajaan yang dibangun oleh raja Perancis Henry IV antara tahun 1605-1612. Bangunan yang pertama kali dibangun di sini adalah sebuah paviliun kerajaan rancangan Baptiste du Cerceau yang terletak di sebelah selatan alun-alun. Sang raja selanjutnya memerintahkan untuk membangun 35 bangunan lain mengelilingi alun-alun, dengan desain yang serupa dengan bangunan pertama. Pola desain ini menjadi contoh awal dari perencanaan kota dan menjadi prototype dari semua area perumahan di Eropa yang dibangun tahun-tahun selanjutnya.

Place des Vosges gate

Hasilnya, adalah sebuah alun-alun simetris berbentuk persegi yang dikelilingi oleh deretan bangunan berdinding batu bata merah dan batu putih, dan gang beratap di lantai pertama. Di sebelah utara dan selatan alun-alun adalah paviliun raja (selatan) dan ratu (utara) yang saling berhadapan. Bagian tengah dari kedua paviliun ini dibuat sedikit lebih tinggi dari sekitarnya guna mengakomodasi 3 pintu gerbang untuk akses ke alun-alun dari jalan di bagian tengah. Meskipun disebut sebagai Paviliun Raja (Pavilion of the King atau Pavillon du Roi) dan Paviliun Ratu (Pavilion of the Queen atau Pavillon de la Reine), kedua paviliun ini sebenarnya tidak pernah ditinggali oleh raja maupun ratu.

Place des Vosges

Tahun 1800, Place Royale diubah namanya oleh Napoleon menjadi Place des Vosges, sebagai tanda terima kasih kepada Vosges Department, departemen pertama yang membayar pajak untuk mendukung operasi militer tentara Revolusi Perancis. Nama alun-alun sempat kembali lagi menjadi Place Royale pada tahun 1815, namun kemudian kembali menjadi Places des Vosges pada tahun 1870 hingga sekarang.

Banyak tokoh terkenal Perancis yang dulu pernah tinggal di bangunan Place des Vosges. Dua diantaranya adalah Cardinal Richelieu, perdana menteri Perancis tahun 1624, dan Victor Hugo, pengarang terkenal yang menulis The Hunchback of Notre Dame dan Les Miserables. Cardinal Richelieu tinggal di rumah no.21 dari tahun 1615 sampai 1627, sementara Victor Hugo tinggal di rumah no.6 di lantai 2 dari tahun 1832 hingga 1848. Rumah yang dulu ditinggali Victor Hugo sekarang disebut “Maison de Victor Hugo” dan dijadikan sebuah museum. Di sini kita bisa melihat suvenir, gambar, dan buku Victor Hugo yang disusun berdasarkan urutan kronolgi antara tahun 1852-1870, dari masa anak-anak sampai pengasingan.


Place des Vosges Cafe

Saat ini Place des Vosges menjadi alun-alun yang nyaman di mana orang bisa duduk atau bahkan berbaring di rumputnya dan duduk-duduk di kursi taman yang tersedia. Di alun-alun ini terdapat satu air mancur dan patung Louis XIII yang sedang menunggang kuda. Patung yang sekarang berdiri dipasang tahun 1825 setelah yang aslinya, buatan tahun 1839, dihancurkan saat Revolusi Perancis tahun 1793. Sementara bangunan di sekitarnya digunakan sebagai apartemen, toko, dan juga cafe.

Alamat: Place de Vosges, Marais, Paris, Perancis
Bagaimana Cara ke Place des Vosges?
- Metro (kereta Perancis). Stasiun terdekat: Bastille, Chemin Vert, Bréguet-Sabin atau Saint-Paul (Jalur 1, 5, 8)

Bangunan dengan gaya arsitektur mirip bangunan Place des Vosges:
Istana Versailes, Perancis
Hampton Court Palace, Inggris

Baca juga:
Place de la Concorde, Paris
Tempat Wisata Populer di Perancis

0 comments:

Post a Comment