Chuseok, Hari Thanksgiving di Korea

2
Korean thanksgiving Chuseok

Chuseok adalah hari Thanksgiving di Korea dan merupakan satu dari dua hari libur utama di negeri K-pop ini. Chuseok dirayakan setiap hari ke-5 bulan 8 pada kalender bulan Korea (Bukan kalender Masehi), dan dijadikan hari libur nasional selama 3 hari (saat Chuseok serta 1 hari sebelum dan sesudahnya). Tahun 2013 ini, Chuseok jatuh pada tanggal 19 September sementara tahun depan akan jatuh pada tanggal 8 September. Tradisi orang Korea pada hari besar Chuseok adalah mengunjungi kota kelahiran nenek moyang atau leluhur mereka untuk melakukan penghormatan. Ritual ini biasanya meliputi sembahyang pagi-pagi sekali untuk menghormati leluhur lalu mengunjungi makam mereka untuk membersihkannya dan menawarkan makanan, minuman, serta hasil panen.

Sebagai tradisi hari libur Chuseok, orang Korea juga biasanya
berkumpul bersama keluarga dan mengadakan makan besar atau pesta makan-makan untuk berbagi makanan tradisional khas Korea seperti songpyeon, hangwa, dan arak beras. Songpyeon adalah jenis kue beras yang berisi aneka bahan isian yang sehat seperti biji wijen, kacang kedelai hitam, kacang hijau, biji cemara, biji kenari, chesnut, kayu manis, jujube (kurma merah Korea), dan madu. Sementara hangwa adalah kue yang terbuat dari tepung beras, umbi-umbian, buah, dan madu yang didekorasi dan diwarnai dengan bahan-bahan alami. Kue ini juga tidak hanya dimakan pada perayaan Chuseok saja, melainkan juga pada pesta perkawinan dan ulang tahun. Makanan lain yang biasanya juga disajikan adalah aneka buah, japchae, dan bulgogi.

Selain makan besar, diadakan juga berbagai acara perayaan dan pertunjukan yang semarak seperti permainan dan tarian rakyat tradisional. Salah satu permainan yang paling terkenal adalah Ssireum, di mana dua orang bergulat dengan cara memegang ikat pinggang satu sama lain (berwarna merah dan biru), dan salah satunya akan menjadi pemenang jika ia berhasil membuat tubuh bagian atas lawannya menyentuh tanah. Pertandingan ini sangat populer sehingga cukup sering diadakan, tidak terbatas hanya pada hari-hari libur besar saja. Selain ssireum, pertunjukan lain yang sering diadakan adalah Ganggangsullae, yaitu tarian tradisional yang dilakukan oleh wanita-wanita berpakaian hanbok dengan bergandengan tangan membentuk lingkaran, dan berputar sambil bernyanyi. Tarian ini dilakukan di bawah bulan purnama pada malam Chuseok. 

Jika Anda melewatkan perayaan Chuseok di Korea tahun ini, Anda masih memiliki kesempatan tahun depan. Tahun 2014 nanti, Chuseok akan jatuh pada tanggal 8 September. Catet ya! Perayaan Chuseok merupakan salah satu dari banyak festival yang diadakan pada musim gugur. Jadi kalo Anda berlibur ke Korea pada musim gugur, mungkin Anda juga bisa menyaksikan festival-festival lain yang tak kalah meriah sekaligus menikmati pemandangan tempat-tempat indah di Korea yang makin menakjubkan saat musim gugur.

Artikel Terkait:
Seollal, Tahun Baru Korea

2 comments: Leave Your Comments

  1. Wah kaya lebarannya orang Indonesia ya, ada tradisi pulang kampungnya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Anonymous. Dan ada tradisi ziarah ke makam juga :D. Makasih ya sudah mampir... ditunggu lagi kunjungannya :)

      Delete