Surga Barang Antik di Flea Market Terkenal di Paris

1
Pasar barang antik di Paris

Pernah dengar tentang “flea market”? Suka melihat atau berburu barang vintage dan antik dengan harga miring? Flea marketlah tempatnya. Flea market di Paris bukan hanya menjadi tempat pusat perburuan bagi para penggemar barang vintage, penyuka home decor, pengoleksi barang antik, langka, atau bersejarah, atau sekedar orang-orang yang menyukai sesuatu yang ‘tak biasa’, tetapi juga sudah menjadi salah satu tujuan jalan-jalan dan wisata belanja di Paris, serta sisi lain kota Paris yang menarik. 

Bagi Anda yang punya ‘mata artistik’ dan punya sedikit, sedikiiit saja ketertarikan atau bahkan haus akan sesuatu yang tak biasa (seperti saya :p), Flea market di Paris adalah surga. Sementara bagi penyuka fotografi, yang amatiran sekalipun (seperti saya??), flea market adalah objek yang fotogenik, colourful, dan atraktif untuk dijadikan sasaran! Ingin tahu flea market mana yang paling populer di Paris dan wajib hukumnya untuk dikunjungi agar mendapat gambaran yang tepat tentang flea market ala Paris?

Pemandangan di Porte de Montreuil Flea Market, Paris
Flea market adalah pasar barang antik dan murah yang menjual segala aneka barang unik, antik, dan cantik mulai dari kartu pos kuno, buku klasik, aneka perhiasan dan aksesoris, karya seni, fashion item, furniture, perabotan, hingga perlengkapan rumah tangga; dari yang baru hingga second. Meskipun barang bekas, tidak semuanya barang ‘rombengan’. Banyak juga barang-barang bagus dan berkualitas, bahkan tidak sedikit yang bisa menemukan ‘harta karun’ tersembunyi di flea market. Harganya pun bervariasi, ada yang murah meriah, dan banyak juga yang harganya lumayan tergantung jenis barangnya. Dan semua harga masih bisa ditawar!

Flea market bukanlah sesuatu yang baru, dan jenis pasar ini pun tidak hanya ada di Perancis, melainkan juga di sejumlah negara. Namun bicara tentang popularitas dan pelopor, flea market di Paris lah tempatnya. Flea market di Paris, atau marché aux puces, sudah ada sejak akhir abad 19 dan pasar ini bukan hanya menjadi pusat perburuan bagi para penggemar barang vintage, penyuka home decor, pengoleksi barang antik atau bersejarah, atau sekedar orang-orang yang menyukai sesuatu yang ‘tak biasa’, tetapi juga sudah berkembang menjadi salah satu tujuan wisata belanja dan jalan-jalan serta sisi lain kota Paris yang menarik. Ingin tahu flea market mana yang paling populer di Paris dan wajib hukumnya untuk dikunjungi agar mendapat gambaran yang tepat tentang flea market ala Paris?

Nah, berikut ini akan saya rangkumkan tiga pasar barang antik paling terkenal sekaligus yang tertua dan terbesar di Paris. Berikut ulasanya.

1. Porte de Clignancourt Flea Market
Porte de Clignancourt Flea Market

Bagi Anda yang ingin melihat seperti apa the real flea market-nya Paris, saya sarankan Anda mengunjungi Porte de Clignancourt Flea Market atau Les Puces de Saint-Ouen. Pasar barang antik ini terletak di arrondissement (distrik) 18 kota Paris, tidak jauh dari distrik wisata populer, Montmartre.

Porte de Clignancourt Flea Market adalah flea market paling terkenal di Paris dan biasa disebut dengan Les Puces atau The Fleas saja. Pasar ini adalah flea market pertama dan tertua di Paris yang sudah ada sejak tahun 1885 dan menerima kurang lebih 180.000 pengunjung setiap minggunya. Flea Market ini diklaim sebagai pasar barang antik terbesar di dunia dengan luas area mencapai 7 hektar dan terdiri lebih dari 2500 toko, kios, dan stan.

Kios-kios ini tebagi dalam 15 area pasar (marché) yang terletak berdekatan dalam satu kawasan, dan masing-masing memiliki atmosfer dan spesialisasi masing-masing. Misalnya saja, area pasar Paul Bert khusus menjual furnitur abad 17, Malik untuk pakaian, dan Biron khusus karya seni Asia. Selain toko-toko permanen, terdapat juga bermil-mil stan bebas di pinggir jalan yang menawarkan aneka macam barang.


