Explorer Guidebook

Daftar Bangunan Terkenal di Paris

0
Trocadero Paris Palais de Chaillot

Selain bangunan klasik dan bersejarah di Paris, kota ini juga memiliki sejumlah bangunan terkenal lainnya yang juga menjadi objek wisata terkenal di Paris. Berikut saya rangkumkan info daftar bangunan terkenal di Paris. Check it out!

1. Palais de Chaillot di Trocadéro
Trocadero Paris Palais de Chaillot
Palais de Chaillot, Trocadero Gardens, dan Jembatan Pont d'Iena
Palais de Chaillot adalah bangunan museum yang terletak di bukit Trocadéro di Paris. Bangunan yang terdiri dari dua sayap ini ditempati oleh beberapa museum yaitu Musée national de la Marine (kelautan), Musée de l'Homme (etnologi/ilmu bangsa-bangsa), dan Musée national des Monuments Français. Palais de Chaillot yang sekarang dibangun pada tahun 1937 menggantikan Palais du Trocadero lama yang dibangun pada tahun 1867. Uniknya, kedua bangunan ini sama-sama dibangun dalam rangka pameran sedunia: Palais du Trocadero untuk World’s Fair tahun 1867 sementara Palais de Chaillot untuk Exposition Internationale tahun 1937. Selain Palais de Chaillot, Trocadero juga ditempati oleh Jardins du Trocadero (Trocadero Gardens), yaitu taman seluas 94 m2 yang berada di depan Palais de Chaillot menggantikan taman lama dari Palais du Trocadero. Taman ini memiliki air mancur yang indah (khususnya pada malam hari) dan juga sejumlah bangku taman untuk bersantai.

Trocadero Paris Palais de Chaillot

Trocadero Paris Palais de Chaillot

Trocadero Paris Palais de Chaillot

Nama Palais de Chaillot sendiri sepertinya kalah populer dengan nama tempatnya, yaitu Trocadero. Dan bagian interiornya, juga tidak terlalu banyak dikunjungi. Karena sebagian pengunjung, terutama turis asing, lebih suka duduk-duduk di teras di antara dua sayapnya dan juga taman depannya. Di sana kita bisa melihat Menara Eiffel dengan jelas dan berfoto dengan latar belakang Menara Eiffel, full body! :D. Dan memang untuk tujuan inilah kebanyakan pengunjung datang ke Trocadéro. Yaitu untuk mendapatkan foto diri yang ‘bagus’ dengan latar belakang ikon Paris. Dengan begitu siapapun yang melihat foto kita, langsung mafhum dengan pesan yang ingin kita sampaikan: “I’ve been to Paris”. Or stronger, “I’m in Paris now!” :p. Well I think it's way much better than say "Uh, Paris is hot (Get it buddy where I am?!)" :))

Alamat: place du Trocadero, 16th arrondissement, 75016, Paris, France
Stasiun Metro terdekat: Trocadéro station

2. École Militaire

Wcole Militaire Military School Paris
Ecole Militaire di seberang Menara Eiffel dan Pont d'Iena
Military School atau École Militaire adalah sebuah kompleks bangunan luas di Paris yang digunakan sebagai fasilitas penelitian dan training militer. Napoleon Bonaparte adalah lulusan akademi militer ini yang lulus pada tahun 1784 setelah menempuh pendidikan selama 1 tahun. Meskipun bukanlah tempat wisata, École Militaire cukup populer di kalangan wisatawan karena terletak dekat dengan Menara Eiffel, yaitu di sebelah tenggara taman Champ de Mars. Bangunan ini juga sering manjadi salah satu titik dalam rute tur kota Paris yang diselenggarakan oleh berbagai agen dan penyelenggara tur. Karena tidak dibuka untuk pengunjung, akademi militer ini hanya menjadi salah satu dari sejumlah bangunan monumental di Paris yang hanya bisa dinikmati dari luar oleh para wisatawan :)

Alamat: 21 Place Joffre, 75007 Paris, France

3. Petit Palais
Berdampingan dengan Grand Palais di sebelah kanan (dari arah sungai) adalah Petit Palais atau Small Palace. Petit Palais adalah bangunan yang juga dibangun dalam rangka Universal Exposition tahun 1900, dan kini ditempati oleh Musée des Beaux-arts de la Ville de Paris atau Museum of Fine Arts kota Paris. Petit Palais memilki desain eksterior yang hampir serupa dengan Grand Palais, namun ukurannya lebih kecil. Di dalam museum di Petit Palais, Anda bisa melihat koleksi lukisan dan gambar dari masa abad pertengahan dan Renaissance, dan juga koleksi lukisan dan patung dari abad 19. Kalau ke Grand Palais sayang kalau tidak sekalian mampir ke Petit Palais, begitu juga sebaliknya.

Alamat: Avenue Winston Churchill, 8th arrondissement, 75008 Paris, France

4. Institut du Monde Arabe
Arab World Institute atau Institut du Monde Arabe adalah sebuah bangunan di Paris yang menjadi tempat bagi organisasi dengan nama yang sama, yaitu Arab World Institute. Organisasi ini merupakan sebuah organisasi yang didirikan di Paris oleh 18 negara Arab dengan Perancis untuk meneliti dan menyebarkan informasi tentang negara Arab dan nilai-nilai kebudayaan serta spiritualnya. Institusi ini juga menyelenggarakan kerja sama dan pertukaran khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi antara Perancis dan negara-negara Arab. Bangunan Institute du Monde Arabe sendiri dibangun antara tahun 1981-1987 dan memiliki gaya arsitektur modern yang unik dan menarik. Selain ditempati oleh kantor organisasi Arab World Institute, bangunan ini juga memiliki museum, perpustakaan, auditorium, dan restauran. Selain itu, letaknya yang berada di pinggir sungai Seine dan dilewati oleh jalur wisata tur kapal pesiar Paris, membuat Institute du Monde Arabe menjadi salah satu bangunan paling populer di Paris.

Alamat: 1 Rue des Fossés Saint-Bernard, 5th arrondissement, 75005 Paris, France


Artikel Terkait:

Baca juga:

0 comments:

Post a Comment