Les Puces de Saint-Ouen merupakan pasar barang antik resmi yang memiliki bangunan toko dan kios permanen. Tidak seperti banyak flea market sementara yang menjamur di Paris yang kebanyakan hanya menjual barang-barang bekas dan rombengan, Anda bisa menemukan banyak barang-barang bagus dan berkualitas tinggi di pasar ini. Di area pasar Les Puces de Saint-Ouen juga terdapat banyak cafe dan restaurant di mana kita bisa istirahat sebentar sambil mencharge energi kita kembali sebelum melanjutkan berkeliling atau setelah puas melihat-lihat dan belanja :)

Alamat Porte de Clignancourt Flea Market: rue des Rosiers, avenue Michelet, rue Voltaire, rue Paul Bert, dan rue Jean-Henri Fabre, Paris
Jam buka :
- Sabtu: Pkl 9.00-18.00
- Minggu: 10.00-18.00
- Senin: 11.00-17.00
Biaya masuk: Gratis
Transportasi: Naik apa ke sini?
- Metro jalur/line 4. Turun di stasiun Porte de Clignancourt.

2. Porte de Montreuil Flea Market
Porte de Montreuil Flea Market

Kalau Anda khawatir kewalahan dengan Porte de Clignancourt Flea Market dengan luasnya yang mencapai 7 hektar serta 3000 kiosnya yang mengular tiada ujung :D, saya berikan alternatif pasar barang antik lain untuk dikunjungi selama Anda di Paris. Pasar ini adalah Porte de Montreuil Flea Market. Porte de Montreuil Flea Market adalah pasar barang antik tertua dan terbesar kedua di Paris setelah Porte de Clignancourt Flea Market. Pasar barang antik ini terletak di perbatasan arrondissement (distrik) 20 dan Montreuil, dan ‘hanya’ terdiri dari sekitar 500 kios saja. Porte de Montreuil Flea Market terkenal dengan pakaian vintage dan second-nya, ukiran, perhiasan, kain linen, tembikar, peralatan rumah tangga dan juga furniture kuno. Bagi yang sudah jatuh cinta dengan Pasar barang antik di Paris, Porte de Montreuil Flea Market adalah flea market kedua yang wajib Anda kunjungi. 

Alamat Porte de Montreuil Flea Market: Avenue de la Porte de Montreuil, 75020 Paris, 
Jam buka Porte de Montreuil Flea Market: Sabtu-Senin Pkl 07.00-19.30
Biaya masuk: Gratis
Naik apa ke sini? 
- Metro. Turun di stasiun Porte de Montreuil.

3. Porte de Vanves Flea Market
Porte de Vanves Flea Market

Flea market terkenal di Paris selanjutnya adalah Porte de Vanves Flea Market yang terletak di arrondissement 14 kota Paris. Pasar ini membentang sejauh beberapa blok di sepanjang Avenue Marc Sangnier dan sekitar Avenue Georges Lafenestre. Porte de Vanves Flea Market adalah flea market terkecil di antara 3 flea market tertua dan terpopuler di Paris, cocok bagi Anda yang ingin keliling flea market sambil jalan-jalan santai di hari weekend tanpa harus merasa overwhelmed atau menghabiskan waktu seharian untuk mengelilingi pasar :D. Berbeda dengan Porte de Clignancourt Flea Market, kios-kios di Porte de Vanves Flea Market kebanyakan adalah stan-stan sementara yang terbuka sehingga lebih mirip seperti street market atau pasar murah atau pasar Minggu ala Sunday Morning. Pasar ini menawarkan aneka barang-barang unik dan second, dan juga perlengkapan rumah tangga dan aneka fashion item baru dengan harga diskon.

Alamat Porte de Vanves Flea Market: avenue Georges Lafenestre dan avenue Marc Sangnier, Paris
Jam buka Porte de Vanvesl Flea Market: Tiap weekend (Sabtu-Minggu) Pkl 07.00-14.00
Biaya masuk: Gratis
Naik apa ke sini? 
- Metro jalur/line 13. Turun di stasiun Porte de Vanves.


Photo Gallery
Porte de Clignancourt flea market Paris
Marche Dauphine
Porte de Clignancourt flea market Paris
Marche Dauphine
Porte de Clignancourt flea market Paris
Marche Biron
Porte de Vanves flea market Paris
Porte de Vanves
Porte de Clignancourt flea market Paris
St Ouen
Porte de Clignancourt flea market Paris
St Ouen
Porte de Clignancourt flea market Paris
Marche Julles Valles
Porte de Clignancourt flea market Paris
St Ouen

Marche Dauphine


1 comment: Leave Your Comments

  1. Ternyata di luar negeri juga banyak yang jual barang seperti ini ya..

    ReplyDelete